iklan atas griyahome

9 Kesalahan Yang Sering Terjadi Saat Mencuci Pakaian Dengan Mesin Cuci

 

mencuci pakaian dengan mesin cuci

Griyahome.com - Mencuci baju merupakan salah satu pekerjaan rumah tangga yang tidak boleh diabaikan, namun saat melakukannya ada beberapa kesalahan yang sering terjadi saat mencuci pakaian dengan mesin cuci yang mungkin tidak disadari. Kesalahan ini sebaiknya perlu dihindari karena bisa mengakibatkan pakaian dan mesin cuci anda menjadi rusak. Agar tidak penasaran simak terus pada artikel dibawah apa saja yang perlu anda perhatikan saat mencuci pakaian kotor dirumah.

Bagaimana jika kita tidak pernah mencuci pakaian? Anda bisa bayangkan pakaian yang menumpuk, bau apek dan asam bertebaran diudara, pakaian kotor menjadi sarang nyamuk, dan membuat rumah terlihat berantakan. Tapi saat mencuci pakaian menggunakan mesin cuci kita juga tidak boleh sembarangan, mungkin hal ini terlihat sepele tapi sebaiknya perlu kita ketahui dan dihindari. Berikut beberapa kesalahan yang sering terjadi saat kita mencuci pakaian :

1.      Menggunakan terlalu banyak detergen

Ada banyak jenis bahan detergen yang bisa digunakan untuk mencuci  pakaian baik berbentuk cair, bubuk atau sabun colek. Jika pakaian terlihat kotor kita cenderung untuk menuangkan detergen lebih banyak agar pakaian mudah dibersihkan. Pemberian detergen secara berlebihan akan membuat busa berlebihan sehingga nantinya kita akan menggunakan lebih banyak air untuk membilas sisa sabun yang melekat pada pakaian, Pada mesin cuci biasanya busa akan keluar melalui celah-celah yang ada dan hal ini bisa mengakibatkan korosi pada bagian bodi mesin serta berpotensi menimbulkan korsleting.

pemberian detergen cuci
pemberian detergen cuci

2.      Tidak memisahkan jenis pakaian

Mungkin agar praktis kita cenderung langsung memasukkan seluruh pakaian kedalam mesin cuci padahal setiap jenis pakaian terbuat dari bahan yang berbeda dan memerlukan penanganan yang berbeda pula. Pakaian seperti jeans yang memiliki bahan keras dan kuat akan berbeda dengan jenis kain wool saat dicuci. Sebaiknya kebiasaan ini mesti dihindari. Memisahkan jenis pakaian saat dicuci baik dari jenis warna dan bahan akan membuat pakaian yang kita miliki bisa lebih awet dan menghindarkan pakaian menjadi luntur terutama jenis kain berwarna putih.

memisahkan jenis pakaian
memisahkan jenis pakaian

3.      Menuangkan detergen langsung di atas pakaian

Kebiasaan ini paling sering dilakukan oleh banyak orang saat mencuci pakaian. Cara terbaik melarutkan detergen adalah dengan menuangkan air keember atau mesin cuci kemudian menuangkan detergen secukupnya. Menuangkan langsung detergen keatas pakaian akan membuat residu diserat pakaian karena tidak larut sempurna saat proses pencucian berlangsung dan tanpa disadari sisa detergen dapat menimbulkan noda diatas pakaian.

menuang detergen ke pakaian
menuang detergen ke pakaian

4.      Lupa mengosongkan isi kantong dan menutup risleting

Ada banyak benda yang sering ikut pada saat proses mencuci pakaian jika kita tidak melakukan pemeriksaan. Barang barang seperti dompet, kunci, tissue, bahkan benda benda berbahaya seperti sekrup, paku, baut dan benda-benda kecil lainnya sering luput dari pemeriksaan. Satu hal yang juga diabaikan adalah lupa menutup risleting sebelum dicuci. Benda-benda berbahan besi dapat merusak pakaian dan mesin cuci saat proses pencucian berlangsung terutama jika menggunakan mesin cuci. Benda-benda berharga seperti SIM, KTP, ATM dan uang yang berada dalam dompet juga bisa ikut basah dan rusak.

surat berharga dalam dompet
surat berharga dalam dompet

5.      Mengisi pakaian terlalu banyak

Sertiap mesin cuci rumah tangga dirancang dengan kapasitas tertentu mulai 7-13 kg. Kita harus menyesuaikan kapasitas mesin dengan pakaian kotor yang hendak dicuci. Sebaiknya menggunakan sekitar 50-60% dari kapasitas mesin agar mesin dapat bekerja maksimal. Sebagai contoh jika kapasitas mesin cuci 7 kg maka pakaian yang bisa dikerjakan sekitar 3-4 kg, bukan sebanyak 7 kg.  Jika anda memaksakan pakaian terlalu penuh selain dapat merusak mesin cuci juga membuat hasil cucian tidak maksimal. Jika pakaian terlalu banyak bagilah dengan mencuci beberapa kali.

mengisi pakaian ke mesin cuci
mengisi pakaian ke mesin cuci

6.      Tidak membaca buku panduan

Saat anda pertama kali membeli mesin cuci biasanya pihak toko akan menyertakan kartu garansi dan buku panduan cara menggunakan mesin cuci dengan baik dan benar. Pada saat akan mengoperasikan mesin cuci kita akan menemukan pada mesin berbagai tulisan seperti delicate, mixed, wool, cotton, baby care, cuci lembut, cuci cepat, standar, dll. Semua panduan itu ditujukan agar saat menjalankan mesin cuci kita bisa memilih sesuai dengan jenis kain dan berapa lama waktu yang diinginkan saat mencuci pakaian.

buku panduan mesin cuci
 buku panduan mesin cuci

7.      Memisahkan pakaian bernoda dan luntur

Noda tinta, noda darah, noda cat, dll tidak bisa dihilangkan dengan air biasa atau sabun. Cara terbaik yang bisa anda lakukan adalah dengan memisahkan pakaian yang terkena noda dan cuci secara terpisah. Begitupula jika kita memiliki pakaian yang mudah luntur. Selain mencari tahu sumber noda kita juga perlu memepelajari bagaimana cara menghilangkan noda yang berasal dari sumber berbeda.

pakaian bernoda dan luntur
pakaian bernoda dan luntur

8.      Menggosok noda pada pakaian terlalu keras

Saat terkena noda kita biasanya akan mencari segala cara untuk menghilangkannya, tetapi terkadang saat membersihkan noda dengan sabun kita menggosok pakaian terlalu kuat hingga merusak serat pada pakaian bahkan terkadang membuatnya robek. Lakukan secara perlahan dengan menggunakan bahan penghilang noda yang tepat hingga noda hilang secara keseluruhan sebelum mencucinya di mesin cuci.

menggosok pakaian terlalu keras
menggosok pakaian terlalu keras

9.      Tidak sempat menjemur

Saat telah selesai mencuci pakaian dengan bersih dan wangi kita menunda menjemur pakaian karena berbagai hal dan kelupaan sehingga  pakaian yang tadinya bersih dan wangi menimbulkan bau tidak sedap karena lupa dijemur. Akhirnya kita harus bekerja dua kali dengan mencucinya kembali.

lupa menjemur pakaian
lupa menjemur pakaian

Semoga artikel tentang 9 Kesalahan Yang Sering Terjadi Saat Mencuci Pakaian Dengan Mesin Cuci dapat bermanfaat dan membuat mesin cuci dan pakaian menjadi bersih dan awet.

Tidak ada komentar untuk "9 Kesalahan Yang Sering Terjadi Saat Mencuci Pakaian Dengan Mesin Cuci"