iklan atas griyahome

8 Jenis Rumput Taman Untuk Membuat Rumah Anda Semakin Hijau

jenis rumput taman

Griyahome.com - Bingung memilih jenis rumput untuk ditaman? Anda tidak sendiri. Ada banyak jenis rumput hias yang memiliki nama-nama yang berbeda, bukan cuma namanya saja yang berbeda tapi cara perawatannya pun berbeda Hal ini tentunya akan membuat kita sulit memilih jenis rumput yang cocok diaplikasikan pada taman dirumah. Salah memilih jenis rumput bisa membuat anda kecewa karena tidak sesuai dengan ekspektasi yang anda inginkan. Untuk meminimalisir kesalahan ada baiknya anda memiliki sedikit pengetahuan tentang jenis rumput taman yang cocok untuk taman rumah anda.

Penggunaan rumput pada taman atau halaman rumah dapat membuat suasana rumah makin terlihat asri dan menimbulkan kesan luas. Rumput taman akan terlihat seperti karpet hijau. Rumput juga dapat menyerap air pada saat musim hujan tiba sehingga tidak membuat tanah pada taman menjadi becek. Untuk lebih jelasnya berikut jenis rumput taman yang bisa anda jadikan pilihan mempercantik taman dirumah anda:

1.      Rumput Jepang

Rumput jelas memiliki tekstur yang agak kasar dan ujungnya sedikit meruncing sehingga pada saat anda duduk diatasnya akan terasa seperti tertusuk-tusuk sehingga rumput ini tidak nyaman untuk diduduki. Nama Jepang sendiri hanya sebagai merk dagang agar mudah diingat dan dikenali oleh pelanggan. Warnanya yang hijau terang dapat membuat rumah semakin terlihat cerah.

rumput jepang
gambar rumput jepang

2.      Rumput Gajah Mini

Rumput gajah mini memiliki daya adaptasi yang tinggi sehingga cocok diterapkan pada kondisi lahan dan iklim yang berbeda. Bentuknya berbeda dengan rumput pada umumnya dimana daunnya tumbuh menyamping seperti tanaman hias berdaun kecil.  Rumput gajah mini juga memiliki perawatan yang minim karena tidak perlu sering dipangkas. Rumput jenis ini juga tidak mudah mati jika terinjak saat kita berjalan diatasnya, selama perakarnnya sudah kuat.

rumput gajah mini
gambar rumput gajah mini

3.      Rumput Gajah Mini Varigata

Sepintas tidak ada yang banyak berbeda antara rumput gajah mini dan varigata, perbedaan paling mencolok adalah warna daunnya yang memiliki garis berwarna keputihan. Cara perawatannya pun sama dengan rumput gajah mini. Kombinasi antara rumput gajah mini dan varigata dalam satu luas taman dapat menimbulkan taman yang lebih berwarna seperti pada gambar diluas.

rumput gajah mini varigata
gambar rumput gajah mini varigata

4.      Rumput Swiss

Diantara jenis rumput hias yang sering digunakan pada ornamen taman, rumput Swiss memiliki tekstur yang paling halus sehingga pada saat diaplikasi dapat memghasilkan taman yang cantik dan terlihat lebih rapi. Harganya pun lebih mahal dibandingkan rumput gajah mini. Untuk mempertahankan kesuburan rumput sebaiknya berikan pupuk urea secara berkala.

rumput swiss
gambar rumput swiss

5.      Rumput Babat

Rumput ini sering digunakan pada lapangan golf sehingga sering disebut rumput golf. Bentuk daunnya pendek dan kecil serta memiliki perkembangan yang cukup pesat sehingga cocok diaplikasikan pada taman dan hamparan tanah yang luas seperti lapangan golf.  Agar dapat tumbuh dengan subur sebaiknya rumput jenis ini terkena sinar matahari dengan intensitas cukup. Mengingat pertumbuhannya yang pesat sebaiknya rumput jenis ini dipangkas minimal sebulan sekali agar selalu terlihat rapi.

rumput babat
gambar rumput golf 

6.      Rumput Peking

Rumput peking memiliki bentuk mirip dengan rumput Jepang, perbedaan mecolok diantara keduanya adalah pada kerapatannya. Rumput peking memiliki pertumbuhan jarang-jarang dan menyisakan sedikit ruang berbeda dengan rumput Jepang yang jauh lebih rapat. Pemberian pupuk bisa diberikan setiap 2-3 bulan sekali mengingat rumput ini memiliki pertumbuhan cukup pesat. Lakukan pemangkasan secara teratur agar rumpu selalu terlihat rapi.

rumput peking
gambar rumput peking

7.      Rumput Manila

Rumput Manila memiliki ketahanan yang tinggi terhadap tekanan dan injakan kaki manusia. Kelebihan inilah yang membuatnya sering digunakan pada lapangan sepakbola. Namun untuk menjaga kualitasnya diperlukan perawatan yang baik sehingga membutuhkan tambahan biaya jika diaplikasikan pada taman dirumah.

rumput manila
gambar rumput manila

8.      Rumput Sintetis

Rumput ini buatan pabrik dan tidak butuh disiram agar hidup seperti jenis rumput hias diatas. Rumput sintetis terbuat dari berbagai bahan seperti Nilon, polyethylene aatau polypropylene yang ,membuat kualitas dan harganya berbeda. Rumput ini dibuat menyerupai rumput asli. Umumnya rumput sintetis digunakan pada bidang olahraga seperti futsal. Penggunaan rumput sintetis diluar ruangan (outdoor) tidak terlalu disarankan mengingat rumput ini lebih mudah rusak jika terkena hujan dan sinar matahari setiap hari.

rumput sintetis
gambar rumput sintetis

Semoga artikel tentang 8 Jenis Rumput Taman diatas dapat bermanfaat dan membantu anda memilih dengan tepat jenis rumput yang akan diaplikasikan dirumah anda.

Tidak ada komentar untuk " 8 Jenis Rumput Taman Untuk Membuat Rumah Anda Semakin Hijau"