iklan atas griyahome

4 Cara Membersihkan Kuas Dari Cat Minyak Yang Membandel

cara membersihkan kuas dari cat minyak

Griyahome.com - Cat minyak biasanya diterapkan pada beberapa bagian rumah yang terbuat dari bahan kayu maupun besi tetapi ada juga yang memakai cat minyak sebagai lapisan tembok yang konon lebih tahan dan mudah dibersihkan. Pada saat mengaplikasikan cat pada bagian interior dan eksterior rumah  kita umumnya menggunakan kuas karena lebih mudah digunakan, tetapa ada seseuatu yang sering luput yaitu bagaimana cara membersihkan kuas dari cat minyak agar nantinya kuas masih bisa terpakai di lain waktu.

Bagian-bagian rumah seperti pagar, pintu, plafon, kusen, tangga, pembatas tangga, besi, dll umumnya menggunakan cat minyak. Cat minyak memang diperuntukkan untuk penggunaan kayu dan besi, karena selain memperindah interior dan eksterior bahan yang dicat juga bisa melindungi dari karat dan serangan rayap. Cat minyak jauh lebih kental dan saat dibersihkan juga jauh lebih sulit dibandingkan cat tembok.

Kuas yang telah digunakan untuk mengecat sebaiknya segera dibersihkan dan jangan menunda terlalu lama untuk membersihkannya. Jika anda membiarkannya tanpa penanganan maka dapat dipastikan lapisan cat pada kuas akan mengering dan lebih sulit untuk membersihkan, bahkan beberapa orang yang tidak mau repot langsung membuangnya karena dianggap sudah mengeras dan tidak bisa digunakan kembali.  Berikut beberapa cara membersihkan kuas dari cat minyak:

1.      Menggunakan sabun mandi

Jika biasanya sabun mandi digunakan untuk membersihkan tubuh maka kali ini kita memanfaatkannya untuk membersihkan kuas dari cat minyak. Anda bisa menggunakan sabun mandi yang berharga murah tidak perlu yang mahal-mahal, bahkan jika anda memiliki sabun mandi yang telah terpakai itu pun bisa dipergunakan. Cara menggunakannya pun cukup mudah, cukup dengan menyapukan kuas yang telah terpakai ke sabun mandi kemudian bilas pada air mengalir agar sisa cat yang melekat pada kuas bisa terlepas. Cara ini perlu anda lakukan berulang kali hingga kuas bersih dari sisa cat. Teknik ini pun diterapkan saat membersihkan kuas yang digunakan mengecat tembok. Setelah kuas bersih lap kering kuas dan simpan dengan baik agar nantinya bisa digunakan kembali.

membersihkan kuas dengan sabun mandi
membersihkan kuas dengan sabun mandi

2.      Menggunakan Thinner

Thinner dapat dengan mudah diperoleh di toko material bahan bangunan biasanya thinner juga digunakan untuk mengencerkan cat kental agar lebih mudah digunakan. Caranya sangat praktis anda tinggal mencari wadah apa saja untuk merendam kuas dengan thinner. Usahakan agar wadah yang digunakan sesuai dengan ukuran kuas. Kemudian isi wadah dengan thinner hingga kuas bisa terendam hingga ¾. Rendam selama beberapa menit hingga cat yang tertinggal pada kuas larut kedalam thinner. Jika cat yang tertinggal dikuas sudah bersih dari sisa cat, angkat kuas kemudian bilas dengan air sabun selama beberapa kali hingga minyak yang tertinggal pada kuas tidak ada lagi. Kibas-kibas kuas hingga air yang menempel pada kuas bisa berkurang lalu lap kuas dengan kain perca/sisa kain hingga kering, selanjutnya kuas bisa disimpan pada tempat perkakas anda.

membersihkan kuas dengan thinner
membersihkan kuas dengan thinner

3.      Menggunakan Bensin

Prinsip membersihkan kuas menggunakan bensin hampir sama dengan thinner. Anda bisa membeli bensin eceran dipinggir jalan ataupun menyedot bensin dari tangki motor secukupnya. Anda tidak perlu merendamnyya terlalu lama mengingat sifat bensin yang mudah menguap. Taruh bensin secukupnya dalam wadah kemudian celup kuas yang telah digunakan, jika terlihat cat masih menempel pada kuas anda bisa mengambil wadah baru untuk mencelupkan kuas hingga sisa cat bersih. Cuci dengan air sabun lalu keringkan.

membersihkan kuas dengan bensin
membersihkan kuas dengan bensin

4.      Menggunakan Minyak Tanah

Cara ini dulunya paling sering digunakan saat harga minyak tanah masih lebih murah dibandingkan dengan bensin maupun thinner tetapi saat ini keberadaan minyak tanah makin sulit ditemukan apalagi harganya pun lebih mahal dibanding bensin dan thinner. Minyak tanah tidak mudah menguap sehingga anda bisa merendam kuas sisa cat semalamam dan membersihkannya keesokan harinya. Setelah seluruh sisa cat luruh dari kuas anda bisa mencucinya dengan air sabun kemudian mengeringkannya hingga nantinya bisa digunakan kembali.

membersihkan kuas dengan minyak tanah
membersihkan kuas dengan minyak tanah

Semoga 4 Cara Membersihkan Kuas Dari Cat Minyak diatas dapat bermanfaat, kuas yang selalu dibersihkan setelah penggunaan akan menghemat pengeluaran anda untuk membeli kuas baru dan tentunya uang tersebut bisa digunakan untuk keperluan lain.

Sedikit tips dari penulis adalah untuk menyimpan kuas pada tempat yang telah tersedia / tempat perkakas agar nantinya saat akan digunakan kembali anda tidak perlu kasak-kusuk mencarinya.

Tidak ada komentar untuk " 4 Cara Membersihkan Kuas Dari Cat Minyak Yang Membandel"