iklan atas griyahome

6 Cara Membersihkan Kompor Induksi Dirumah Anda Agar Kinclong

cara membersihkan kompor induksi

Griyahome.com  -  Bagaimana cara membersihkan kompor induksi agar kinclong ? Kompor induksi semakin banyak digunakan dimasyarakat karena dianggap lebih aman dan elegan. Kita sering menemukan kompor ini di demokan saat berkunjung ke sebuah mall atau pusat perbelanjaan. Kelebihan kompor induksi adalah dapat memanaskan alat masak tanpa memanaskan area sekitarnya. Bahkan tangan pun tidak akan terasa panas saat memasak, cukup unik, bukan? Harganya yang mahal membuat kita harus menjaga peralatan dapur ini dengan lebih hati-hati begitupun saat akan membersihkan kompor tersebut.

Kecanggihan kompor induksi tidak serta merta membuatnya bebas dari kotoran dan debu yang melekat disekitar kompor. Tetapi anda tidak perlu khawatir bentuk kompor induksi jauh lebih simple dan praktis dibandingkan kompor gas ataupun kompor listrik sehingga untuk membersihkannya hanya butuh peralatan sederhana dan tidak membutuhkan waktu yang lama. Meskipun mudah tapi kita perlu ekstra hati-hati mengingat kompor induksi terbuat dari material kaca atau keramik sehingga rawan untuk pecah  dan tergores jika tidak waspada.

Berikut cara membersihkan kompor induksi agar tetap bersih sehingga peralatan masak anda tetap awet dan kinclong :

1.      Bersihkan langsung kompor setelah memasak

Biasanya setelah kegiatan memasak kita hanya fokus untuk mencuci alat makan dan peralatan dapur dari kotoran-kotoran yang menempel, kita kadang mengabaikan kebersihan kompor sehingga sisa-sisa masakan bisa menetes atau tumpah diatas kompor dan lama-kelamaam membuat noda yang sulit untuk dihilangkan. Kebiasaan membersihkan setelah pemakaian bisa menjadi agenda rutin dalam kegiatan memasak dirumah.

gambar memasak di  kompor induksi
gambar memasak di  kompor induksi

2.      Jangan Lupa Mematikan Listrik

Sebelum proses pembersihan dilakukan jangan lupa untuk selalu mencabut saklar terlebih dahulu. Hal ini untuk mencegah terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan. Memutuskan arus listrik menuju kompor akan membuat kita dan keluarga merasa lebih aman saat melakukan proses pembersihan kompor. Pastikan sebelum membersihkan kompor sudah dalam keadaan dingin.

mematikan listrik kompor induksi
gambar mematikan listrik kompor induksi

3.      Gunakan produk pembersih khusus

Kita tidak boleh sembarang menggunakan sabun atau pembersih saat membersihkan kompor induksi, jangan samakan dengan membersihkan kompor jenis lainnya sebab material bahan yang digunakan berbeda. Sebaiknya gunakan pembersih khusus untuk kaca atau keramik sesuai material kompor induksi dirumah anda. Jika kesulitan mendapatkan bahan pembersih khusus kita bisa menggunakan minyak zaitun. Caranya cukup mudah yaitu dengan menuangkan bahan pembersih secukupnya kemudian lap dengan kain yang lembut secara berulang hingga seluruh noda dan kerak yang membandel hilang dari permukaan kompor.

membersihkan kompor induksi
membersihkan kompor induksi

4.      Gunakan kain yang Lembut

Jangan gunakan kain atau alat yang memiliki permukaan kasar sebab bisa merusak permukaan kompor induksi anda. Untuk menghindari terjadinya goresan pada permukaan kompor sebaiknya gunakan kain yang memiliki permukaan halus dan lembut. Selain menggunakan handuk atau kain lembut anda juga bisa menggunakan microfiber yang banyak dijual ditoko hardware. Anda juga bisa menggunakan tissue  kering sebagai alternatif.

5.       Buat jadwal khusus untuk membersihkan

Jika anda termasuk orang yang sibuk dan tidak sempat membersihkan kompor induksi secara khusus setelah kegiatan memasak maka alangkah baiknya jika anda membuat jadwal khusus untuk kegiatan tersebut. Hari sabtu dan minggu bisa menjadi pilihan terbaik atau mungkin saat hari libur tiba dan anda tidak memiliki kegiatan lain maka proses pembersihan bisa dilakukan. Panjangnya waktu dirumah bisa membuat anda membersihkan kompor induksi secara menyeluruh tanpa harus dikejar waktu.

jadwal khusus membersihkan kompor induksi
jadwal khusus membersihkan kompor induksi

6.           Pastikan kompor induksi selalu bersih dan kering

Kompor yang selalu bersih dan kering akan membuat kompor terlihat lebih bersih dan kinclong. Caranya cukup mudah siapkan saja dua kain lembut untuk menyeka kotoran dan sisa-sisa makanan saat kegiatan memasak. Kain pertama bisa digunakan mengelap bagian yang kotor dan basah setelah itu gunakan kain kedua untuk mengeringkan kompor yang telah diseka kain pertama. Pastikan tidak ada noda yang tinggal yang saat kering bisa menjadi kerak dipermukaan kompor.

kompor induksi kering dan bersih
kompor induksi kering dan bersih

Semoga artikel tentang 6 Cara Membersihkan Kompor Induksi  dapat bermanfaat dan membuat kegiatan masak memasak akan lebih nyaman jika kompor induksi di rumah anda bersih dari segala kotoran yang menempel.

Tidak ada komentar untuk " 6 Cara Membersihkan Kompor Induksi Dirumah Anda Agar Kinclong"