iklan atas griyahome

7 Tips Desain Kamar Tidur Minimalis Yang Perlu Anda Perhatikan

Tips Desain Kamar Tidur Minimalis

Griyahome.com - Bagaimana tips desain Kamar Tidur Minimalis yang cocok untuk penghuni rumah ?  Setiap rumah pasti mempunyai ruangan pribadi tempat menyimpan hal-hal privasi, bersantai, dan beristirahat. Kamar tidur adalah tempat favorit semua orang, mengapa? Semua orang hampir menghabiskan sebagian besar waktu di kamar tidur untuk beristirahat, hal itu terbukti pada lamanya jam tidur manusia yang berkisar antara 8 sampai 10 jam. Anda masih kebingungan bagaimana menata kamar tidur minimalis anda? Tenang saja karena kami disini akan memberikan ulasan mengenai tips dan trik penataan kamar tidur minimalis, selain itu kami juga akan memberikan informasi seputar tips dan dekorasi kamar tidur. Langsung saja, berikut informasinya.

Sesuai fungsinya yaitu untuk tidur, ruangan pribadi tersebut adalah kamar tidur. Kamar tidur merupakan tempat yang wajib dijaga kenyamanannya, bagaimana tidak? Kamar yang menjadi tempat istirahat anda untuk menghilangkan penat tentunya harus dirasa nyaman, bersih, dan ditata rapi. Oleh karena itu, penataan kamar tidur menjadi sangat penting bagi anda semua baik kamar tidur dengan ukuran kecil maupun besar. Kebanyakan orang mengabaikan penataan kamar tidur pada ukuran yang sempit atau kecil, hal itu dikarenakan mereka banyak beranggapan ruangan yang kecil tidak perlu ditata dengan baik karena tidak memiliki perabot atau furniture yang cukup. Namun, sebenarnya ada suatu konsep penataan kamar tidur minimalis yang bisa anda terapkan pada ruangan anda yang tidak terlalu besar.

Tips Dan Trik Penataan Kamar Tidur Minimalis

Minimalis adalah suatu konsep dalam ruangan yang tidak terlalu luas, konsepnya minimalis dapat memberikan kesan elegan namun sederhana apabila penataannya benar dan sesuai. Beberapa hal yang penting dalam penataan kamar tidur minimalis diantaranya material, bentuk kamar, warna dinding, perabot atau furniture yang tepat, penempatan furniture atau perabot, dan yang terakhir adalah dekorasi.

1.      Material penyusun kamar tidur minimalis

Material menjadi sangat penting bagi penataan kamar tidur minimalis. Banyaknya pilihan lantai berdesain minimalis banyak sekali sehingga anda dapat memilih mana yang cocok. Sebenarnya, hanya dengan lantai ubin keramik warna putih netral polos pun cocok apabila diterapkan pada kamar tidur dengan gaya minimalis, apalagi harganya cukup terjangkau sehingga tidak akan terlalu menguras dompet anda. Namun, penggunaan lantai keramik berwarna putih sudah pasaran atau banyak digunakan orang, alangkah baiknya jika anda lebih memilih lantai bergaya minimalis lainnya misalnya dengan lantai berbahan kayu yang kuat.

kamar tidur lantai kayu minimalis
kamar tidur lantai kayu minimalis

2.      Bentuk kamar

Sesuaikan bentuk kamar anda dengan beberapa objek bangunan dalam kamar lainnya seperti jendela dan pintu, bentuk kamar anda mungkin bisa berbentuk persegi atau persegi panjang. Ada yang perlu diingat disini, penggunaan jendela dan pintu harusnya berkonsep serderhana namun tetap kuat. Konsep sederhana cocok dengan konsep kamar tidur minimalis anda.

konsep kamar tidur minimalis
konsep kamar tidur minimalis

3.      Warna dinding kamar tidur

Warna paling cocok untuk kamar tidur minimalis adalah warna-warna netral, misalnya warna putih dan abu-abu. Warna ini dapat memantulkan cahaya sehingga dapat memberikan kesan yang lebih luas pada kamar tidur anda. Warna tersebut juga terkesan lebih aman, bersih, dan nyaman dilihat. Selain itu, tidak ada salahnya juga anda mewarnai dinding kamar tidur anda dengan warna selain warna netral yang anda inginkan. Misalnya pada anak perempuan baiknya anda mewarnai dinding dengan warna yang feminim, sebaliknya untuk anak laki-laki anda bisa memberikan warna maskulin seperti hijau dan biru. Apabila anda ingin menggunakan wallpaper, hal itu sangat disarankan karena wallpaper mempunyai ketahanan yang cukup lama dan anda bisa memlih sesuai corak dan desain yang anda inginkan namun anda harus menghindari warna tua seperti coklat sehingga kesan minimalis tetap terjaga dalam kamar. Harganya juga tidak terlalu mahal apabila dibandingkan dengan cat.

wallpaper kamar tidur minimalis anak
wallpaper kamar tidur minimalis anak

4.       Furniture atau perabot yang tepat

Furniture berfungsi tidak hanya berfungsi sebagai alat atau benda untuk memenuhi kebutuhan tertentu, namun ia juga akan memberi kesan seni dan artistik apabila digunakan dan ditata pada tempat yang tepat. Furniture minimalis dibuat oleh tangan-tangan pengrajin yang ahli dan tentunya di desain oleh para desainer interior yang juga ahli. Beberapa ciri khas furniture kamar minimalis diantaranya kuat dan kokoh, artistic, unik, dan sederhana. Jangan lupa untuk merawat furniture anda agar lebih awet ketika digunakan. Eits anda harus tetap mengingat bahwa perabot yang cocok untuk penataan kamar tidur minimalis adalah perabot atau furniture dengan bentuk yang tidak terlalu besar.

furniture kamar tidur minimalis
furniture kamar tidur minimalis

5.      Penempatan furniture dalam kamar tidur

Penataan furniture yang pertama yang akan dibahas adalah kasur karena tempat tidur wajib mempunyai kasur. Untuk penempatan kasur terbaik, tentunya bisa diletakan di bagian pojokan, agak jauh dari pintu. Bila ruangan cukup dan memadai, anda baiknya menempatkan kasur bersandar pada bagian dinding belakang, dan tidak merapat atau bersandar dengan dinding di bagian kanan atau di bagian kiri. Pemanfaatan ruangan kosong sisa terpakai oleh kasur dapat anda gunakan dengan meletakan meja belajar dan lemari.

cara menempatkan perabotan kamar
cara menempatkan perabotan kamar

6.      Dekorasi Kamar Tidur

Dekorasi ini mencakup cat gambar, kerapihan, warna furniture yang senada dengan warna dinding, adanya lukisan atau foto yang tertempel pada dinding, dan lainnya. Intinya, buat kamar anda menjadi nyaman ketika dihuni.

dekorasi kamar tidur minimalis
dekorasi kamar tidur minimalis

7.      Ventilasi yang baik

Tentunya anda pasti tidak ingin berada pada tempat yang panas, dingin, bahkan sumpek. Kamar tidur minimalis yang tidak mempunyai AC atau kipas dapat memanfaatkan udara alami dari luar, yaitu melalui ventilasi yang dibuat. Penerapan ventilasi dapat diterapkan pada langit-langit atau dinding yang paling jauh dengan jendela.

ventilasi kamar tidur minimalis
ventilasi kamar tidur minimalis

Nah, beberapa hal diatas adalah tips dan trik dalam penataan kamar tidur minimalis yang dapat anda aplikasikan pada gambar anda sendiri disamping itu kita perlu memperhatikan desain yang cocok buat kamar tidur minimalis.

Desain Penataan Kamar Tidur Minimalis

Kamar dengan konsep minimalis pun mempunyai turunan-turunan desain sehingga anda tidak perlu khawatir kehabisan ide desain bagi kamar anda, anak anda, ataupun kamar untuk tamu, berikut informasinya mengenai desain penataan kamar tidur minimalis.

Desain Feminim

Nuansa feminim dapat anda rasakan dari paduan furniture kayu dengan paduan warna putih pada seprei kasur dan coklat pada sarung bantal dapat mewakili sisi feminim anda.

Desain Maskulin

Desain maskulin dengan nuansa lebih menantang seperti warna hitam dan putih, hitam, abu yang selalu menjadi andalan bagi semua tipe kepribadian dalam penataan ruangan.

Desain Artsy

Nuansa kreatif dan artsy dapat dihadirkan melalui motif yang tak hanya pada dinding kamar, namun tedapat pada bantal dan Kasur.

Desain Sporty

Tema olahraga favorit anda dapat menciptakan desain kamar tidur yang berkesan sporty. Aksesoris yang digunakan disini mungkin bisa berupa hiasan dinding mengenai tema olahraga yang anda suka, dan lukisan-lukisan.

Desain Elegan

Nuansa elegan dapat tercipta dengan variasi bantal dengan berbagai ukuran, tumpukan buku, dan aksesoris elegan lainnya seperti lukisan.

Semoga 7 Tips Desain Kamar Tidur Minimalis diatas dapat bermanfaat buat anda semua dan memberikan anda inspirasi untuk membuat kamar tidur minimalis yang lebih nyaman dan aman.

 

  

Tidak ada komentar untuk "7 Tips Desain Kamar Tidur Minimalis Yang Perlu Anda Perhatikan"