iklan atas griyahome

8 Langkah Mudah Memulai Kebun Sayur Dirumah Anda

 kebun sayur dirumah

Griyahome.com - Sebuah tren baru terutama di kota besar seperti Jakarta dan Bali dimana orang mulai tertarik untuk membuat sebuah kebun sayur dirumah. Selain sebagai wujud dari gaya hidup Go Green, menanam sendiri sayuran di halaman rumah tentunya juga akan menghemat pengeluaran belanja setiap bulannya. Seperti yang baru saja terjadi dimana tiba tiba harga cabai melonjak tajam, hal ini tentunya akan membuat ibu rumah tangga mengeluarkan tambahan dana untuk memenuhi kebutuhan dapur. Hal ini akan berbeda jika anda memiliki kebun sayur sendiri selain bisa menyalurkan hobi hasil kebun juga bisa anda nikmati bersama keluarga.

Berkebun bisa menjadi salah satu cara menyalurkan hobi sekaligus melepaskan stress setelah bekerja sepanjang hari. Anda bisa memanfaatkan pekarangan rumah seperti lahan belakang rumah, depan rumah, atap rumah bahkan teras rumah pun bisa disulap menjadi sebuah kebun sayur. Untuk membuat sebuah kebun sayur  di lingkungan tempat tinggal Anda, ada sedikitnya 8 langkah yang harus Anda ketahui sehingga keinginan memiliki sebuah kebun sayur dirumah Anda dapat berjalan dengan sukses.

1.      Pilihlah area yang tepat untuk taman Anda,

Kita tidak boleh asal menanam karena nantinya akan berpengaruh terhadap pertumbuhan tanaman. dalam memilih area yang tepat ada 3 faktor utama yang layak Anda pertimbangkan yaitu:

a. Sinar matahari

Sebagian besar jenis tanaman termasuk sayuran akan tumbuh subur ketika mendapatkan sinar matahari yang cukup. Pilihlah area yang terkena jangkauan sinar matahari setidaknya 6-8  jam sehari. Tanaman yang terkena sinar matahari dengan baik akan jauh lebih sehat, segar dan tumbuh secara optimal.

b. Tanah

Jenis tanah yang baik untuk menanam sayuran adalah tanah yang berwarna gelap, kaya akan unsur hara serta memiliki saluran drainase yang bagus sehingga tingkat kelembaban pada tanah akan terjaga. Jangan menanam taman sayuran Anda dekat dengan pohon dan semak semak karena akar akarnya akan berebut nutrisi dan air dengan taman Anda.

c. Air

Pilihlah area untuk sayuran Anda dekat dengan lokasi sumber air. Lokasi penanaman yang dekat dengan sumber air akan memudahkan anda saat melakukan proses penyiraman tanaman. Selang air yang anda butuhkan saat menyiram akan jauh lebih pendek dibandingkan jika sumber air jauh dari lokasi kebun sayur anda.

2. Buatlah sebuah perencanaan yang matang sebelum memutuskan membeli bibit sayuran.

Ada banyak bibit sayuran yang tersedia dipasaran yang bisa anda pilih sesuai keinginan anda. Dengan perencanaan yang matang akan memudahkan Anda menghitung berapa banyak jenis tanaman sayuran yang dapat ditanam sesuai dengan area yang tersedia. Ada banyak pilihan jenis sayur yang bisa anda tanam seperti tomat, cabai, sawi, kangkung, kacang panjang ataupun jenis sayuran lainnya. Umumnya tanaman yang ditanam adalah jenis tanaman semusim yang lebih cepat dipanen (1-3 bulan).

3.      Beli bibit berkualitas

Pastikan bahwa bibit tanaman yang Anda dapatkan memiliki kualitas yang baik sehingga akan tumbuh subur. Belilah bibit dari toko pertanian  terpercaya untuk mendapatkan bibit berkualitas. Jika anda membeli bibit sayuran dari pabrik berupa bibit kemasan pastikan bibit tidak kadaluarsa dan memiliki daya tumbuh yang baik.

4.      Siapkan tanah untuk penanaman di area rumah Anda.

Ini adalah salah satu hal yang paling penting untuk sebuah kebun sayur yang sukses. Untuk mempersiapkan tanah yang subur, tambahkan lapisan kompos atau pupuk di atas tanah yang telah diolah terlebih dahulu.

5.      Menabur benih tanaman Anda.

Jika beberapa sayuran Anda akan ditanam dari biji, sebaiknya semai terlebih dahulu. Beberapa jenis sayuran memiliki ukuran biji yang tergolong kecil sehingga akan mudah jika disemai terlebih dahulu.

6.      Mulailah penanaman sayuran pada tanah yang telah disiapkan.

Jika bibit telah memiliki daun sekitar 4-5 helai daun maka tanaman siap dipindahkan ke lahan yang telah tersedia agar pertumbuhannya bisa optimal.

7.      Rawat tanaman secara teratur

Setelah bibit sayuran telah ditanam maka hal selanjutnya adalah melakukan perawatan seperti penyiraman, penyiangan, pemangkasan, dan melindungi tanaman dari serangan hama dan penyakit.

8.      Saat Panen Sayur

Jenis sayuran yang berbeda dipanen pada waktu yang berbeda. Tanaman sayur sejenis kangkung biasanya bisa dipanen lebih singkat sekitar 25-45 hari setelah tanam, sawi sekitar 30-70 hari setelah tanam dan tomat sekitar 70-90 hari setelah tanam. Sesuaikan tanaman sesuai dengan kebutuhan dapur anda.

Semoga artikel tentang 8 Langkah Mudah Memulai Kebun Sayur Dirumah Anda dapat bermanfaat dan membuat rumah anda semakin hijau dan segar dengan tumbuhnya aneka sayur dirumah anda, anda pun tidak perlu jauh-jauh ke pasar untuk memenuhi beberapa kebutuhan dapur anda. Selamat mencoba!

 

Tidak ada komentar untuk "8 Langkah Mudah Memulai Kebun Sayur Dirumah Anda"