iklan atas griyahome

Ampuh!! 7 Cara Menghilangkan Bau Amis Pada Piranti Masak

 cara menghilangkan bau amis

Griyahome.com - Bagaimana cara menghilangkan bau amis pada piranti masak dirumah? Kegiatan Memasak dengan memotong ikan dan mengocok telur merupakan aktivitas-aktivitas yang dapat menyebabkan bau amis pada piranti masak di rumah anda. Sebenarnya tidak repot untuk membersihkannya. Dengan cara singkat dan mudah, Anda bisa menghilangkan bau amis ikan dan bau amis lainnya di peralatan masak dirumah anda.

Cara Menghilangkan Bau Amis Pada Piranti Masak

Bahan masakan berupa ikan, daging, dan telur merupakan menu makanan yang digemari oleh banyak orang. Maka tidak heran, menu makanan ini menjadi menu wajib yang dihidangkan setiap harinya.

Meskipun banyak yang menggemarinya, masih banyak orang yang malas untuk memasaknya lantaran sering meninggalkan bau amis pada piranti memasak. Ketika dicuci pakai sabun, piranti memasak mungkin akan bersih akan kembali bersih dan kinclong, tetapi terkadang bau amis masih melekat pada peralatan masak tersebut.

Anda pernah mengalami hal seperti ini? Berikut langkah-langkah yang bisa membantu anda untuk menghilangkan bau amis pada piranti memasak rumah anda.

1.  Lakukan Perendaman Piranti Memasak dengan Air Mendidih Dan Larutan Garam

Untuk menghilangkan bau amis pada peralatan masak, Anda bisa mempergunakan air mendidih dan larutan garam. Langkahnya, sediakan wadah seperti panci atau baskom berukuran sedang atau besar. lalu, rebuslah air dan taruh pada wadah yang sudah Anda sediakan.

Lalu, masukkan 2 (dua) sendok makan garam ke dalamnya. lakukan pengadukan hingga garam tercampur sempurna dengan air panas. Lalu, masukkanlah piranti masak Anda yang berbau amis ke dalamnya. Biarkan selama sekitar 5-10 menit. Lalu, angkat, kemudian lakukan pembersihan dengan sabun cuci hingga bersih. Bau amis pun dijamin musnah!

Garam
Gambar Garam

2.      Pakailah Perasan Lemon/Jeruk Nipis untuk Bau Amis

Jika bau amis tak kunjung hilang, Anda bisa menggunakan perasan jeruk lemon/jeruk nipis ke dalam air rebus. Langkahnya, sediakan 1 buah lemon atau 2 buah jeruk nipis. Lalu peras buah tersebut berasamaan dengan air mendidih yang sudah dipersiapkan. Lalu, rendam kembali piranti masak Anda. Matikan kompor tunggulah 5 menit, lalu lakukan pembilasan dan pencucian piranti masak dengan sabun hingga bersih.

Lemon
Gambar Lemon

3.      Gunakan Abu Menghilangkan Bau Amis

Cara pemanfaatannya pun mudah, anda hanya menyediakan bubuk arang atau abu gosok secukupnya saja. Lalu lakukan penaburan bubur abu atau arang tersebut pada piranti makan yang anda rasa masih bau amis. lalu, gosoklah secara merata piranti makan tersebut. Selanjutnya Lakukan pembilasan piranti makan dengan menggunakan air bersih. Jika langkah ini sudah dilakukan, anda bisa langsung mencuci piranti makan tersebut dengan menggunakan sabun seperti pada umumnya, lalu lakukan pembilasan seperti biasa lagi. Dengan cara ini piranti makan anda akan semakin kinclong dan bau amis akan musnah.

abu gosok
Gambar abu gosok

4.      Merebus Piranti Masak Dengan Cuka Putih

Walaupun cuka putih memiliki bau yang cukup menyengat tetapi ternyata bahan dapur ini juga bisa digunakan untuk membersihkan perlengkapan dapur. Caranya pun cukup mudah : ambil secangkir cuka putih lalu tuangkan pada alat masak yang berbau amis sekitar 10 hingga 15 menit. Setelah itu bilas piranti dengan menggunakan sabun dan bilas dengan air bersih. Cara ini cukup efektif menghilangkan bau amis yang tinggal pada perlengkapan masak anda.

cuka putih
Gambar cuka putih

5.      Menggunakan Soda Kue

Soda kue yang selama ini digunakan saat pembuatan kue ternyata cukup ambuh menghilangkan bau amis pada peralatan dapur. Caranya pun cukup praktis yaitu dengan menaburkan soda kue pada peralatan masak yang amis kemudian diamkan sekitar 5 menit sebelum mencuci dan membilasnya dengan air bersih.

soda kue
Gambar soda kue

6.      Rendam Menggunakan Ampas Teh

Bagi anda para penikmat teh jangan buang ampas teh anda setelah menikmati segelas teh pada pagi hari. Daripada terbuang percuma anda bisa memanfaatkannya untuk menghilangkan bau amis pada peralatan masak anda. Caranya sangat mudah cukup merebus ampas teh pada peralatan masak yang berbau amis selama kurang lebih 10 hingga 15 menit lalu diamkan sekitar 30 menit hingga bau amis tidak tercium lagi. Setelah itu cuci dengan sabun kemudian bilas hingga bersih.

teh
Gambar teh

7.      Rendam piranti masak dengan bubuk kopi

Bukan cuma ampas teh  saja yang bisa digunakan untuk menghilangkan bau amis, bubuk kopi juga bisa anda manfaatkan untuk menghilangkan bau amis pada piranti masak anda dirumah. Caranya cukup praktis cukup dengan merendam piranti masak tersebut kedalam bubuk kopi yang dicampur air panas. Bubuk kopi yang digunakan dapat disesuaikan dengan kebutuhan. Setelah direndam selama 30 menit diamkan selama 15 menit kemudian bilas piranti masak tersebut dengan air bersih.

kopi
Gambar kopi

Semoga artikel tentang 7 cara menghilangkan bau amis pada piranti masak dirumah dapat bermanfaat. Langkah-langkah diatas bisa Anda terapkan untuk menghilangkan bau amis karena selain penggunaanya yang praktis, bahan-bahannya pun  relatif murah dan mudah didapatkan.

Tidak ada komentar untuk "Ampuh!! 7 Cara Menghilangkan Bau Amis Pada Piranti Masak"