iklan atas griyahome

7 Cara Agar Rumah Bebas Dari Nyamuk Penyebab Demam Berdarah

 Cara Agar Rumah Bebas Dari Nyamuk

Griyahome.com - Bagaimana cara agar rumah bebas dari nyamuk?Ada banyak penyakit yang ditimbulkan oleh gigitan nyamuk seperti demam berdarah, malaria, virus zika, dan chikunganya. Bukan hanya itu saja gigitan nyamuk kadang membuat kulit terdapat benjolan kemerahan dan rasa gatal. Artikel kali ini akan memberikan beberapa tips agar rumah anda bebas dari nyamuk yang selama ini mengganggu aktivitas anda.

Musim penghujan tidak hanya berpotensi menimbulkan banjir namun juga akan menimbulkan bahaya lain yaitu perkembangan nyamuk yang lebih cepat karena genangan air yang terdapat dimana-mana dan menjadi sarana untuk nyamuk meletakkan telur dan berkembang lebih banyak. Hal ini tentunya meningkatkan resiko penyakit akibat gigitan nyamuk. Demam berdarah menjadi salah satu dampak terburuk akibat gigitan nyamuk, bahkan menurut data tidak kurang sekitar 50 hingga 100 juta orang terkena demam berdarah setiap tahunnya di seluruh dunia, Penyakit ini bahkan merenggut banyak jiwa.

Jika Anda tak memperdulikan kebersihan rumah, sampah serta genangan air di sekitar rumah, maka tak heran jika nyamuk dapat bersarang di mana saja. Nah, inilah yang bisa Anda lakukan agar rumah bebas fari nyamuk  penyebab demam berdarah :

1.      Bersihkan Sampah di Dalam dan Luar Rumah

Biasanya, nyamuk suka bersarang di tempat kotor ataupun genangan air. Namun berbeda dengan nyamuk aedes aegypti yang memilih air jernih yang tergenang. Oleh karenanya, bersihkan rumah secara rutin. Buanglah sampah yang ada di dalam rumah dan usahakan untuk membuang sampah yang ada di luar halaman agar tidak tersisa lagi sampah di area rumah.

Sampah dalam rumah
Gambar Sampah dalam rumah

2.      Hilangkan Genangan Air

Selain membersihkan sampah di sekitar rumah, Anda juga perlu membersihkan area yang menjadi genangan air, seperti pada selokan drainase atau penampungan air di sekitar hunian. Nah, bagi Anda yang menggunakan AC, pastikan pula untuk rutin membuang air yang ada di tempat penampungan, tatakan air pada pot juga berpotensi menjadi sarang berkembangbiaknya nyamuk disekitar rumah.

Nyamuk Aedes aegypti lebih suka hidup pada genangan air yang tenang dan jernih untuk berkembang biak. Oleh karenanya, apabila Anda memiliki kolam ikan, Anda bisa taburkan obat anti nyamuk ke dalamnya serta melakukan pembersihan kolam setidaknya 2 minggu sekali.

Jika Anda memiliki pot bunga teratai, atau wadah penampungan air lainnya, pastikan selalu bersih dan bebas dari jentik nyamuk. Caranya, ganti air dalam pot/vas 2-5 hari sekali. Selain itu, periksa dan ganti wadah air minum hewan peliharaan setiap harinya. Tak lupa, wadah air pada dispenser memiliki kondisi yang rentan disinggahi jentik nyamuk. Jadi, keringkan setiap hari, ya!

tanaman air
Gambar tanaman air

3.      Rapikan Pakaian

Bagi Anda yang suka meletakkan pakaian sembarangan, mulai sekarang mesti mengubah kebiasaan buruk itu. Pakaian yang menumpuk atau tergantung lama di luar lemari mudah menjadi sarang yang nyaman bagi nyamuk. Karenanya, rapikan kamar setiap hari.

Baju-baju yang tergantung di luar masukkan ke dalam lemari. dan Pastikan tumpukan baju kotor di keranjang diangkut ke mesin cuci setiap harinya.

tumpukan pakaian
Gambar tumpukan pakaian

4.      Cek Tanaman

Tanaman rimbun menjadi salah satu tempat ternyaman untuk nyamuk bersarang. Untuk itu, rapikan/potong tanaman yang sudah mulai terlihat rimbun di rumah Anda untuk menghindari nyamuk bersarang.

kebun rumah
gambar kebun rumah

5.      Pakailah Kawat Nyamuk

Pakailah kawat nyamuk pada ventilasi udara Anda. Tujuannya, untuk mengurangi jumlah nyamuk yang masuk melalui celah tersebut. Selain itu, Anda wajib memeriksa kondisi kawat nyamuk. Jangan sampai Anda yang rusak ataupun bolong. Tak lupa, bersihkan secara berkala kawat nyamuk agar tidak menjadi sarang debu dan mengakibatkan alergi untuk keluarga.

kawat nyamuk
gambar kawat nyamuk

6.      Gunakan Antinyamuk Alami

Tak melulu harus menggunakan kimia anti nyamuk, Anda bisa menggunakan tanaman pengusir nyamuk yang mampu mengusirnya secara alami. Tanam beberapa tanaman pengusir nyamuk seperti swerai, zodia, lavender, dll yang bisa membantu mengusir nyamuk di kebun.

tanaman pengusir nyamuk
gambar tanaman pengusir nyamuk

7.      Rajin Membersihkan Diri

Ternyata, nyamuk dapat mengetahui mangsanya dari jarak 50 meter, lho!. Nah, solusinya, Anda harus rajin membersihkan badan dan bau keringat dengan mandi setiap hari.

membersihkan badan
gambar membersihkan badan

Semoga artikel tentang 7 Cara Agar Rumah Bebas Dari Nyamuk Penyebab Demam Berdarah dapat bermanfaat dan membuat rumah anda semakin nyaman dan sehat serta bebas dari gangguan nyamuk.

Tidak ada komentar untuk "7 Cara Agar Rumah Bebas Dari Nyamuk Penyebab Demam Berdarah"