iklan atas griyahome

5 Jenis Peranti Dapur Ramah Lingkungan

 peranti dapur ramah lingkungan

Griyahome.com - Kampaye “Green Living” semakin nyaring digaungkan akhir-akhir ini. Baik kalangan profesional maupun pemerintah turun tangan untuk melindungi bumi dari krisis energi yang mengintai. Pemerintah mendorong masyarakat untuk menerapkan gaya hidup hijau, contohnya dengan mengaplikasikan produk yang ramah lingkungan.

Gerakan ramah lingkungan ini dapat dimulai dari rumah, misalnya di area dapur. Nah, Sobat dapat mengawali gerakan ramah lingkungan di area dapur dengan memakai 5 peranti (peralatan) ini. Apa sajakah itu?

1.           Kompor Induksi

Ternyata, kompor jenis ini lebih efisien dibandingkan dengan kompor gas. Energi panas yang dihasilkan dari kompor ini juga lebih baik sebab alat masak yang dipakai terbuat dari bahan besi atau stainless steel. Selain itu, kompor ini akan tetap dingin ketika digunakan, yang panas hanyalah wajan dan panci yang dipakai saat memasak.

kompor induksi
Gambar kompor induksi

2.           Panci Tekan (Pressure Cooker)

Salah satu peranti masak yang tengah populer di kalangan ibu rumah tangga adalah panci tekan. Jenis panci ini dilengkapi dengan teknologi yang bisa mempercepat wakktu memasak. Dengan demikian, pemakaian bahan bakar menjadi lebih hemat. Panas dan tekanan tinggi yang dihasikan dari panci ini mampu melunakkan daging dalam waktu yang cepat. Memasak dengan panci tekan akan menghemat waktu 2 hingga 10 kali lipat ketimbang panci biasa.

Pressure cooker
Gambar Pressure cooker

3.           Wajan Non-PFOA (anti lengket)

Wajan antilengket ini memang diragukan penggunaannya. Pasalnya, alat memasak ini mengandung zat berbahaya pemicu kanker, yaitu perfluorooctanoic acid (PFOA). Tetapi, beberapa orang ilmuwan menegaskan bahwa ketika barang antilengket diproduksi dengan suhu tinggi, maka PFOA telah terlepas dari badan barang. Meskipun masih ada, namun kadar PFOA akan rendah. Walaupun begitu, Sobat jangan sembarang membeli wajan antilengket dan tetap harus waspada. Belilah wajah yang telah mempunyai “nama”. Jika wajan antilengket Sobat sudah mudah terkikis, lebih baik diganti dengan yang baru.

wajan anti lengket
Gambar wajan anti lengket

4.           Lemari Es Berteknologi Inverter

Lemari es merupakan salah satu produk pendingin yang memiliki kontribusi besar dalam kerusakan ozon. Oleh karena itu, pemerintah melarang pemakaian BPO (Bahan Perusak Ozon) chlorofluorocarbon (CFC) pada produk pendingin. Nah, sebagai gantinya, pelaku industri mengeluarkan produk lemari es berteknologi inverter dengan bahan pendingin tipe R410 yang ramah lingkungan.

lemari es inverter
Gambar lemari es inverter

5.           Lampu LED

Salah satu penyumbang biaya listrik terbesar di rumah adalah konsumsi listrik untuk lampu. Oleh karena itu, langkah sederhana yang bisa Sobat lakukan adalah mengganti lampu pijar (CFL) di dapur Sobat dengan lampu LED. Lampu LED dapat menghemat energi listrik sebesar 85% ketimbang lampu biasa. Di samping itu, daya tahan lampu LED lebih lama, yakni sampai 5 - 15 tahun.

Lampu LED
Gambar Lampu LED

Semoga artikel tentang 5 Jenis Peranti Dapur Ramah Lingkungan dapat bermanfaat dan membuat kita semakin sadar untuk menjaga lingkungan yang menjadi “titipan” anak cucu kita dimasa depan.

Tidak ada komentar untuk "5 Jenis Peranti Dapur Ramah Lingkungan"