iklan atas griyahome

Tips Mengganti Lantai Rumah Dengan Sistem On Tile

tips mengganti lantai rumah

Griyahome.com – Anda ingin mengganti lantai dirumah anda? Tentunya ada berbagai alasan mengapa kita ingin mengganti lantai dirumah kita. Model kermaik yang sudah ketinggalan zaman, keramik yang mulai pecah disana-sini sehingga mengganggu keindahan ruangan ataupun mungkin karena ingin menaikkan lantai rumah akibat sering kebanjiran sehingga sekalian memasangkan keramik baru. Sebelum mengganti lantai rumah ada beberapa tips menarik yang mungkin bisa anda terapkan dirumah anda.

Renovasi yang menyangkut penggantian lantai rumah biasanya memakan waktu yang lama. Untuk itu, agar mempersingkat waktu dan mempermudah proses penggantian lantai, kita dapat menggunakan system tile on tile. Sistem on tile adalah suatu cara memasang keramik/bahan lantai baru diatas keramik lama yang anda gunakan selama ini. Sistem ini selain menghemat waktu juga dapat menghemat yang lainnya seperti biaya dan tenaga kerja, sebab kita tidak perlu melakukan pembongkaran terhadap ubin lama.

Sistem tile on tile ini dapat diaplikasikan terhadap pemasangan keramik diatas tegel/ubin lama, keramik diatas granit, keramik diatas keramik dan parket diatas keramik/ubin lama. Ada satu hal yang perlu diperhatikan jika mengunakan sistem ini, yaitu lantai rumah akan menjadi lebih tinggi paling tidak 4-5 cm dari sebelum renovasi. Hal ini akan berimbas kepada daun pintu rumah kita. untuk itu lakukanlah pemotongan terlebih dahulu terhadap daun pintu sekitar 4 -5 cm.

Kenaikan Lantai juga akan berpengaruh pada perbedaan level antar ruang yang tidak diganti lantainya. Untuk menyiasatinya kita bisa mempergunakan produk pengisi lantai khusus yang bisa kita temukan di toko bangunan.

Macam Macam Material Lantai Dan Bahan Pendukung Renovasi Lantai

1.      Keramik

Keramik merupakan pilihan yang paling banyak digunakan masyarakat sebagai penutup lantai. Selain tahan lama, keramik mudah dibersihkan dan bisa anda sesuaikan dengan tema ruangan yang anda dirumah anda. Anda bisa memilih mulai dari keramik polos hingga yang memiliki motif yang menarik, tentu saja semakin baik kualitas keramik maka harganya pun semakin mahal.

Keramik Lantai Rumah
Gambar Keramik Lantai Rumah

2.      Parket Laminate

Parket atau lantai kayu jenis laminate direkomendasikan karena parket jenis ini dapat dipasang diatas keramik atau ubin eksisting. Jika sewaktu-waktu kita bosan dengan parketnya kita dapat membuka kembali parket yang terpasang tanpa harus membongkar perekatan. Kisaran harganya ± Rp.180.000 s/d 450.000/m2.

Parket Laminate
Gambar Parket Laminate

3.    Karpet

Karpet merupakan salah satu pilihan pengganti lantai rumah yang cukup banyak diminati karena selain bisa membuat lantai lebih hangat, harganya pun cukup terjangkau dan mudah dipasang meskipun begitu karpet perlu perawatan ekstra dimana debu dan kotoran akan mudah melekat. Motifnya yang beragam bisa anda sesuaikan dengan keinginan anda.

Karpet Lantai
Gambar Karpet Lantai

4.      Perekat Keramik Khusus

Perekat keramik biasanya terbuat dari bahan aditif yang akan merekatkan keramik lebih kuat dari semen biasa. Dengan perekat khusus keramik, keramik masih bisa digeser maksimal 30 menit setelah pemasangan, sehingga lantai lebih rapi.

Gambar Perekat Keramik

5.      Semen Instan

Pemakaian semen instan mengurangi campuran bahan-bahan lain yang biasanya digunakan saat memasang lantai rumah seperti pasir  Semen instan sangat mudah digunakan dan memiliki daya rekat yang kuat sehingga sering digunakan dalam konstruksi bangunan bertingkat. semen instan juga cepat kering sehingga bisa menghemat waktu.

Semen Instan
Gambar Semen Instan

Tahap persiapan

Apabila lantai yang akan diremajakan seluruh lantai rumah, tentukan prioritas pengerjaan dulu. Apakah dari bagian depan dulu baru ke belakang atau sebaliknya.

Jika sudah ditentukan pola pengerjaannya, maka saatnya memindahkan barang ke tempat yang pengerjaannya terakhir.

Pastikan permukaan rumah lantai akan dilakukan penimpaan dilakukan pembersihan sehingga bersih dan akan memudahkan perlekatan dan tidak mudah rusak atau bahkan menjaga dari keramik pecah. Jika pada proses pengerjaan terdeteksi ada masalah, maka perbaiki masalah terlebih dahulu agar pemasangan lantai yang baru dapat mendekati sempurna.

Tahap Pengerjaan

Keramik diatas keramik

Pilih jenis perekat keramik khusus untuk pemsangan tile on tile

Aplikasikan perekat keramik di sisi belakang keramik, lalu sisir adonan perekat keramik agar tidak ada udara yang terjebak saat pemasangan keramik

Untuk nat nya, pilih material khusus pengisi nat. jangan gunakan semen biasa karena semen akan mudah retak jika sudah kering

Parket diatas Keramik

Pastikan keramik tidak ada yang terlepas atau pecah. jika terdeteksi lakukan perbaikan terlebih dahulu. Pastikan permukaaan keramik tidak bergelombang sehingga nantinya akan memudahkan pemasangan parket.

Lapisi lantai dengan PE Foam (lapisan dasar lantai kayu yang berbentuk lembaran busa) yang direkatkan dengan lem khusus.

Pasang Footing Bridge (sambungan) di tempat tempat pertemuan lantai kayu dengan material pendukung lainnya

Rekatkan lidah dan cekungan pada sambungan lembaran lantai kayu kemudian rapatkan dengan lembara perket kayu lainnya sehingga semua bidang lantai tertutupi dengan rapi dan sempurna.

Semoga artikel tentang Tips Mengganti Lantai Rumah Dengan Sistem On Tile diatas dapat bermanfaat buat anda para pembaca setia griyahome dan membuat lantai rumah anda semakin menarik.

 

 

Tidak ada komentar untuk " Tips Mengganti Lantai Rumah Dengan Sistem On Tile"