iklan atas griyahome

3 Cara Siasati Rumah Hadap Arah Barat

 Cara Siasati Rumah Hadap Arah Barat

Griyahome.com - Posisi rumah atau ruang yang berada disisi barat biasanya memiliki suhu lebih tinggi dibandingkan ruang/rumah di sisi lainnya. Hal tersebut disebabkan karena saat pagi hari cahaya matahari akan lebih banyak menyinari rumah dari sisi timur. Namun, setelah memasuki pukul 11.00 WIB, matahari sudah bergerak menuju sisi barat. pada saat itu cahaya yang dipancarkannya sudah mulai terasa panas.

Ada beberapa solusi yang dapat anda lakukan untuk mensiasati  atau menurunkan suhu panas pada rumah yang menghadap ke sisi barat. solusi bisa dilakukan tanpa merubah konstruksi rumah anda. kalau pun ada perombakan hanya berupa penambahan material saja. berikut 3 (tiga) cara yang bisa dilakukan

1.      Lapisi Dengan Kulit Kedua

Secondary Skin atau kulit kedua mengusung konsep layaknya pakaian pada manusia. kulit pertama bangunan di analogikan sebagai fasad. sementara kulit kedua diibaratkan sebagai pakaiannya. pakaian akan melindungi manusia dari bahaya kuman, sengatan matahari, dan hujan. Demikian halnya dengan pakaian pada bangunan.

Material untuk membuat kulit kedua bangunan jenisnya beragam dan tanpa batas. anda bisa bereksplorasi dengan material yang ada dengan penambahan pola-pola menarik. Material yang paling banyak digunakan adalah roster, kayu solid, kayu olahan, besi hollow, laser cutting, kaca, dan bambu. lewat permainan bentuk,pola dan efek cahaya, secondary skin dapat membuat fasad tampil elok dan trendi

Bila anda ingin suasana lebih hijau, anda bisa membalut kulit kedua bangunan dengan tanaman. tanaman yang bisa digunakan adalah jenis tanaman rambat.

Apabila anda ingin mengaplikasikan secondary skin dengan material keras seperti aluminium,kayu,besi, bamboo dan sebagainya. Beri jarak antara material secondary skin dengan daun jendela sekitar 40 cm-90 cm. selain sebagai ruang gerak udara, jarak ini juga diperlukan agar membuka tutup jendela, daun jendela tidak berbenturan dengan rangka secondary skin.

secondary skin rumah

2.      Jadikan Ruang Servis

Penggunaan AC untuk menyejukkan ruang disi barat memang menjadi solusi yang paling cepat dan mudah. namun, suhu ruang yang terlalu panas akan membuat AC bekerja lebih keras untuk mencapai suhu nyaman yang diinginkan. Kerja keras piranti ini akan menyedot konsumsi listrik anda lebih banyak. Daripada menggunakan AC ada solusi yang mudah dan praktis untuk ruang pada rumah yang mengahdap barat yaitu merubah fungsi ruang tersebut.

Ruang-ruang yang terletak di sisi barat, dapat anda fungsikan sebagai ruang servis, misalnya untuk kamar mandi, dapur, gudang atau tangga menuju lantai 2. Ruang-ruang ini nantinya akan berfungsi sebagai buffer, yakni menahan paparan sinar matahari agar tidak langsung mengenai ruang inti

ruang servis

3.      Buat Teritisan

Teritisan Di atas Jendela Ruang Hadap barat

Para Arsitek Belanda kerap menyematkan sebuah teritisan, pelindung diatas jendela. untuk mencegah masuknya air hujan ke dalam rumah. Namun, rupanya tidak hanya sebagai pelindung di kala hujan. teritisan ini juga berfungsi untuk melindungi dinding atau ruang yang ada di dalamnya dari sinar matahari langsung.

Teritisan dapat dibuat dari berbagai material mulai dari beton, besi, alumunium atau kanopi mini. Agar berfungsi lebih optimal, sebaiknya teritisan dibuat dengan ukuran yang lebih panjang dari biasanya (biasanya panjangnya 60 cm dari dinding), maka buatlah sekitar 1,2 m s/d 1,5 m dari dinding rumah.

teritisan rumah

Semoga artikel tentang 3 Cara Siasati Rumah Hadap Arah Barat dapat bermanfaat dan membuat rumah anda lebih terasa sejuk dan nyaman, selamat Mencoba !

 

Tidak ada komentar untuk "3 Cara Siasati Rumah Hadap Arah Barat"