iklan atas griyahome

6 Cara Merawat Kulkas Agar Awet Dan Tetap Segar

cara merawat kulkas agar awet

Griyahome.com - Bagaimana cara merawat kulkas agar awet? Memiliki kulkas yang bersih dan awet merupakan dambaan setiap ibu rumah tangga. Terlebih lagi, jika tingkat ketergantungan keluarga kita tinggi untuk barang elektronik ini. Namun yang perlu diperhatikan adalah kulkas juga memerlukan perawatan agar tetap awet sehingga bisa digunakan dalam jangka waktu yang panjang.. Sebab, terkadang ada hal kecil yang kita lewatkan dan ternyata itu bisa mempengaruhi kondisi kulkas kita. Yuk kita bahas lebih jauh dalam 6 cara merawat kulkas agar tetap awet.

Kulkas termasuk perlengkapan rumah tangga yang sangat penting. Kita semua bisa menghemat waktu belanja harian karena kita bisa menyimpan berbagai bahan makanan, seperti sayuran, buah-buahan, daging dan sebagainya dengan mempertahankan kualitasnya selama beberapa hari dengan menyimpan berbagai bahan makanan tersebut di kulkas. Bahkan, makanan beku bisa sampai berbulan-bulan kita simpan di dalam kulkas.

Namun, kemampuan kulkas mempertahankan kesegaran bahan makanan tetap harus kita dukung dengan cara merawat dan membersihkannya secara berkala. Jika kita lalai melakukannya, kulkas bisa saja akan berbau kurang enak, atau bahkan kehilangan kemampuan pendinginnya. Kulkas kita memerlukan perawatan harian, perawatan mingguan, dan perawatan enam bulanan secara rutin.

Simak beberapa tips perawatan berikut untuk merawat kulkas Anda agar senantiasa bersih dan tetap dapat menjalankan fungsinya sebagai tempat penyimpanan bahan makanan.

Perawatan Harian

Segera bersihkan tumpahan makanan, sebelum tumpahan makanan tersebut kering dan sulit dibersihkan atau meninggalkan noda.

Bersihkan lebih dulu bekas selai, sirup, atau kecap yang menempel di tutup atau botol sebelum masuk ke dalam kulkas. Artinya, semua wadah penyimpanan yang masuk kulkas sudah dalam keadaan bersih.

Periksa bahan makanan yang sudah mulai membusuk dan segera buang.

Saat menaruh daging di freezer chiller biasakan menempatkannya di atas mangkok atau piring bercekungan agar lelehan air bekas daging tidak mengotori chiller.

Perawatan Mingguan

Lap pintu dan atas kulkas termasuk pinggirannya dengan kain dibasahi campuran air dan sedikit cairan sabun cuci piring yang ringan. Lap tidak perlu basah, cukup lembab. Lap secara seksama seluruh bagian kulkas

Perawatan Enam-bulanan

Matikan listrik kulkas dan kosongkan semua isi. Keluarkan rak-rak untuk dicuci dan dibersihkan secara seksama. Jangan lupa cek bak penampungan air di bagian belakang kulkas.

Jangan mencuci rak kulkas dan bagian dalam dengan sabun, sebab akan meninggalkan bau yang bisa diserap oleh bahan makanan yang disimpan di dalam kulkas.

Sebagai gantinya, buat cairan yang terdiri dari campuran dari 2 sendok makan baking soda dan larutkan dalam 1 liter air. Masukkan kain lap, peras, lalu bersihkan rak dan bagian dalam kulkas (yang sudah dimatikan listriknya). Setelah itu, keringkan segera dengan kain handuk bersih. Hal ini membantu menghilangkan bau.

Namun, masih ada hal penting lainnya yang bisa kita tambahan sebagai perawatan kulkas kita, yaitu sebagai berikut.

1.      Bersihkan Kompresor Kulkas

Bersihkan bagian belakang kulkas atau bagian yang disebut kompresor dari debu. Ingat, sebelum membersihkannya, kita harus mencabut kabel dan stop kontak dulu.

Jika bagian kompresor sudah terlalu kotor dan kita tidak bisa membersihkan sendiri, minta bantuan tukang service kulkas sebagai bentuk perawatan kulkas.

kompresor kulkas
Gambar kompresor kulkas

2.      Jangan mencungkil bunga es dengan benda tajam.

Hal itu bisa merusak kulkas saat bagian dasar freezer bolong dan akibatnya kulkas bisa kehilangan kemampuan pendinginannya. Cukup matikan listrik atau turunkan suhu kulkas sampai 00C agar bunga es mencair. Saat ini teknologi semakin berkembang dan banyak jenis kulkas yang tidak menghasilkan bunga es.

bunga es kulkas
Gambar bunga es kulkas 

3.      Jangan lupa mengatur ulang suhu kulkas

Suhu kulkas yang benar adalah medium untuk freezer dan maximum untuk refrigerator. Hal ini perlu dilakukan, sebab jika freezer suhunya maksimum, maka refrigerator secara otomatis berkurang suhunya.

4.      Jangan menaruh makanan yang masih panas ke dalam kulkas.

Suhu panas makanan yang masuk akan meningkatkan level pendinginan kulkas (sebagai cara kulkas menyeimbangkan suhunya) dan hal itu akan membuat aliran listrik mengalir lebih banyak.

5.      Jauhkan dari sumber panas

Jangan meletakkan kulkas di tempat yang dekat dengan sumber panas

seperti kompor dan benda elektronik lainnya yang menghasilkan panas.. Hal ini agar kulkas bisa maksimal dalam fungsi pendinginannya serta tahan lama.

kulkas dekat kompor
Gambar kulkas dekat kompor

6.      Berikan Jarak Kulkas dengan dinding

Jika kulkas di letakkan di dalam kitchen set, berikan ruang untuk aliran udara sebesar 5-10 cm agar sirkulasi udara dalam kulkas bisa tetap maksimal begitupula jika diletakkan di dinding tembok,

Semoga artikel tentang 6 Cara Merawat Kulkas Agar Awet Dan Tetap Segar dapat bermanfaat dan menambah pengetahuan anda tentang cara merawat barang-barang elektronik yang ada dirumah.

Tidak ada komentar untuk " 6 Cara Merawat Kulkas Agar Awet Dan Tetap Segar"