6 Tips Membeli Mesin Cuci Agar Anda Tidak Kecewa

Posting Komentar

 tips membeli mesin cuci

Griyahome.com - Ingin tahu tips membeli mesin cuci agar nantinya anda tidak kecewa? Bagi anda yang baru ingin membeli mesin cuci tentunya akan sedikit bingung memilih mesin cuci karena begitu banyaknya merk mesin cuci yang dijual dengan berbagai tipe dan kapasitas yang berbeda. Begitupula bagi para ibu rumah tangga yang trauma membeli mesin cuci yang hanya berfungsi selama beberapa bulan sebelum akhirnya rusak dan menjadi “sampah elektronik”. Apa saja yang perlu diperhatikan sebelum membeli mesin cuci? Simak terus artikel dibawah dan temukan tips menarik agar anda tidak salah membelanjakan uang anda saat membeli mesin cuci.

Mesin cuci merupakan salah satu kebutuhan rumah tangga yang sangat diperlukan untuk meringankan beban pekerjaan anda saat mencuci pakaian kotor dirumah. Saat mengoperasikan mesin cuci anda bisa mengerjakan hal-hal lain dan ini tentunya akan membuat pekerjaan rumah sangat efisien. Tetapi sebelum mesin cuci ada beberapa hal yang perlu anda perhatikan agar nantinya anda tidak kecewa karena salah membeli mesin cuci. Sebelumnya anda harus mengetahui bahwa dipasaran umumnya ada tiga jenis mesin cuci yang sering kita jumpai yaitu :

1.      Mesin cuci bukaan pintu depan  (front loading)

2.      Mesin cuci bukaan pintu bagian atas (top loading)

3.      Mesin cuci 2 tabung (twin tube)

Setiap mesin cuci ini memiliki keunggulan masing-masing baik dari segi harga, kualitas, bahan, kapasitas dan ketahanan yang berbeda-beda. Berikut beberapa tips membeli mesin cuci yang mungkin berguna buat anda :

1.           Kapasitas Mesin Cuci

Makin besar kapasitas mesin cuci maka makin banyak pula pakaian kotor yang anda bisa cuci sekaligus namun tentu saja harganya lebih mahal. Saat ini tersedia berbagai kapasitas mesin cuci mulai dari kapasitas 7-13 kg untuk standar rumah tangga.  Jika anda mencuci hanya 2x seminggu dan pakaian kotor tidak terlalu banyak maka belilah kapasitas standar sekitar 7 kg seperti sudah mengakomodasi keperluan anda. Jika kapasitas mesin cuci lebih besar bukan hanya harganya lebih mahal tetapi juga daya listrik dan ruang yang dibutuhkan juga lebih besar. Jadi sesuaikan dengan kapasitas yang anda perlukan.

2.      Beli Merk Mesin Cuci Terpercaya

Saat ini ada banyak mesin cuci yang bisa kita jumpai dan semuanya menawarkan berbagai fasilitas dan kemudahan yang menarik minat anda untuk membeli produk mereka. Tapi jangan sampai karena tergiur harga murah dan promo anda asal membeli mesin cuci meskipun anda belum mengetahui reputasinya, syukur kalau bisa bisa awet tapi kalau hanya dalam hitungan bulan saja sudah rusak tentunya anda akan menyesal dan mengalami kerugian finasial. Pastikan merk mesin cuci yang akan anda beli sudah memiliki reputasi yang baik dan telah terbukti selama puluhan tahun. Minta pendapat saudara dan kawan mengenai merk mesin cuci yang bagus dan awet atau temukan berbagai review dan pengalaman konsumen di  media online.

3.      Garansi Pabrik

Umumnya mesin cuci memiliki garansi resmi dari pabrik selama setahun, tapi beberapa merk mesin cuci tidak mengakomodir garansi untuk usaha laundry. Garansi dari pabrik tentunya akan membuat anda sebagai konsumen merasa tenang selama setahun, jika pemakaian standar dan cara anda menggunakan mesin cuci baik dan benar maka masa pemakaian mesin cuci cukup lama (sekitar 3-5 tahun) bahkan bisa berumur lebih dari itu.

4.      Daya listrik

Sebelum membeli mesin cuci anda harus mempertimbangkan daya listrik dirumah anda. Mesin cuci standar biasanya menggunakan daya listrik mulai dari 250-900 watt tergantung kapasitas mesin. Makin besar kapasitas mesin cuci maka daya yang dibutuhkan akan semakin besar. Pastikan juga listrik dirumah anda memiliki voltase yang stabil agar dinamo mesin cuci tidak mudah rusak. Besarnya daya listrik yang dibutuhkan akan berpengaruh terhadap biaya listrik yang harus anda bayarkan tiap bulannya.

5.      Budget Yang Sesuai

Setiap merk mesin cuci memiliki harga yang berbeda meskipun memiliki kapasitas pencucian yang sama.  Harga ini dipengaruhi oleh merk, material bahan mesin cuci, fitur dan kecanggihan sebuah mesin cuci, dll. Sesuaikan budget yang anda miliki dengan kebutuhan anda. Jangan hanya karena terpengaruh oleh promosi maka anda membeli diluar budget yang anda anggarkan. Mesin cuci berkapasitas sama bisa memiliki selisih harga yang cukup signifikan.

6.      1 Tabung atau 2 tabung?

Umumnya dipasaran tersedia 2 pilihan mesin cuci yaitu 1 tabung dan 2 tabung. Masyarakat sering kali bertanya tentang apa perbedaan kedua mesin cuci tersebut. Mesin cuci 1 tabung lebih hemat daya listrik dan air yang diperlukan saat proses pencucian dibandingkan mesin cuci 2 tabung. Disamping itu mesin cuci 1 tabung lebih efisien karena selama proses pencucian dari awal hingga akhirnya anda tidak perlu memindahkan pakaian seperti pada mesin cuci 2 tabung.

Semoga artikel tentang 6 Tips Membeli Mesin Cuci Agar Anda Tidak Kecewa dapat bermanfaat dan membantu anda mengenal tentang bagaimana cara membeli mesin cuci yang bagus.

Related Posts

Posting Komentar