6 Cara Merancang Taman Agave Di Rumah Anda Agar Terlihat Harmonis

Posting Komentar

taman agave

Griyahome.com - Taman agave banyak diterapkan pada model taman kering dimana tanaman yang digunakan adalah tanaman jenis sukulen yang hanya membutuhkan air dalam jumlah kecil untuk hidup dan berkembang. Jenis tanaman agave sering digunakan pada jenis taman kering karena selain bentuknya yang unik tanaman ini tidak memerlukan perawatan secara khusus dan sangat tahan terhadap cuaca panas terik seperti umumnya cuaca yang ada di kota-kota besar di Indonesia. Apa saja yang perlu diketahui saat merancang taman agave? Simak terus artikel dibawah ini dan temukan beberapa tips menarik sebelum anda menerapkannya dirumah anda.

Deskripsi Tanaman Agave

Agave merupakan tanaman yang tumbuh lambat. Warna daun hijau tua, kuning terang, dan hijau tua dengan garis-garis kuning. Tekstur daun sedang, kaku, beberapa tanaman mempunyai duri. Daun berbentuk linier dengan panjang antara 40-45 cm. Daun tumbuh dari bagian tengah tanaman. Tanaman tumbuh subur di bawah sinar matahari penuh.

Nama tanaman :Agave.

Spesifikasi lansekap : semak

Rekomendasi lokasi taman : taman rumah, taman kantor, taman publik, hotel, resort, taman publik.

Taman gaya : informal, formal, taman tropis, taman mediterania dan taman kering.

Cara Merancang Agave Pada Taman

Bagi anda yang ingin memiliki taman terlihat eksotik dan natural, tanaman agave bisa menjadi pilihan. Tanaman ini juga sangat cocok bagi anda yang tidak ingin terlalu ribet dalam mengurus tanaman dan sibuk dengan pekerjaan karena tanaman jenis sukulen ini sangat mudah dalam hal perawatan. Tetapi untuk mendapatkan taman yang sesuai ada beberapa hal yang perlu anda perhatikan saat ingin merancang taman agave dirumah anda. Berikut 6 tips merancang taman agave:

1.  Agave bisa dirancang sebagai aksen di dalam taman karena bentuk tanaman yang eksotik dan dirancang sebagai individu (soliter). Apabila Agave dirancang dalam kelompok, perhatikan jarak antara satu agave dengan yang lain, agar daun tanaman tidak bertaut satu dengan yang lain.

2.   Agave dirancang dalam bentuk linier, pembatas area, atau aksen. Agave sebagai soliter ditanam terpisah dari tanaman lain, sehingga menjadi titik pandang (center point) di dalam taman.

3.    Agave dapat dirancang dengan kacang hias (Arachis pintoi) sebagai alas (ground cover) ataupun dengan beberapa jenis sukulen lainnya selama masih terlihat harmonis.

4.  Jika Agave dirancang di sisi tangga, atau jalur setapak, pastikan daun paling luar tidak jatuh di atas jalur jalan setapak, karena daun dapat membahayakan/melukai pejalan kaki. Jika seandainya ada daun yang berada dijalan setapak sebaiknya pangkas saja agar tidak membahayakan. Itulah perlunya menjaga jarak tanam pada saat awal menanam.

5. Tidak disarankan merancang Agave dengan tanaman berdaun indah, karena berbeda karakter daun, seperti : Begonia, Caladium sp, and Calathea sp. Coleus Blumei, Leea guineensis “Burgundy”, Ophiopogon Jaburan, Sansevieria trifasciata, Schefflera arboricola, Senecio cineraria

6.  Agave dapat dirancang dengan Aloe vera, Ananas sp, Yucca gloriosa, bromelia,dll yang memiliki karakteristik pertumbuhan hampir sama sehingga dalam perawatannya kita akan semakin mudah.

Semoga artikel tentang 6 Cara Merancang Taman Agave Di Rumah Anda Agar Terlihat Harmonis dapat bermanfaat dan menginspirasi anda dalam memilih jenis tanaman yang cocok dengan kepribadian anda.

Related Posts

Posting Komentar