5 Tips Model Ventilasi Rumah Yang Sehat Dan Sederhana

Posting Komentar

 model ventilasi rumah

Griyahome.com - Tips model ventilasi rumah yang sehat semestinya menjadi perhatian setiap orang yang ingin membangun rumah impian. Soalnya masalah ventilasi ini bukan perkara yang sepele dalam sebuah bangunan. Sayangnya, masih banyak orang yang melalaikannya dan menganggap mendesain ventilasi yang baik bukanlah sesuatu yang pantas mendapatkan prioritas.

Padahal keberadaan ventilasi pada sebuah bangunan memiliki banyak sekali manfaat. Mulai dari memberikan aliran udara yang bagus, menghilangkan kesan sumpek hingga memberikan ketersediaan oksigen bagi pemilik bangunan.

Tips desain ventilasi rumah

Bagi Anda yang masih bingung dalam mendesain ventilasi maka berikut ini akan dijelaskan beberapa cara sederhananya.

1. Ventilasi Harus Sesuai Luas Ruangan

Satu kesalahan yang paling sering dilakukan oleh banyak orang adalah dengan membuat ventilasi udara yang tidak sesuai dengan luas ruangan yang dimiliki. Biasanya mereka hanya mengandalkan satu atau dua jendela saja untuk menjadi ventilasi udara pada ruangan yang terbilang luas. Hal ini tentunya adalah sebuah kebiasaan salah yang mestinya segera dihentikan.

Mungkin belum banyak yang tahu ilmu arsitektur, bahwa ventilasi harus mencakup setidaknya 5% dari keseluruhan sebuah ruangan. Jadi tips mendesain ventilasi rumah yang sehat pertama adalah dengan menyeimbangkan antara ukuran rumah Anda dengan jumlah ventilasi yang ada. Selain itu, usahakan juga menggunakan boven agar udara panas dapat keluar dengan cepat.

ventilasi ruangan
Gambar ventilasi ruangan

2. Menggunakan Jalusi Sebagai Ventilasi Rumah

Apabila Anda memiliki jendela yang horizontal maka bisa disempurnakan dengan jalusi sebagai ventilasinya. Soalnya jalusi terdiri dari berbagai kisi-kisi yang sangat cocok untuk diletakkan menempel pada jendela. Selain itu, kisi-kisi tersebut juga berfungsi untuk memberi celah pada udara dan cahaya agar lebih mudah masuk ke ruangan.

Dengan mudahnya udara dan cahaya yang masuk pastinya akan membuat ruangan mendapatkan pencahayaan yang cukup dan tidak pengap. Tidak berhenti sampai di situ saja, ternyata kemampuan jalusi yang jarang disadari oleh banyak orang adalah kemampuannya dalam mengontrol intensitas cahaya yang masuk. Hal ini untuk membuat ruangan menjadi lebih hangat.

Selain itu, strukturnya yang berkisi juga bermanfaat untuk menyaring udara kotor dari luar agar tidak bisa masuk. Apalagi bagi Anda yang seringkali membuka jendela secara sembarangan. Keberadaan dari jalusi ini akan sangat membantu untuk bisa mencegah udara kotor tidak mengontaminasi udara yang ada di dalam ruangan.

jalusi ventilasi ruangan
Gambar jalusi ventilasi ruangan

3. Menggunakan Loster sebagai Ventilasi Rumah         

Selama ini banyak orang yang beranggapan bahwa ventilasi selalu berhubungan dengan jendela. Padahal hal tersebut tidak sepenuhnya benar karena ventilasi adalah sebuah lubang udara yang menjadi tempat pergantian udara. Jadinya, bebas untuk dikreasikan dalam bentuk apapun. Tidak terkecuali dalam desain yang berbentuk loster seperti ini.

Bagi mereka yang belum tahu, loster adalah ventilasi yang berbentuk dinding namun memiliki banyak celah yang berpola. Celah-celah tersebutlah yang kemudian bisa menjadi tempat pertukaran udara dan membuat ruangan menjadi lebih nyaman. Uniknya adalah ukiran-ukiran tersebut memiliki berbagai bentuk yang unik dan saling berbeda satu sama lain.

Jadi selain berfungsi sebagai ventilasi maka loster ini juga bisa digunakan sebagai dekorasi rumah. Apalagi dengan bahannya yang terbuat dari material berkualitas terbaik seperti kayu, semen hingga pabrik. Tidak heran apabila memasang loster termasuk tips desain ventilasi rumah yang recommended yang tidak sulit untuk bisa dilakukan.

loster ventilasi ruangan
Gambar loster ventilasi ruangan

4. Gunakan Ventilasi Khusus di Kamar Mandi

Selama ini banyak orang yang beranggapan bahwa ventilasi hanya diperlukan di ruangan utama saja. Padahal ruangan yang tergolong bukan utama seperti kamar mandi tetap membutuhkan ventilasi. Mungkin belum banyak yang tahu bahwa ruangan seperti kamar mandi menghasilkan udara panas yang tidak baik apabila tidak segera dikeluarkan.

Tips desain ventilasi rumah untuk kamar mandi sendiri, jangan hanya mengandalkan jendela biasa untuk dijadikan ventilasi. Soalnya terkadang, jendela juga belum cukup untuk mengeluarkan udara panas yang dihasilkan di kamar mandi. Lebih baik untuk memilih ventilasi dengan jenis blower atau bisa juga dengan memilih tipe local exhaust fan.

Selain itu, disarankan juga untuk tidak menempatkan jendela yang terlalu berdekatan langsung dengan sumber air di kamar mandi. Soalnya hal ini apabila dilakukan akan membuat pertukaran udara bisa semakin terhambat.

ventilasi kamar mandi
Gambar ventilasi kamar mandi

5. Gunakan Ventilasi Khusus di Dapur

Tidak jauh berbeda dengan kamar mandi, dapur juga menjadi ruangan yang menjadi sumber udara panas di dalam rumah. Hal tersebut tentunya tidak bisa dilepaskan dari kegiatan memasak yang menjadi fungsi utama dari dapur. Meski banyak menggunakan jendela atau pintu yang terbuka di dekat dapur, hal tersebut masih belum sepenuhnya berhasil.

Disarankan untuk menggunakan ventilasi khusus dapur yang dapat membuat pertukaran udara menjadi lebih mudah. Dari sekian banyak pilihan, maka ventilasi dengan tipe cooker hood adalah pilihan terbaiknya. Hal tersebut bukannya tanpa alasan karena mesin yang diletakkan tepat di atas kompor ini bisa membuang udara panas secara lebih cepat dan efektif.

Anda tidak perlu khawatir, soalnya ventilasi ini bekerja dengan cara mekanis. Dalam arti kata lain, Anda tidak perlu pusing memikirkan cara kerjanya atau kapan waktu yang tepat untuk menggunakannya. Soalnya mesin ini akan bekerja dengan sendirinya apabila dirasakan udara di sekitar berubah dengan tidak stabil.

ventilasi dapur
Gambar ventilasi dapur

Setelah mengetahui tips model ventilasi rumah yang sehat dan sederhana seperti di atas, maka giliran Anda untuk mengaplikasikannya. Jangan sampai Anda terus menundanya hanya karena dianggap tidak penting dan menguras biaya. Padahal ventilasi terkadang bukan hanya semata masalah kesehatan tapi juga keselamatan karena pertukaran udara yang baik bisa mencegah kebakaran.

Related Posts

Posting Komentar