iklan atas griyahome

5 Langkah Mencegah Kamar Mandi Lantai 2 Bocor

 mencegah kamar mandi lantai 2 bocor

Griyahome.com – Bagaimana cara mencegah kamar mandi lantai 2 agar tidak bocor? Seperti pribahasa yang sering kita dengar bahwa mencegah lebih baik daripada mengobati. Bagi anda yang pernah mengalami kamar mandi lantai 2 yang tiba-tiba bocor tentu mengetahui bagaimana rasanya. Anda pastinya kerepotan memindahkan semua barang yang berada dibawah kamar mandi lantai 2, selain mengotori ruangan dibawahnya kita pun pastinya sibuk mencari cara agar rembesan bisa diatasi. Bagaimana cara agar kejadian ini tidak menimpa kita? Temukan beberapa tips pada artikel dibawah yang bisa menghindarkan anda dari  “peristiwa tidak menyenangkan dirumah anda “

Jika kamar mandi lantai 2 bocor tentu saja kita tidak bisa menggunakannya untuk sementara waktu hingga permasalahan bisa diatasi. Biasanya hal ini terjadi karena saat proses pembetonan atau pembuatan dak, ada proses yang kurang tepat sehingga menimbulkan retak dan rongga pada beton yang akhirnya menjadi jalan keluar air di kemudian hari. Jika sampai hal ini terjadi maka anda akan mengeluarkan banyak biaya untuk memperbaikinya mulai dari tahap pembongkaran keramik kamar mandi hingga metode injeksi beton.

Mencegah Kebocoran Kamar Mandi Lantai 2

Jika anda sedang merencanakan membangun rumah menjadi 2 lantai sebaiknya persiapkan pengerjaannya dengan teliti agar tidak menyusahkan anda dikemudian hari. Kebocoran yang paling sering terjadi adalah pada area kamar mandi sebab pada area inilah kita melakukan aktivitas yang menggunakan air seperti mandi, mencuci, dll.

kebocoran lantai 2 kamar mandi
Gambar kebocoran lantai 2 kamar mandi

Beton yang belum matang dan proses pengerjaan nat dan keramik kamar mandi yang kurang rapi membuat lama kelamaan air yang berasal dari kamar mandi meresap ke retakan dan rongga pada dak hingga merembes dan menetes pada ruang yang ada dibawahnya. Untuk mencegah kebocoran kamar mandi lantai 2 berikut 5 langkah yang bisa anda lakukan :

1.      Pastikan beton dak kamar mandi matang

Saat proses pengecoran dak maka pastikan bahwa beton telah matang sebelum anda mengerjakan pekerjaan selajutnya seperti memasang keramik kamar mandi. Proses matang beton umumnya membutuhkan waktu 21-30 hari. Selama proses tersebut dilakukan lakukan perawatan dengan cara menggenagi lantai dua kali sehari dengan air. Proses ini bisa mencegah terjadinya retak rambut atau retak rongga dan memperkuat ikatan beton. Jika pada sat menyiram air anda juga bisa memastikan bahwa tidak air yang merembes dari celah-celah beton yang mengalir ke ruang bawah.

Menunggu dak beton siap

Gambar Menunggu dak beton siap

2.      Bersihkan lantai kamar mandi

Setelah proses beton telah matang maka langkah selanjutnya adalah membersihkan area kamar mandi dari pasir dan benda-benda yang ada disekitarnya. Pastikan permukaan lantai sudah rata dan memiliki sudut kemiringan air menuju lubang pembuangan sudah tepat.

3.      Siram lantai dengan air semen

Proses pengecoran dak kamar mandi bisa memnculkan pori-pori halus pada permukaan dak, untuk menutup pori-pori tersebut gunakan air semen yang diracik seperti saat akan mengaci dinding. Pastikan air semen tersebut dilapisi secara merata pada permukaan kamar mandi dan tidak ada yang terlewatkan. Tunggu hingga kering sempurna.

4.      Lapisi lantai kamar mandi dengan waterproof

Jika proses diatas sudah anda lakukan anda bisa melihat pada ruang bawah apakah air sudah tidak meresap dan terlihat lembap dengan cara menyiram air pada kamar mandi lantai 2. Jika setelah proses tersebut masih terlihat adanya dak yang lembap maka anda harus melakukan pelapisan akhir dengan menggunakan waterproof. Hal ini juga bisa anda lakukan untuk memastikan tidak adanya celah air bisa merembes. Anda bisa menggunakan waterproof yang tersedia dipasaran selama memiliki kualitas yang baik. Pada bagian pinggir kamar mandi anda bisa menambahkan dengan menggunakan serat/fiber + waterproof. Untuk bagian lantai bisa hanya dengan melapisi dengan waterproof. Yang perlu anda perhatikan adalah gunakan waterproof khusus untuk area basah dan bukan untuk dinding luar atau atap.

waterproof kamar mandi
Gambar waterproof kamar mandi

5.      Gunakan waterproof khusus

Tips terakhir untuk mendapatkan hasil yang lebih baik adalah menggunakan waterproof khusus untuk keramik dan nat yang memiliki warna bening sehingga tidak merubah tampilan keramik dan nat dan pastikan saat anda mengaplikasikannya lantai telah bersih dari kotoran.

Semoga 5 Langkah Mencegah Kamar Mandi Lantai 2 Bocor diatas dapat bermanfaat dan menginspirasi anda. Mempersiapkan kamar mandi lantai 2 dengan baik akan menghindarkan anda dari kebocoran kamar mandi di kemudian hari. Seperti yang saya sebutkan diawal, mencegah lebih baik daripada kerepotan.

 

 

Tidak ada komentar untuk "5 Langkah Mencegah Kamar Mandi Lantai 2 Bocor"