5 Masalah Dan Solusi Pada Kompor Gas Di Dapur Rumah Anda

Posting Komentar

 

masalah pada kompor gas dirumah

Griyahome.com - Pernah mengalami saat memasak tiba tiba ada masalah pada kompor gas dirumah? Jengkel! Bingung! karena masakan sedikit lagi siap dihidangkan. Di dalam dapur rumah anda, kompor gas merupakan termasuk alat utama dalam memasak. Sehingga apabila terdapat permasalahan pada kompor gas, anda akan dibuat kelimpungan. Jika anda mengetahui penyebab masalahnya tentunya anda bisa mengatasinya. Simak artikel dibawah untuk mengetahui apa saja masalah yang kerap terjadi pada sebuah kompor dan solusi untuk mengatasinya.

Jangan buru buru menganggap bahwa kompor anda telah rusak dan harus diganti dengan yang baru, mungkin saja itu cuma masalah kecil yang bisa anda atasi sendiri tanpa perlu memanggil teknisi. Berikut 5 masalah  dan  solusi yang biasa terjadi pada kompor gas anda.

1.  Pemantik Api Tidak Berfungsi

Salah satu komponen dari kompor gas yaitu pemantik api. Pemantik api tugasnya adalah memancing percikan api yang nantinya akan menjadi  menyala ketika bertemu dengan gas dari LPG. Tetapi kadangkala pemantik api tersebut tidak berfungsi. Jika dinyalakan tidak ada percikan api yang keluar hanya bunyi saklar pemantik saja.

Solusi :

Penyebab pemantik api tidak berfungsi antara lain : pertama, pemantik tidak berfungsi pada kompor tanam misalnya, bisa terjadi karena batereinya sudah habis atau tidak bertenaga lagi, kalau terjadi hal tersebut maka lakukan penggantian pada baterei tersebut. Kedua, pemantik api tidak berfungsi karena tertutup lemak sisa makanan. Apabila terjadi hal tersebut, bersihkan pemantik menggunakan kain lembab yang sudah diberi cairan pembersih lemak. Disarankan, lakukan pembersihan setiap selesai memasak.

2.  Api Menjadi Merah

Nyala api pada kompor gas semestinya berwarna biru, apabila nyala api anda berwarna merah maka terjadi masalah terhadap kompor gas anda.

Solusi :

Biasanya nyala api merah timbul akibat dari burner/ tungku yang kotor karena terkena tumpahan minyak saat memasak. Kalau hal tersebut terjadi, maka lepaskan burner pada kompor, lalu bersihkan lubang lubang burner dengan menggunakan sikat lembut yang telah dioles dengan cairan pembersih lemak. setelah itu lap dengan kain bersih.

3.  Kompor Tidak Menyala

Kompor tidak menyala saat setelah penggantian tabung gas biasa terjadi.

Solusi :

Kompor gas tidak menyala setelah penggantian tabung gas bisa terjadi apabila safety ball pada regulator menutupi lajur gas dari tabung menuju kompor. Untuk mengatasi masalah ini anda dapat membuka regulator pada tabung gas kemudian guncangkan regulator agar safety ball tidak menutupi aliran gas. Perhatikan juga apakah karet seal pada lubang tabung gas masih ada.

4.  Tungku Menyala Sebagian

Terkadang ketika anda menyalakan kompor maka tungku hanya menyala sebagian dan sebagian lagi dari lubang tersebut mati/tidak menyala.

Solusi :

Penyebab tungku menyala sebagian penyebabnya bisa jadi adalah pengatur udara di dalam kompor yang seharusnya tertutup, ternyata terbuka lebar. ini disebabkan karena pengatur udara tersenggol sesuatu sehingga bergeser. kalau hal tersebut terjadi maka lakukan perbaikan posisi pada pengatur udara tersebut.

5.  Oven Kompor Freestanding Rusak

Pada kompor freestanding yang terdapat oven dibawahnya, terkadang oven mengalami kerusakan.

Solusi :

Ketika oven kompor freestanding rusak maka ada 2 kemungkinan penyebabnya. Pertama, bisa jadi karena burner dan pemantik tertutup tumpahan lemak masakan. Kedua, bisa jadi karena pemantik listrik oven bermasalah. jika hal tersebut terjadi maka pastikan kondisi listrik dan gas berfungsi. Disarankan untuk melakukan pembersihan setelah oven digunakan.

Semoga artikel 5 Masalah Dan Solusi Pada Kompor Gas Di Dapur Rumah Anda dapat bermanfaat untuk anda semua. Perawatan berkala terhadap kompor gas akan meminimalkan masalah yang muncul pada kompor gas.

Related Posts

Posting Komentar