8 Hal Yang Perlu Dihindari Saat Mendekorasi Kamar Tidur Bayi

Posting Komentar

 

dekorasi kamar tidur bayi

Griyahome.com - Apa yang perlu dilakukan saat mendekorasi kamar tidur bayi? Merancang kamar tidur yang baik bagi bayi, bisa menjadi pengalaman yang menyenangkan dan menantang, tetapi juga bisa menjadi sangat membingungkan, terutama ketika Anda tidak tahu harus dimulai dari mana. Merasa sedikit kewalahan? Luangkan waktu sejenak untuk membaca artikel ini sampai tuntas. Anda akan mendapatkan inspirasi untuk mendekor serta beberapa hal-hal yang tidak boleh di lakukan saat mendekorasi kamar tidur bayi Anda.

Bagi pasangan suami istri mendapatkan seorang momongan tentu menjadi impian, sebab rumah akan semakin ceria dengan kehadiran seorang bayi. Kita bahkan sudah membayangkan dan bercanda akan bagaimana rupa sang bayi, apakah mirip ayah atau ibunya? Salah satu kesibukan sebelum bayi lahir ke dunia tentunya mempersiapkan kamar tidur bayi sehingga jika tiba saatnya semuanya sudah disiapkan dengan baik. Mempersiapkan kamar tidur bayi tidak boleh asal-asalan ada beberapa hal yang sebaiknya anda tidak lakukan saat mendekorasi kamar bayi anda, berikut beberapa yang sebaiknya anda hindari saat mendesain kamar bayi anda:

1.      Tempat tidur Bayi

Ranjang atau box bayi merupakan hal paling pertama yang mesti disiapkan oleh ayah dan ibu saat menantikan kelahiran buah hati. Umumnya kita membeli box bayi yang sudah jadi agar lebih praktis. Tapi hal ini sebenarnya sedikit pemborosan sebab bayi akan tumbuh dengan cepat sehingga box bayi harus digantikan oleh ranjang yang lebih besar. Sebaiknya belilah kasur empuk tanpa dipan yang jauh lebih aman agar anak nantinya bisa naik turun dari ranjang saat mulai merangkak  tanpa takut terjatuh dari ranjang atau box bayi dan andapun cukup membeli 1 kali ranjang bayi.

ranjang bayi
Gambar ranjang bayi

2.           Beli furniture sebelum mengecat ruangan

Anda hanya akan menemukan ketidakserasian skema warna dengan furniture yang akan Anda pilih nantinya. Akan lebih baik untuk memilih furniture terlebih dahulu baru kemudian membeli cat untuk mencocokkan. Ada banyak warna cat yang saat ini tersedia dan ini jauh lebih mudah dibandingkan anda harus mencocokkan cat dengan furniture yang belum tentu anda temukan dipasaran.

furniture bayi
Gambar furniture bayi

3.      Jangan menghiasi langit-langit rumah

Bayi akan menghabiskan banyak waktu di tempat tidur dan melihat ke atas. Menghiasi langit-langit dengan gambar-gambar akan membuat anak sering menengok dan melihat keatas, hal ini bisa mempengaruhi kesehatan matanya. Untuk amannya Beri saja warna biru atau putih sebagai warna netral.

kamar anak
Gambar kamar anak

4.      Jangan memasang kipas angin di plafon rumah

Sebuah studi yang diterbitkan dalam The Archives of Pediatrics and Adolescent Medicine melaporkan bahwa bayi yang tidur di bawah kipas angin secara langsung berisiko terserang Sudden infant death syndrome (SIDS) sebesar 72%. Penyakit ini umumnya menyerang bayi yang berusia dibawah 1 tahun dan kadang tidak disertai gejala apapun.

Jika anda memasang pendingin udara (AC) abaikan saja tips diatas, yang perlu anda perhatikan saat menggunakan AC adalah mengatur suhu ruangan agar jangan sampai terlalu dingin, suhu udara yang sejuk sudah bisa membuat bayi merasa nyaman saat tertidur dan tidak merasa gerah. Ingat suhu ruangan yang tertutup semakin lama akan semakin dingin apalagi saat musim penghujan tiba.

kipas angin plafon rumah
Gambar kipas angin plafon rumah

5.      Jangan memasang tirai atau gorden dengan bahan yang tebal.

Jika anda tidak menggunakan pendingin ruangan (AC) sebaiknya hindari menggunakan tirai atau gorden tebal. Hal ini akan membuat kamar tidur bayi menjadi panas di siang hari. Kamar yang panas akan membuat bayi merasa gerah dan berkeringat sehingga sulit untuk tidur dengan nyenyak. Jika dibiarkan berlarut maka keringat dapat menimbulkan gatal-gatal dan iritasi pada kulit bayi dan ini akan membuatnya sering rewel karena merasa tidak nyaman.

gorden tebal
Gambar gorden tebal

6.      Jangan gunakan pencahayaan yang berlebih.

Belilah lampu dengan cahaya yang tidak terlalu terang agar bayi dapat tidur dengan nyaman. Anda juga bisa gunakan lampu malam yang di jual di toko-toko perlengkapan bayi. Hal ini juga akan memberikan keamanan dan kenyamanan, terutama pada saat seluruh lampu rumah di matikan. Ruangan yang terlalu terang akan membuat bayi sulit tidur, jika bayi anda tidak bisa beristirahat dengan baik maka otomatis anda sebagai orangtua juga tidak bisa tidur dengan nyenyak.

cahaya kamar bayi
Gambar cahaya kamar bayi

7.      Membeli Mainan Dengan Ukuran kecil

Sebagai orangtua anda tentunya ingin membelikan mainan kepada anak anda untuk menyenangkan hati sang buah hati tetapi yang kadang kita teledor adalah mainan tersebut berukuran kecil. Ingat bayi anda belum tahu apa-apa, mainan berukuran kecil mudah tertelan sang bayi dan bisa berakibat fatal apalagi saat lepas dari pengawasan anda ataupun pengasuh bayi. Selain memilih mainan berukuran agak besar jangan lupa memastikan bahan mainan tidak mengandung bahan kimia yang berbahaya.

mainan anak
Gambar mainan anak

8.      Jauhkan colokan atau sumber listrik

Hal ini dilakukan untuk menghindari bayi dari ancaman tersengat listrik. Jauhkan pula letak pemanas air, perlengkapan bayi atau barang-barang  yang dapat membahayakan keselamatan bayi anda seperti pensil, pulpen dan benda-benda tajam lainnya.

steker listrik
Gambar steker listrik

Semoga artikel tentang 8 Hal Yang Perlu Dihindari Saat Mendekorasi Kamar Tidur Bayi dapat bermanfaat buat anda semua para pembaca setia griyahome.

Related Posts

Posting Komentar