iklan atas griyahome

7 Bumbu Dapur Yang Dapat Menjadi P3K Di Rumah

 bumbu dapur

Griyahome.com – Tahukah anda bumbu dapur bisa menjadi P3K dirumah? Kotak P3K dirumah tentunya harus tersedia sebagai pertolongan pertama pada kecelakaan. P3K umumnya berisi perlengkapan seperti perban, plester, antiseptik dan obat-obatan. Mungkin banyak yang belum mengetahui bahwa ternyata didapur juga menyimpan bahan-bahan yang bisa dimanfaatkan sebagai alternatif P3K yang bisa anda manfaatkan sebagai pertolongan pertama kecelakaan didapur seperti teriris pisau atau terkena minyak panas saat proses memasak.

Indonesia memang kaya akan berbagai bahan herbal serta rempah yang tumbuh dengan subur. Rempah tersebut sering dijadikan sebagai bumbu untuk menyedapkan masakan sekaligus sebagai bahan baku obat untuk mengobati berbagai penyakit.

Bumbu dapur ternyata dapat bermanfaat sebagai penyembuh atau obat dalam mengatasi berbagai keluhan terhadap kesehatan dan bumbu bumbu tersebut sering ada didalam dapur rumah kita. Bumbu dapur apa sajakah yang dimaksud, berikut ini merupakan  bumbu-bumbu yang ada didapur yang termasuk pengganti pertolongan pada luka yang baru  yang ada di rumah.dan dapat menjadi P3K di rumah :

1.      Bawang putih dan bawang merah

2 jenis bawang ini paling sering kita jumpai didapur dan ternyata keduanya bisa dimanfaatkan sebagai antiseptik saat digigit serangga maupun dioleskan pada kulit yang terkena panas/minyak untuk mengurangi rasa sakit. Bawang merah juga sering dijadikan obat sakit perut buat anak balita yang masuk angin dan demam dengan cara mengoleskan minyak dan bawang merah yang sudah diiris lalu kemudian ditaruh ke perut anak yang sakit.

2.      Kayu Manis

Kayu manis memiliki berbagai nutrisi yang baik seperti zat besi dan mangan. Aroma khas yang wangi dari kayu manis dapat berfungsi meredakan stres dan bisa bermanfaat sebagai aromaterapi, mampu mengatasi gangguan pencernaan serta kembung. Selain itu juga bumbu rempah yang satu ini berfungsi sebagai bahan pengawet alami, dapat mengurangi penyerapan gula dalam tubuh sekaligus dapat menghambat terjadinya perubahan gula menjadi lemak yang berbahaya.

3.      Jahe

Rempah yang termasuk tanaman rimpang ini dapat berfungsi sebagai obat pilek dan batuk yang efektif. Minuman rempah yang satu ini dapat mengurangi rasa mual, muntah, sakit kepala serta nyeri yang terjadi pada saat menstuasi. Bukan hanya itu saja jahe juga sangat ampuh dalam meredakan sakit tenggerokan sekaligus melegakan hidung yang tersumbah atau mampet. Anda bisa mencampurkan irisan jahe kedalam teh yang telah anda seduh kemudian minum dalam keadaaan hangat untuk mengusir masuk angin dan menjaga stamina.

4.    Lada Hitam

Lada merupakan salah satu sumber vitamin C dan vitamin K, mineral (kalium, besi dan mangan) yang baik bagi tubuh. selain itu lada hitam sangat baik dan berfungsi sebagai anti bakteri serta anti radang sekaligus bisa meningkatkan penyerapan nutrisi oleh tubuh. Ternyata bukan hanya itu saja ternyata lada hitam juga sangat efektif dalam mengatasi gejala atau masalah pada saluran pencernaan.

5.      Kunyit

Kunyit bermanfaat dalam memperkuat sistem kekebalan tubuh atau imun serta dapat membantu dalam menyembuhkan batuk dan pilek. Rampah rimpang yang satu ini juga memiliki kandungan yang kaya akan antioksidan, antibakteri serta anti inflamasi atau radang yang dapat bermanfaat dalam membantu menangkal serangan bebas atau radikal bebas yang menjadi penyebab terjadinya proses penuan dini.

6.      Jintan

Bumbu yang bernama jintan ini ternyata sangat baik dalam meredakan atau meringankan gejala pada pencernaan, mencegah terjadinya anemia sekaligus meringankan gangguan pilek. Minum teh jintan ternyata dapat berfungsi sebagai obat pencahar  alami atau obat sembelit, membantu dalam penyerapan kalsium serta membantu dalam mengontrol tekanan darah dalam tubuh.

7.      Garam

Bumbu dapur ini hampir dipastikan selalu tersedia didapur ibu rumah tangga yang gemar memasak. Kandungan antiinflamasi dan antibiotik alami pada garam dapat mengatasi radang tenggorokan dan sakit gigi yang kadang menyerang secara tiba-tiba. Cara penggunaannya pun cukup mudah, yaitu dengan melarutkan 1 sendok garam kedalam segelas air hangat kemudian gunakan dengan cara berkumur menggunakan larutan garam.

Semoga artikel tentang 7 Bumbu Dapur Yang Dapat Menjadi P3K Di Rumah dapat bermanfaat dan menambah pengetahuan anda tentang tanaman herbal yang ada dirumah anda.

Tidak ada komentar untuk "7 Bumbu Dapur Yang Dapat Menjadi P3K Di Rumah"