9 Tips Membersihkan Kamar Tidur Agar Terlihat Rapi Dan Bersih

Posting Komentar

 tips membersihkan kamar tidur

Griyahome.com -  Tips membersihkan kamar Tidur dalam artikel ini dapat menjadi panduan anda dalam menjaga kamar tidur anda tetap bersih, sehat dan nyaman untuk ditempati. Kamar tidur yang bersih akan membuat kita lebih nyaman saat beristirahat. Kamar tidur yang bersih juga menurunkan risiko terserang berbagai penyaki kulit. Oleh sebab itu kita dianjurkan agar secara rutin membersihkannya.

Kamar tidur yang terlihat kotor dan berantakan bisa membuat kepala kita pusing dan menyebabkan penyakit kulit. Lalu, bagaimana cara membersihkan kamar tidur agar benar-benar bersih? Apakah cukup hanya dengan menyapu dan mengepelnya? Untuk membantu membersihkan kamar tidur, berikut langkah-langkah membersihkan kamar tidur yang bisa anda lakukan :

1.      Bersihkan Ruangan Kamar Tidur Dengan Vacuum Cleaner

Menurut suatu penelitian, bila kamar tidur jarang dibersihkan, kita akan ditemani sekitar 1,5 juta kuman saat tidur. Nah, bila kuman ini menghinggapi tubuh, biasanya akan memunculkan rasa gatal pada kulit. Dan juga dapat menyebabkan munculnya berbagai penyakit kulit seperti kudis dan panu. Dengan demikian, sangat penting bagi kita untuk membersihkan kamar tidur secara rutin. Nah, agar kamar tidur lebih bersih, sangat disarankan menggunakan vacuum cleaner untuk membersihkan kamar tidur.

Vacuum cleaner dapat menyedot debu dan kotoran kecil yang tidak terlihat. Menggunakan vacuum cleaner untuk membersihkan kamar tidur harus dilakukan secara menyeluruh termasuk pada sudut-sudut ruangan dan bagian bawah kasur dan ranjang yang biasanya jarang mendapat perhatian saat membersihkan kamar tidur dan ranjang .

Membersihkan Kamar tidur
Gambar Membersihkan Kamar tidur

2.      Bersihkan Karpet Menggunakan Vacuum Cleaner

Menurut suatu penelitian, jumlah kuman yang berada di karpet lebih banyak 4000 kali lebih banyak dari jumlah kuman yang berada di dalam kamar mandi Bila terdapat karpet di dalam kamar tidur, kebersihannya pun perlu kita perhatikan. Nah, agar karpet benar-benar terbebas dari bakteri, sangat disarankan membersihkan karpet menggunakan vacuum cleaner secara rutin. Sisa pasir dan kotoran yang terselip di karpet akan sulit dihilangkan hanya dengan cara disapu dan untuk itulah perlunya menggunakan vacuum cleaner.

vacuum cleaner karpet
Gambar vacuum cleaner karpet

3.      Cuci Bantal dan Sprei Secara Teratur

Biasanya, orang mencuci bantal dan sprei saat mulai terlihat kusam. Ataupun, saat mulai mengeluarkan bau kurang sedap. Nah, sangat disarankan kita mencucinya secara rutin sebelum keduanya terlihat kusam ataupun mengeluarkan bau kurang sedap. Apa yang menyebabkan bantal dan sprei kotor dan berbau? Saat tidur, kita sebenarnya mengeluarkan keringat dalam jumlah yang tak terlalu banyak. Sebagian keringat dan kotoran akan diserap bantal dan sprei. Nah, bila sprei dan bantal terlalu banyak menyerap keringat, biasanya keringat dan kotoran akan melekat pada serat kain sehingga lama kelamaan memunculkan bau kurang sedap.

mencuci bantal tidur
gambar mencuci bantal tidur

4.      Gunakan Cairan Lysol Untuk Mengepel Lantai

Cairan lysol bersifat antibakteri karenanya sangat efektif untuk melenyapkan kuman. Nah, terkait kebersihan kamar tidur, cairan lysol dapat digunakan untuk mengepel lantai agar melenyapkan berbagai kuman yang berada di lantai. Terkait seberapa banyak cairan lysol yang digunakan, campurkan 72 ml cairan lysol untuk setiap 3 liter air.

5.      Cuci Semua Pakaian Kotor

Pakaian kotor yang diletakkan berserakan dilantai ataupun keranjang pakaian dan tidak dicuci selama berhari-hari akan menimbulkan bau kurang sedap. Bukan cuma bau saja tapi kamar akan nampak berantakan seolah tidak berpenghuni. Kumpulkan pakaian kotor setiap hari dan keluarkan dari kamar tidur kemudian cuci kedalam mesin cuci. Biasanya waktu yang dibutuhkan mesin cuci untuk menyelesaikan program pencucian sekitar 50-70 menit. Sambil menunggu anda bisa melanjutkan membersihkan beberapa bagian rumah termasuk kamar tidur.

mencuci pakaian dengan mesin cuci
gambar mencuci pakaian dengan mesin cuci

6.      Bersihkan kaca Jendela Secara Teratur

Kaca jendela mudah sekali dihinggapi debu dan kotoran apalagi kalau anda tinggal diperkotaan yang penuh dengan asap kendaraan bermotor dan debu yang beterbangan. Hanya dalam hitungan hari kaca yang semula terlihat bening akan menjadi kabur karena debu yang menempel. Gunakan pembersih kaca untuk melapnya dan setelah itu anda bisa menyekanya dengan koran bekas yang tidak terpakai dan hasilnya akan terlihat kinclong kembali.

jendela kaca kamar tidur
gambar jendela kaca kamar tidur

7.      Rapikan Ranjang Setelah Digunakan

Mungkin ada yang berpikir untuk apa dirapikan kalau toh akan ditiduri kembali. Nantinya akan kusut kembali.  Ranjang yang tidak dibersihkan dan tidak dirapikan akan terlihat berantakan dan sisa-sisa pasir dan kotoran yang melekat pada sprei tidak akan bersih jika tidak dirapikan. Anda bisa merasakan gatal-gatal pada kulit jika selalu membiarkan ranjang terbengkalai.

merapikan ranjang tidur
gambar merapikan ranjang tidur

8.      Ikut Sertakan Anak Anda

Melibatkan anak anda untuk membantu anda merapikan dan membersihkan kamar tidur akan menghemat banyak waktu anda sehingga tidak terbuang percuma. Apalagi dengan melibatkan anak, mereka akan belajar dengan sendirinya bagaimana cara membersihkan kamar tidur mereka sendiri. Seperti kata pepatah “sambil menyelam minum air”. Berikan mereka pujian atas apa yang mereka kerjakan sehingga mereka akan merasa dihargai dan respect terhadap orang tua setelah melihat bahwa untuk membersihkan kamar ternyata tidak mudah dan cukup melelahkan.

bekerjasama membersihkan kamar
gambar bekerjasama membersihkan kamar

9.      Bersihkan Debu Pada Furniture Kamar Tidur

Bersihkan debu-debu yang terlihat pada segala perabotan dan aksesoris yang berada didalam kamar tidur anda. Gunakan kain microfiber yang telah dibasahi untuk memudahkan melap seluruh debu yang terselip diantara celah-celah barang. Keluarkan kipas angin dari kamar dan bersihkan debu dari kisi-kisi besi yang sudah penuh dengan kotoran. Kamar yang bebas dari debu tentunya akan lebih sehat terutama bagi yang memiliki alergi terhadap debu.

membershihkan debu
gambar membershihkan debu

Semoga artikel 9 Tips Membersihkan Kamar Tidur Agar Terlihat Rapi Dan Bersih dapat bermanfaat dan membuat anda mengerti tentang pentingnya menjaga kebersihan kamar tidur sebagai tempat kita beristirahat untuk memulihkan energi.

 

 

Related Posts

Posting Komentar