5 Tips Memilih Dan Meletakkan Tempat Sampah Dirumah Agar Terlihat Rapi

Posting Komentar

  tempat sampah

Griyahome.com - Tempat sampah menjadi benda yang wajib ada di dalam rumah. Tempat sampah bermanfaat sebagai tempat penampungan sementara beragam jenis sampah. Meskipun demikian tempah sampah tidak bisa asal diletakkan disembarang tempat, karena selain bisa menimbulkan bau juga bisa menyebabkan penyakit seperti diare. Agar terlihat lebih rapi dan menarik sebaiknya pilihnya jenis tempat sampah yang sesuai. Tempah  sampah seperti apa yang sebaiknya kita letakkan di dalam rumah? Dan juga, di mana saja sebaiknya tempat sampah diletakkan? Simak terus artikel dibawah untuk menemukan tips-tips menarik.

Sampah merupakan salah satu permasalahan yang terjadi hampir diseluruh kota besar di dunia. Menurut data Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) Indonesia menghasilkan kurang lebih 68,7 juta ton pada tahun 2020 dan sekitar 37%  merupakan sampah rumah tangga. Hampir tiap hari setiap rumah tangga menghasilkan sampah baik itu berupa sampah organik maupun anorganik. Tapi dengan penempatan dan pemilihan tempat sampah yang tepat maka rumah tetap bisa terlihat rapi dan sehat. Berikut beberapa tips memilih dan meletakkan tempah sampah dirumah yang benar :

1.      Pilihlah Tempat Sampah Yang Dilengkapi Penutup Untuk Membuang Sampah Organik

Salah satu jenis sampah yang sering dihasilkan didapur adalah sampah organik (sisa-sisa makanan) baik berupa potongan sayur, kulit buah, kulit telur. dll. Nah, untuk membuang sampah organik, sebaiknya sediakan tempat sampah yang dilengkapi penutup. Di pasaran, tersedia beragam jenis tempat sampah yang dilengkapi penutup. Lalu, mengapa wajib menggunakan tempat sampah yang menggunakan penutup? Bila membuang sampah organik di tempat sampah tanpa penutup, kemungkinan besar tempat sampah akan mengeluarkan aroma tak sedap. Selain itu tempat sampah yang terbuka cenderung mengundang kucing, tikus, kecoak, lalat untuk datang mengambil sisa-sisa makanan dari dalam sampah. Terkait posisi meletakkannya, letakkan di tempat yang dekat dengan tempat mencuci piring agar lebih memudahkan kita membuang sampah dapur.

tempat sampah menggunakan penutup
gambar tempat sampah menggunakan penutup

2. Untuk Membuang Sampah Anorganik, Tak Mesti Menggunakan    Sampah Berpenutup.

Beberapa contoh sampah anorganik yang biasanya ada di dalam rumah antara lain kardus makanan, bungkus makanan ataupun minuman instan, dan tumpukan kertas, botol bekas minuman dan macam-macam sampah yang sulit diurai oleh alam (anorganik). Nah, berbeda dengan sampah organik, kita bisa tidak menggunakan tempah sampah berpenutup untuk membuang sampah anorganik. Namun, bila sampah anorganik berjumlah banyak, sebaiknya pilihlah tempat sampah berpenutup agar tidak terlihat berantakan. Orang biasanya kurang nyaman memandang sampah yang bertumpuk-tumpuk terutama jika ada tamu yang berkunjung kerumah.. Lalu, di posisi mana kita sebaiknya meletakkannya? Sebaiknya, letakkan tempat sampah ini di salah satu pojok ruangan pada setiap ruangan.  Gunakan kantung plastik sebagai wadah yang ditempatkan didalam kotak sampah agar kita lebih praktis membuang berbagai sampah anorganik.

tempat sampah terbuka
gambar tempat sampah terbuka

3.   Bila Memiliki Budget Berlebih, Sebaiknya Memilih Tempat Sampah Berbahan Stainless Steel

Tempat sampah berbahan plastik menjadi jenis tempat sampah yang paling umum digunakan. Selain tempat sampah berbahan plastik, ada juga tempat sampah berbahan stainless steel. Dibandingkan tempat sampah plastik, tempat sampah stainless steel terlihat lebih bersih sehingga membuat interior terlihat lebih bersih. Akan tetapi, harganya lebih mahal dibandingkan tempat sampah plastik. Bila memiliki dana berlebih, sebaiknya memilih tempat sampah berbahan stainless mengingat lebih kuat dan tahan lama disamping itu tampilannya juga terlihat lebih elegan jadi bisa diletakkan di ruangan kerja ataupun diruang keluarga.

tempat sampah stainless steel
gambar tempat sampah stainless steel

4.      Perhatikan Juga Bentuk Desain Tempat Sampah

Meskipun menjadi wadah penampungan sampah, tempat sampah dapat juga dimanfaatkan untuk menghias interior. Caranya, pilihlah tempat sampah dengan warna dan desain yang menarik. Berikut contoh tempat sampah dengan warna dan desain yang menarik. Anda bisa menggunakan beberapa sampah untuk didaur ulang seperti botol dan tutup botol untuk disulap menjadi tempat sampah yang menarik. Anda bisa bayangkan jika setiap rumah tangga mendaur ulang sampah yang masih bisa dimanfaatkan seperti tampak pada gambar dibawah, Berapa ton sampah plastik yang tidak harus terbuang percuma di tempat pembuangan akhir (TPA) ?

tempat sampah unik
gambar tempat sampah unik

5.      Letakkan tempah sampah dibeberapa titik dirumah

Agar sampah tidak berantakan anda bisa menempatkan beberapa tempat sampah diberbagai titik penting dirumah seperti dapur, ruang keluarga, kamar mandi, teras rumah, kamar tidur dan ruang baca. Jangan biarkan sampah menumpuk terlalu lama terutama sampah organik yang bisa menimbulkan bau busuk, buang sampah setiap hari agar rumah selalu terlihat bersih. Gunakan kantung sampah kecil untuk membuang sampah yang jumlahnya tidak seberapa untuk menghemat biaya pengeluaran rumah tangga.

peletakan tempat sampah
gambar peletakan tempat sampah

Semoga artikel tentang  “5 tips memilih dan meletakkan tempat sampah dirumah agar terlihat rapi” dapat bermanfaat dan menginspirasi anda. Kesimpulannya, dengan memilih tempat sampah dan meletakkannya secara tepat, rumah akan terlihat lebih bersih dan  akan membuat interior terlihat lebih manis dipandang mata.

Related Posts

Posting Komentar