6 Ciri Eksterior Rumah Gaya Kolonial Belanda

Posting Komentar

 

rumah gaya kolonial belanda

Griyahome.com - Tertarik memiliki rumah gaya kolonial Belanda? Agresi milter bangsa Belanda selama 350 tahun di Indonesia menyisakan luka yang cukup dalam di benak Bangsa Indonesia (data penjajahan 350 tahun masih dipertanyakan kebenarannya). Bangsa Belanda meninggalkan Indonesia dan menyisakan rumah kolonial yang masih bisa kita jumpai dibeberapa wilayah di Indonesia. Apa saja ciri dari rumah gaya kolonial Belanda? Simak terus artikel dibawah dan temukan jawabannya.

Saat Indonesia masih dalam kolonialisme Belanda, Belanda membangun banyak rumah di beberapa kawasan Indonesia. Nah, bila ditelusuri lebih dalam, terdapat beberapa gaya khas rumah tersebut. Termasuk gaya khas pada bagian eksterior. Banyak orang yang menyukai desain rumah kolonial Belanda karena rumah ini terasa sangat adem dengan banyak bukaan jendela. Bila anda tertarik, anda dapat menerapkannya dalam rumah anda. Nah, apa saja gaya khas eksterior rumah peninggalan Belanda? Berikut gaya-gaya khas peninggalan rumah Belanda :

1.      Jendela Berventilasi

Gaya khas pertama yang selalu melekat dengan eksterior rumah peninggalan Belanda yaitu pemasangan jendela berventilasi. Jendela ini menggunakan desain tumpukan-tumpukan kayu yang dimiringkan. Terkait cara membuka-tutupnya, jendela ini dibuka-tutup seperti halnya membuka-tutup pintu. Lalu, apa manfaat pemasangan jendela tersebut? Saat jendela dibuka, akan lebih banyak udara yang memasuki bagian dalam rumah. Karenanya, membuat rumah menjadi lebih sehat dan lebih menyegarkan penghuni rumah. Contoh jendela tersebut dapat kita amati pada gambar berikut.

Jendela Berventilasi Rumah Kolonial Belanda

Gambar 1. Jendela Berventilasi Rumah Kolonial Belanda

2.      Pintu Rumah Berjendela

Saat ini, kebanyakan rumah menggunakan pintu berdesain flat atau pintu yang seutuhnya tertutup. Nah, pada rumah bergaya Belanda, pintu yang digunakan biasanya pintu yang berjendela. Lalu, bila dibandingkan pintu berdesain flat, apa manfaat memasang pintu berjendela? Dengan memasang pintu berjendela, kita akan lebih nyaman berada di dalam rumah. Sebabnya, dengan adanya pintu tersebut, kita dapat memandang ke luar rumah. Terlebih, bila terdapat halaman rumah yang penuh dengan taman bunga. Berikut contoh pintu rumah berjendela pada rumah peninggalan Belanda

Pintu Rumah Berjendela Rumah Kolonial Belanda

Gambar 2. Pintu Rumah Berjendela Rumah Kolonial Belanda

3.      Adanya Tangga Menuju Bagian Dalam Rumah

Ciri khas lainnya eksterior rumah peninggalan Belanda yaitu adanya tangga menuju bagian dalam rumah. Terkait jumlah anak tangga, biasanya kurang dari lima. Adanya tangga tersebut memberikan kesan elegan pada rumah, meskipun rumah berukuran kecil. Contoh tangga tersebut dapat kita amati pada gambar dibawah ini.

Tangga rumah kolonial Belanda

Gambar 3. Tangga rumah kolonial Belanda

4.      Ada Pintu, Maka Ada Jendela

Dalam arsitektur rumah bergaya Belanda, biasanya berlaku prinsip di mana ada pintu, maka di sekitarnya ada pintu. Dengan demikian, memadukan pintu berjendela dengan beberapa jendela akan memberikan kesan ‘colonialism dutch style home’ yang kuat pada eksterior rumah. Terkait bentuk jendela, jendela yang digunakan yaitu jendela yang berbentuk kotak-kotak. Contoh perpaduan pintu dengan jendela berbentuk kotak-kotak dapat kita amati pada gambar dibawah ini.

pintu dan jendela Rumah belanda
Gambar pintu dan jendela Rumah belanda

5. Bila Ukuran Tanah Rumah Luas, Tembok Pendek Membatasi  Halaman Rumah dengan Bagian Interior Rumah

Lazimnya, bila area rumah berukuran luas, tembok pendek membatasi bagian halaman rumah dengan bagian interior rumah. Lalu, apa fungsi tembok tersebut? Adanya tembok ini akan mengarahkan mata untuk lebih fokus memandang rumah dibandingkan bagian-bagian yang lain. Contoh tembok ini dapat kita amati pada gambar berikut.

Tembok Pendek Rumah Belanda

Gambar 5. Tembok Pendek Rumah Belanda

6.      Lubang-Lubang Ventilasi di Bagian Atas Tembok

Selain melalui jendela, lubang-lubang pada bagian atas tembok pun dapat menjadi saluran ventilasi. Biasanya, lubang ini ada di dalam rumah peninggalan Belanda. Menariknya, lubang-lubang ini didesain secara menarik sehingga memperindah juga tampilan eksterior. Contoh lubang ini dapat kita amati pada gambar berikut.

Lubang-Lubang Ventilasi rumah belanda

Gambar 6. Lubang-Lubang Ventilasi di Bagian Atas Tembok

Demikian, 6 Ciri Eksterior Rumah Gaya Kolonial Belanda. Kesimpulannya, eksterior rumah peninggalan Belanda tak hanya eksterior saja. Melainkan juga, kental dengan seni keindahan. Bila menerapkannya pada rumah anda, menjadikan eksterior rumah kental dengan nuansa kolonialisme. Nah, ingin menerapkannya pada rumah Anda?

Related Posts

Posting Komentar