7 Penyebab Rumah Banyak Kecoa Yang Perlu Anda Ketahui

Posting Komentar

           penyebab rumah banyak kecoa

Griyahome.com - Apa penyebab rumah banyak kecoa? Anda pasti tidak ingin bukan kecoa berkeliaran bahkan beterbangan dirumah anda? Bagi penghuni rumah yang tidak phobia dengan kecoa mungkin itu tidak terlalu menakutkan. Cukup menga mbil sandal lalu memukulnya atau menyemprotnya dengan racun serangga, selesai. Tapi bagaimana dengan istri dan anak anda yang phobia dengan kecoa? Melihat kecoa melintas  saja mereka bisa histeris seperti melihat hantu di siang bolong, teriakan mereka pasti membuat anda kaget menyangka terjadi sesuatu yang luar biasa. Padahal sejatinya kecoa lebih aktif dimalam hari karena mereka hewan nocturnal.

Semua orang pasti menginginkan rumah yang bersih dan nyaman untuk ditinggali. Berbagai hal akan dilakukan demi menjaga kebersihan rumah mulai dari dalam rumah hingga pekarangan. Namun tidak menutup kemungkinan letak atau posisi rumah yang kurang baik dapat disusupi serangga-serangga liar yang tentunya sangat mengganggu kenyamanan kita.

Adanya hewan seperti lalat dan kecoa menunjukkan bahwa rumah kita kotor dan terlalu lembab sehingga hewan-hewan tersebut bisa hidup. Tetapi bukan itu saja penyebab hewan ini berkeliaran dirumah kita.  Berikut beberapa penyebab rumah banyak kecoa yang perlu anda ketahui :

1.      Rumah Anda Dekat Dengan Saluran Pembuangan

Hewan-hewan seperti lalat, kecoa, sangat suka tinggal di tempat-tempat basah dan dipenuhi bakteri. Rumah Anda mungkin saja terlalu dekat dengan selokan atau tempat pembuangan sampah yang menjadi sarang perkembangbiakan serangga-serangga ini.

Sebaiknya, tempat sampah sering dibersihkan dan memiliki penutup. Selain itu, pastikan sampah di luar rumah selalu diangkut oleh tukang sampah SETIAP HARI. Hal ini mempersempit kesempatan serangga  mencari makan dan membangun sarang di sana.

2.      Terdapat Kotoran Atau Benda Busuk

Meskipun kita sudah berusaha menjaga kebersihan rumah semaksimal mungkin, tidak ada salahnya untuk lebih jeli memeriksa sudut-sudut yang jarang dijangkau. Barangkali anak-anak Anda pernah bermain dan menjatuhkan makanan di suatu tempat tanpa sengaja, atau ada bangkai hewan yang tak sengaja membusuk di suatu tempat. Kotoran atau benda busuk yang dibiarkan akan mengundang serangga dan bakteri datang kerumah Anda tanpa diundang.

Anda perlu “berkeliling” di rumah Anda minimal satu bulan sekali. Periksalah kolong-kolong tempat tidur, celah lemari, kamar mandi, jendela, dan bagian-bagian lain yang jarang terlihat anggota keluarga di rumah Anda, untuk memastikan semuanya benar-benar bersih dan bebas dari kecoa.

3.      Taman Yang Berantakan

Taman di belakang rumah maupun depan rumah bisa menjadi malfungsi apabila tidak diurus dengan baik. Semak-semak atau sampah dedaunan yang diabaikan bisa menjadi tempat tinggal dan berkembang biak beberapa serangga termasuk kecoa. Sebaiknya Anda rajin untuk memangkas cabang tanaman yang sudah terlalu panjang, menyapu dedaunan jatuh ke luar rumah, dan memeriksa lubang-lubang di sekitar taman Anda untuk memastikan tidak ditinggali oleh serangga dan hewan-hewan lain.

4.      Ventilasi Udara Kurang Baik

Udara yang terlalu lama tersimpan atau tidak bergulir selama seharian, akan membuat udara lembab dengan uap air yang terlalu banyak. Serangga dan tikus sangat suka hidup di lingkungan yang lembab. Anda pasti tidak ingin mendapatkan tambahan anggota keluarga yang jorok, bukan? Karena itulah, seluruh anggota keluarga perlu diingatkan untuk rajin membuka jendela kamar setiap hari.

Tidak ada salahnya juga membuka pintu lebar-lebar ketika hari masih terang. Hal ini akan membuat sinar matahari yang sehat itu masuk dan memberikan nuansa hangat. Kemudian, Anda bisa menutupnya kembali saat sore hari.

5.      Makanan

Apakah kita sudah menyimpan semua bahan makanan kita ditempat yang aman seperti kulkas dan lemari makan? Sisa makanan atau wadah penutup makanan yang tidak tertutup rapat dapat mengundang berbagai hewan untuk mendatanginya, begitupun dengan sisa makanan yang jatuh kelantai atau berada ditempat sampah didapur. Bersihkan secara teratur setiap hari jangan sampai ada sisa dan sampah makanan yang tertinggal. Bau dari sisa makanan tersebut dapat menarik berbagai hewan untuk mencarinya. Jika tidak ada makanan dan lingkungan yang mendukung kehidupan kecoa maka cepat atau lambat kecoa akan hilang dengan sendirinya dirumah anda.

6.      Barang Bekas Yang Tidak Terpakai

Ada cukup banyak orang yang memiliki hobi unik “menyimpan barang bekas yang tidak terpakai” seperti buku bekas, koran, sisa wadah makanan, potongan kain dan berbagai barang yang sebenarnya sudah tidak layak digunakan. Ada berbagai alasan dan sebab mengapa mereka ingin menyimpannya, jika anda adalah salah satu yang merasa melakukakannya, harap jangan tersinggung (he..he..). Barang-barang bekas yang tidak terpakai dan tidak disimpan dengan baik dapat mengundang beberapa hewan untuk bersembunyi dicelah-celah barang tersebut, kecoa termasuk salah satunya. Bahkan kertas dan majalah yang sudah melapuk dapat menjadi makanan bagi beberapa jenis hewan.

7.      Ada Banyak Lubang Sebagai “pintu masuk “

Seperti kita ketahui bahwa ukuran kecoa termasuk kecil hanya berukuran 2 mm hingga sekitar 6 cm. Ukuran tubuhnya membuatnya hewan ini sangat mudah menyelinap melalui berbagai lubang yang ada disekitar rumah, seperti lubang pembuangan air kamar mandi, lubang wastafel, lubang (celah) dibawah pintu. Ataupun lubang yang terdapat pada jendela rumah. Itulah perlunya menutup semua akses yang mungkin digunakan hewan ini untuk masuk kedalam rumah secara diam-diam.

Semoga artikel 7 Penyebab Rumah Banyak Kecoa Yang Perlu Anda Ketahui dapat bermanfaat dan menambah pengetahuan anda untuk menutup celah kecoa hidup dan berkembang di rumah anda selamanya. 

Related Posts

Posting Komentar