Memilih Bantal, Mengganti Dan Merawatnya Agar Nyaman Digunakan

Posting Komentar

 

memilih bantal

Griyahome.comMemilih bantal, mengganti dan merawatnya agar nyaman digunakan tentunya harus selalu kita lakukan agar tidur kita menjadi lebih pulas. Kamar tidur menjadi tempat kita untuk melepaskan kelelahan setelah beraktivitas. Nah, agar kita lebih nyaman beristirahat, terutama setelah melakukan serangkaian aktivitas melelahkan, salah satu hal yang sebaiknya kita perhatikan yaitu bantal. Dengan bantal yang nyaman sebagai sandaran kepala saat tidur, tentunya kita akan semakin nyaman beristirahat.

Bantal yang baik akan membantu kita tidur lebih baik, salah memilih bantal untuk tidur dapat menyebabkan berbagai gangguan kesehatan seperti insomnia, leher kaku, dan kurang tidur. Kapan saat yang tepat untuk mengganti bantal kesayangan kita? Nah, untuk mengetahui apakah kita mesti sebaiknya mengganti bantal, terapkan langkah berikut:

Baringkan bantal di atas kasur atau di permukaan rata lainnya seperti meja ataupun lantai.

Lipat bantal secara landscape atau simetris melebar. Lalu, tekan bantal secara perlahan dengan tangan kita. Setelah menekannya, lepaskan tangan kita.

Menekan Bantal dengan Tangan

Gambar Menekan Bantal dengan Tangan

Perhatikan apakah bantal kembali ke posisi semula. Bila bantal kembali ke posisi semula, menandakan bantal masih nyaman untuk dijadikan sandaran kepada saat tidur.

Nah, bila bantal tak kembali ke posisi semula, menandakan bantal sudah tak nyaman dijadikan sandara kepala saat tidur. Karenanya, agar kita merasa lebih nyaman tidur, sangat disarankan membeli bantal baru.

Bantal yang sudah tua dan kusam sebaiknya diganti dengan bantal baru. Memang beberapa orang sedikit “fanatik” terhadap bantal kesayangannya, bahkan jika bepergian benda itu harus dibawa seperti “jimat ampuh” untuk membawanya tertidur lelap. Tapi demi kesehatan anda sebaiknya mempertimbangkan untuk menggantinya.  Bila ingin membeli bantal baru, bantal seperti apa yang sebaiknya kita pilih? Untuk membantu memilih bantal yang sesuai, berikut tips memilih bantal:

Pilihlah bantal yang tak membuat posisi kepala terlalu tinggi dari posisi tubuh saat tidur. Sebabnya, bila posisi kepala lebih tinggi dari posisi tubuh saat tidur, biasanya menyebabkan nyeri pinggang, nyeri leher, ataupun keduanya. Anda tentunya akan merasa tidak nyaman dan kesakitan jika kejadian ini menimpa anda, padahal jika anda telusuri bisa saja penyebabnya hanya karena salah memilih bantal.

Nah, bila menyukai posisi tidur menyamping, disarankan memilih bantal yang berukuran lebih besar. Lalu, mengapa? Saat kita tidur menyamping, leher, kepala, bahu membutuhkan tumpuan bantal agar merasa lebih nyaman tidur. Nah, dengan memilih bantal yang besar, ketiga posisi diatas akan tertumpu pada bantal.

Nah, agar bantal awet, tentunya membutuhkan perawatan. Lalu, bagaimana cara merawat bantal? Cucilah bantal secara rutin sebelum terlihat kusam ataupun mulai mengeluarkan bau kurang sedap. Lalu, mengapa? Saat kita tidur, sebagian keringat yang dikeluarkan tubuh kita akan diserap bantal. Semakin lama kita menyadarkan kepada di atas bantal, keringat akan terus tertumpuk. Bila keringat yang tertumpuk semakin banyak, bisa saja keringat akan sulit dibersihkan. Bukan cuma keringat saja yang menempel terkadang karena tertidur pulas kita bisa ngiler dan air liur kita membuat peta pulau-pulau nusantara pada bantal kesayangan kita. Bantal yang lembap bisa menjadi sarang kuman dan penyakit, jadi lakukan proses pencucuian secara berkala. Nah, bila memiliki vacuum cleaner, vacuum cleaner dapat kita gunakan untuk membersihkan debu dan kotoran yang menempel pada permukaan bantal.

mencuci bantal
gambar mencuci bantal

Kita pun sebaiknya tak melipat bantal untuk dijadikan sandaran kepala. karena akan merusak bagian dalam bantal. Bila bagian dalam bantal rusak, biasanya menyebabkan bantal menjadi kurang empuk. Bantal yang kurang empuk tentunya kurang nyaman dijadikan sandaran kepala saat tidur.

Demikian, cara untuk mengetahui kapan sebaiknya memilihi bantal, mengganti dan merawat bantal. Semoga informasi diatas dapat bermanfaat.

Related Posts

Posting Komentar