5 Manfaat Akuarium Ikan Bagi Penghuni Rumah

Posting Komentar

 manfaat akuarium

Griyahome.com - Apa manfaat akuarium bagi penghuni rumah? Rumah menjadi tempat kita untuk bisa bersantai setelah melakukan semua aktivitas yang dapat memicu kepenatan hati dan pikiran. Dengan melihat rumah yang rapi akan membuat hati kita tenang, apalagi jika Anda memelihara ikan di sebuah akuarium di dalam rumah. Melihat berbagai jenis ikan dengan bentuk dan warna yang cantik dapat membuat kita merasa rileks apalagi jika akuarium yang kita miliki memiliki perlengkapan dan lampu yang menarik.

Selain untuk mempercantik rumah, perlu Anda ketahui juga bahwa memiliki akuarium ikan dapat memberi manfaat besar bagi kesehatan penghuni rumah. Berikut beberapa manfaat akuarium ikan bagi seisi penghuni rumah:

1.      Ternyata akuarium bisa menyehatkan jantung

Percaya atau tidak, ini memang benar. Saat seseorang melihat ikan yang berenang di dalam akuarium, ia akan merasa tenang dan badannya ikut menjadi rileks. Mengapa demikian? Pemandangan indah di dalam akuarium bisa digunakan sebagai terapi untuk kesehatan jantung. Kondisi tenang dan rileks yang dirasakan seseorang saat melihat pemandangan di dalam akuarium akan membuat tekanan darah menjadi normal dan otot-otot jantung pun menjadi lemas. Dengan begitu, ini akan sangat membantu untuk mengurangi tekanan jantung agar menjadi kuat dan sehat.

Nah itulah alasan pertama mengapa Anda harus memiliki akuarium di dalam rumah.

2.      Bisa dijadikan terapi untuk beberapa jenis penyakit tertentu

Setelah menyehatkan jantung, melihat pemandangan ikan di dalam akuarium juga dapat dijadikan sebagai sarana terapi untuk beberapa jenis penyakit hingga gangguan pada anak. Loh kok bisa yah?

Ya, tentu bisa.

Keindahan ekosistem ikan di dalam akuarium yang bisa menimbulkan perasaan tenang dan rileks ternyata bisa meredakan ledakan emosi yang berlebihan. Ini alasan utama mengapa akuarium sangatlah cocok dijadikan sebagai terapi gangguan mental pada anak seperti pada penderita alzheimer, penderita Attention Deficit Hyperactivity Disorder (ADHD), anak-anak hiperaktif hingga penderita autis sekalipun.

Dalam sebuah penelitian kedokteran yang dilakukan pada pasien penderita alzheimer, menjelaskan bahwa dengan melihat pemandangan di dalam akuarium seperti ikan yang sedang berenang, ekosistem terumbu karang, warna-warna cerah dari warna tubuh beberapa ekor ikan dan rumput laut bisa menjadi alternatif obat yang ampuh untuk memperbaiki perilaku si penderita.

Sedangkan untuk penderita Attention Deficit Hyperactivity Disorder (ADHD), melihat pemandangan di dalam akuarium tentu memberikan dampak positif bagi penderita untuk meningkatkan konsentrasinya.

Apakah Anda tahu apa ADHD?

Attention Deficit Hyperactivity Disorder (ADHD) adalah sebuah gangguan perkembangan dalam peningkatan aktivitas motorik anak-anak hingga menyebabkan aktivitas anak-anak yang tidak lazim dan cenderung berlebihan. Biasanya dapat ditandai dengan adanya keluhan timbulnya perasaan gelisah, tidak bisa duduk dengan tenang, tidak bisa diam dan selalu ingin meninggalkan keadaan yang tetap seperti sedang duduk atau sedang berdiri. Dalam melakukan aktivitasnya, penderita sering melakukan aktivitas berlebihan, emosi yang meletup-letup bahkan ada juga yang suka membuat keributan. Nah dengan melihat pemandangan di dalam akuarium ini bisa dijadikan sebagai sarana terapi untuk meningkatkan konsentrasinya saat melakukan aktivitas agar kebiasaan berlebihannya bisa berkurang.

Ini yang menjadi alasan kedua mengapa Anda harus memiliki akuarium di dalam rumah. Mungkin akuarium tidak seperti obat yang akan membuat pasien menjadi sembuh, tapi dengan melihat pemandangan di akuarium akan memberi manfaat terapi untuk mengontrol emosi dan pikiran orang. Dengan merasa tenang, tentu akan membuat kondisi kita khususnya untuk penderita penyakit akan menjadi lebih rileks dalam menghadapi penyakitnya.

3.      Bisa mengurangi stres yang sedang Anda hadapi

Memiliki aktivitas penuh tentunya akan muncul berbagai masalah di dalamnya yang dapat memicu pikiran kita menjadi stres. Kondisi stres bisa membuat Anda kurang berkonsentrasi dalam mengerjakan tugas dan pekerjaan. Saat Anda pulang dari rutiniatas di luar rumah dan sedang berada dalam kondisi seperti ini cobalah lihat pemandangan indah yang ada di dalam akuarium ikan di rumah. Hal ini dapat mengurangi tingkat rasa cemas atau stres yang sedang Anda alami. Dengan begitu Anda akan merasa lebih tenang dan rileks sehingga akan membantu Anda untuk bisa fokus kembali menyelesaikan pekerjaan dan aktivitas di rumah.

4.      Mendatangkan Keberuntungan (Kekayaan)

Menurut Feng Shui akuarium, ternyata keberadaan akuarium di rumah bisa mendatangkan keberuntungan bagi penghuninya loh.

Apaan sih Feng Shui?

Bagi orang Cina mungkin sudah tidak aneh lagi dengan kata ini. Feng Shui adalah gabungan kata yang memiliki arti angin dan air. Konon air merupakan lambang kehidupan karena merupakan kebutuhan pokok manusia dan angin merupakan lambang kemakmuran bagi kehidupan manusia.

Nah menurut Feng Shui akuarium ini, jika kita menempatkan sebuah akuarium di dalam rumah seperti di ruangan tamu atau ruangan keluarga akan memberikan energi positif yang bisa mendatangkan banyak keberuntungan, kekayaan dan kesejahteraan bagi penghuni. Wow.......

Apakah Anda tertarik untuk memiliki akuarium ikan di dalam rumah setelah mengetahui hal ini?

Yuk mari mencobanya. 

Bagaimana?

Sudah cukup jelaskan manfaat positif apa saja yang bisa kita rasakan jika memiliki akuarium ikan di dalam rumah. Nah bagi Anda yang belum punya, tidak ada salahnya juga jika ingin membeli akuarium. Selain mendapatkan manfaat kesehatan, bisa untuk memberi energi positif juga kan bagi keluarga.

5.      Meningkatkan Kualitas Tidur

Bagi sebagian orang tidur bukanlah masalah yang berarti, dimana saja dia bisa tidur bahkan didalam kereta atau bus yang sedang berjalan, bahkan saat duduk disebuah bangku orang tersebut bisa tertidur pulas. Tapi bagi para penderita insomnia tidur merupakan perjuangan sebelum mencapai “nirwana”. Salah satu terapi insomnia adalah dengan melihat segala aktivitas yang terjadi didalam akuarium dan mendengar bunyi gemercik filter air yang memiliki efek menenangkan, terapi ini bagi sebagian orang bisa berhasil mengurangi insomnia. Anda tertarik mencobanya?

Semoga artikel 5 Manfaat Akuarium Ikan Bagi Penghuni Rumah dapat bermanfaat dan menambah pengetahuan anda tentang manfaat lain memiliki hobi memelihara ikan dalam akuarium.

Related Posts

Posting Komentar