8 Jenis-Jenis Pondasi Bangunan Yang Umum Diterapkan Pada Bangunan

Posting Komentar

jenis jenis pondasi

Griyahome.com - Ada beberapa jenis-jenis pondasi yang umum digunakan di Indonesia pada saat akan membangun sebuah rumah atau gedung. Pondasi adalah hal yang harus anda perhatikan ketika akan mendirikan sebuah bangunan. Semakin tinggi bangunan yang akan anda dirikan maka pondasi anda harus semakin kuat karena pondasi ini menopang beban besar, dan kuat tidaknya bangunan anda tergantung pada pondasi.

Perkembangan teknologi membuat teknik membangun suatu rumah juga ikut berkembang begitupun dengan inovasi dibidang pondasi sebuah bangunan. Namun ada beberapa jenis pondasi yang umum digunakan di dunia pembangunan, berikut ini adalah beberapa jenis jenis pondasi yang perlu anda ketahui.

1.      Pondasi Tapak

Jenis pondasi yang satu ini biasanya diterapkan pada rumah panggung, jenis pondasi tapak disebut juga pondasi umpak. Cara pembuatan pondasi ini tergolong yang paling sederhana, yaitu menanam beton tanpa tulang yang berbentuk limas segi empat dengan lubang di tengahnya, dan lubang ini nantinya akan diisi kolom. Pondasi jenis ini tidak mampu menahan beban terlalu besar jadi hanya digunakan untuk bangunan sederhana saja. Proses ini membutuhkan waktu lebih singkat karena tidak perlu menggali tanah terlalu dalam dan membutuhkan bahan baku yang lebih sedikit sehingga lebih hemat biaya.

Pondasi Tapak

Gambar Pondasi Tapak

2.      Pondasi Batu Kali

Pondasi batu kali biasanya digunakan pada bangunan sederhana satu atau dua lantai. Pondasi ini terbuat dari batu kali dan perekat yang terbuat dari pasir dan semen. Orang-orang menyebutnya juga pondasi menerus karena bentuknya yang tersusun memanjang dan menerus. Pondasi jenis ini menyalurkan beban dari bangunan secara vertikal ke tanah. Pondasi batu kali ini aman digunakan pada kondisi tanah yang stabil. Pondasi ini bisa memakan waktu lebih lama pada saat proses pembuatan.

Pondasi Batu Kali

Gambar Pondasi Batu Kali

3.      Pondasi Batu Bata

Pondasi batu bata ini sama dengan pondasi batu kali hanya dibedakan dari segi bahannya saja. Penggunaan pondasi batu bata ini harus memperhatikan kondisi alam sekitar dengan baik, karena sifat batu bata rentan terhadap air, tidak seperti batu kali yang menyerap rembesan air dari tanah. Batu bata memiliki harga lebih murah dibandingkan bahan pondasi lainnya.

Pondasi Batu Bata

Gambar Pondasi Batu Bata

4.      Pondasi Cakar Ayam

Pondasi cakar ayam biasa digunakan pada rumah tingkat sederhana atau rumah yang dibangun pada daerah yang memiliki kontur tanah lembek seperti  bekas sawah atau rawa-rawa. Bentuknya yang menyerupai cakar ayam membuatnya dinamakan pondasi cakar ayam . Pondasi ini dibuat dengan penampang alas besar yang memiliki fungsi membagi tekanan berat bangunan ke segala arah. Pondasi ini cukup populer dan sering diaplikasikan di Indonesia.

Pondasi Cakar Ayam

Gambar Pondasi Cakar Ayam

5.      Pondasi Foot Plate

Pondasi jenis ini biasanya diterapkan pada bangunan 2 lantai atau lebih. Pondasi ini terbuat dari beton bertulang, pada bagian kaki pondasi memiliki dua bentuk yaitu bujur sangkar dan persegi panjang. Telapak kaki yang berbentuk bujur sangkar diletakkan di tengah bangunan sedangkan untuk yang persegi panjang diletakkan di samping atau tepi untuk menjaga kestabilan bangunan.

Pondasi Foot Plate

Gambar Pondasi Foot Plate

6.      Pondasi Sumuran

Fungsi pondasi ini sama dengan pondasi foot plate, biasa digunakan pada bangunan yang terdiri dari 3 atau 4 lantai. Dinamakan pondasi sumuran karena bentuknya yang dalam seperti sumur. Pondasi berisi agregat kasar yang dimasukkan ke dalam tanah bersama dengan besi di dalamnya. Pondasi ini cocok diaplikasi pada lahan yang lebih sempit karena tidak menggunakan alat berat. Pondasi ini kurang cocok diaplikasikan pada kontur tanah berlumpur.

Pondasi Sumuran

Gambar Pondasi Sumuran

7.      Pondasi Bored pile

Pondasi jenis ini biasa digunakan pada bangunan berlantai empat sampai 8, seperti rumah susun. Pondasi ini mempunyai bentuk seperti paku, cara pemasangan beton pondasi biasanya menggunakan alat berat. Proses pembuatan pondasi ini harus diperhitungkan secara matang untuk menghindari kesalahan dan kerusakan pondasi.

Pondasi Bored Pile

Gambar Pondasi Bored Pile

8.      Pondasi Tiang Pancang

Nama lain dari pondasi ini adalah Paku Bumi, biasanya digunakan untuk bangunan yang berlantai banyak seperti apartemen atau gedung perkantoran. Pondasi ini hampir sama dengan pondasi bored pile hanya saja kekuatan pondasi ini lebih besar. Proses pembuatan pondasi ini memerlukan berbagai alat berat dalam pelaksanaannya.

Pondasi Tiang Pancang

Gambar Pondasi Tiang Pancang

Semoga artikel tentang 8 Jenis-Jenis Pondasi Bangunan Yang Umum Diterapkan Pada Bangunan dapat bermanfaat dan menambah wawasan anda tentang proses pembuatan pondasi sebuah gedung atau rumah.

 

Related Posts

Posting Komentar