7 Benda Yang Ada Di Rumah Rawan Menjadi Sarang Bakteri Dan Virus

Posting Komentar

benda yang ada dirumah

Griyahome.com - Tahukah anda benda yang ada dirumah bisa menjadi sarang bakteri dan virus? Ada begitu banyak benda-benda yang terdapat didalam sebuah rumah dan ternyata jika dibiarkan begitu saja dapat menjadi sarang bagi bakteri dan virus untuk berkembang biak. Tentu saja ini bisa membahayakan bagi kesehatan seisi rumah. Mungkin anda tidak menyangka benda-benda yang selama ini anda gunakan memiliki potensi untuk dihinggapi bakteri dan virus. Ingin tahu benda apa sajakah itu? Simak terus artikel dibawah ini untuk menemukan jawabannya.

Bakteri dan virus hampir bisa ditemukan diseluruh dunia dan memiliki habitat yang luas, termasuk disekitar rumah kita. Bakteri dan virus ini akan semakin berkembang jika kita malas membersihkan rumah. Karenanya, sangat penting untuk membersihkan rumah secara berkala.. Nah, terkait tempat yang menjadi sarang bakteri ataupun sarang virus, terdapat beberapa benda yang sangat rawan menjadi sarang keduanya. Benda-benda ini biasanya ada di dalam rumah. Nah, apa sajakah benda-benda tersebut?

1.     Tempat Mencuci Piring di Dapur

Setelah makan, piring-piring yang digunakan saat makan biasanya diletakkan di tempat mencuci piring. Bila terdapat sisa-sisa makanan pada piring, piring akan mudah dihinggapi berbagai bakteri dan hewan-hewan lain seperti kecoak, tikus dan lalat. Nah, bila piring, gelas dan alat-alat dapur tidak segera dicuci maka bisa menjadi sarang bakteri dan virus. Membiarkan piring-piring kotor bertumpuk di dapur sama saja meningkatkan risiko kita terserang penyakit. Agar tempat ini semakin terbebas dari bakteri, bersihkan juga bagian-bagian tempat mencuci piring, termasuk kran air, secara rutin.

tempat cuci piring
gambar tempat cuci piring

2.      Sikat gigi  dan tempatnya

Sikat gigi yang tersimpan di dalam kamar mandi pun berisiko menjadi sarang bakteri. Nah, agar sikat gigi lebih terbebas dari bakteri, bersihkan sikat gigi sebaik mungkin setelah digunakan. Pastikan juga sikat gigi selalu kering saat tak digunakan. Bukan cuma sikat gigi saja yang mesti dibersihkan dan dikeringkan tetapi rak atau tempat sikat gigi diletakkan juga perlu dibersihkan dan disterilkan.  Anda bisa menggunakan sabun untuk mencucinya lalu bilas kemudian keringkan.

sikat gigi dan tempatnya

gambar sikat gigi dan tempatnya

3.      Remote Televisi

Benda yang satu ini menjadi rebutan dirumah saat akan memilih chanel kesayangan kita. Perpindahan remote dari tangan yang satu ketangan yang lain bisa meningkatkan resiko terjangkitnya virus dan bakteri yang menempel pada permukaan dan celah remote.  Kita sebaiknya mencuci tangan sebelum dan sesudah memegang remote. Sebaiknya rutin membersihkan remote dengan menggunakan tissue basah yang mengandung alkohol namun usahakan jangan sampai cairan tersebut masuk kedalam remote dan merusak remote televisi. Usapkan secara perlahan. Menurut suatu penelitian. permukaan remote televisi bisa menjadi sarang virus yang bisa menimbulkan berbagai penyakit  Dalam penelitian tersebut, setengah dari jumlah remote yang diteliti ternyata mengandung virus.

remote televisi
gambar remote televisi

4.      Keyboard komputer atau laptop

Keyboard komputer dan laptop bukan hanya dibersihkan dari debu dan kotoran dengan kuas semata Kita pun sebaiknya mencuci tangan sebelum dan sesudah menggunakan laptop. Terlebih, bila akan menggunakan laptop milik orang lain. Alasannya karena saat jemari menyentuh tombol keyboard, bakteri dan virus yang berada di jemari bisa saja melekat ke keyboard dan bisa melekat ke jari orang lain yang menggunakan komputer atau laptop milik kita dan jika mereka memegang makanan lalu mengkomsumsinya maka bakteri dan virus akan masuk kedalam tubuh dan bisa menimbulkan penyakit Untuk membersihkan keyboard anda bisa menggunakan cara yang sama dengan membersihkan remote televisi.

keyboard komputer
gambar keyboard komputer

5.      Tempat Sampah

Tempat sampah merupakan salah satu tempat yang berpotensi menjadi sarang virus dan bakteri. Sampah organik maupun anorganik dapat mengandung virus dan bakteri dan jika dibiarkan menumpuk tanpa dilakukan pembersihan dapat membuat bakteri dan virus berkembang biak. Lakukan pembersihan tempat sampat secara berkala dengan menggunakan sabun kemudian jemur dibawah matahari hingga kering untuk mematikan bakteri dan virus yang mungkin saja melekat pada bagian tersembunyi tempat sampah.

tempat sampah
gambar tempat sampah

6.      Bantal dan Seprei

Kapan terakhir anda membersihkan bantal dan mengganti sarung bantal dengan yang baru? Apakah seprei anda juga bernasib sama dengan bantal anda? Jika anda adalah tipe orang yang membersihkan bantal dan seperei anda 3-6 bulan sekali atau hingga berbau “jigong” maka anda secara tidak sadar telah membuat peternakan virus dan bakteri. Keringat dan air liur anda yang melekat pada sarung bantal akan menjadi lembap dan mendukung pertumbuhan virus dan bakteri. Lakukan tindakan pencegahan dengan mencuci sarung bantal dan seperei setiap 1 minggu  sekali. Begitupun dengan bantal anda, lakukan penjemuran dibawah matahari terik untuk mematikan kuman, bakteri dan virus yang mungkin saja ada disana.

bantal dan seprei
gambar bantal dan seprei

7.      Gagang Pintu Kamar Mandi

Kontaminasi bakteri dan virus pada kamar mandi yang jarang dibersihkan lebih tinggi dibandingkan ruangan lain yang berada dirumah. Salah satu yang mesti dibersihkan secara berkala adalah gagang pintu kamar mandi. Aktivitas di kamar mandi seperti mandi, buang air kecil dan besar tentunya berpotensi menyebarkan bakteri dan virus terutama pada bagian gagang pintu yang dipegang saat masuk dan keluar kamar mandi.

gagang pintu kamar mandi
gambar gagang pintu kamar mandi

Semoga artikel tentang 7 Benda Yang Ada Di Rumah Rawan Menjadi Sarang Bakteri Dan Virus. Kesimpulannya, agar kesehatan kita lebih terjaga, kita mesti memperhatikan kebersihan benda benda yang ada dirumah secara lebih ekstra. Bila diperlukan, kita dapat membersihkan benda tersebut dengan cairan alkohol ataupun lysol. Kedua cairan tersebut mampu mematikan berbagai bakteri dan virus. 

Related Posts

Posting Komentar