Kombinasi Jalan Setapak Dan Bambu Kuning Untuk Taman Dirumah

Posting Komentar

 bambu kuning untuk taman

Griyahome.com - Bambu kuning untuk taman yang dikombinasikan dengan jalan setapak akan membuat rumah makin adem dan nyaman. Mitos yang berkembang di masyarakat mengatakan bahwa bambu kuning merupakan salah satu tanaman keramat yang memiliki nilai mistis. Bambu kuning dipercaya sebagain orang bisa menjadi penangkal ilmu hitam seperti santet, pelet, dll. Bambu kuning juga bisa menjadi tolak bala, penangkal makhluk halus, dan bisa memperlancar rezeki. Namun terlepas benar atau tidaknya mitos tersebut, ternyata tanaman ini memiliki pesona yang sangat eksotis jika kita mampu merawatnya dengan baik dan juga menata tanaman tersebut sedemikian rupa.

Tanaman Bambu Kuning    

Bambu kuning merupakan salah satu spesies bambu yang sering digunakan sebagai penghias taman dirumah. Bambu yang memiliki nama latin Bambussa vulgaris memiliki ciri khas yaitu batangnya berwarna kuning. Bambu lain umumnya memiliki batang berwarna hijau. Rumpun bambu sering kita temukan tumbuh dipinggiran  sungai dan pedesaan dan cocok dengan iklim tropis. Namun kini tanaman ini sering kita temukan diperkotaan untuk menghiasi taman dan rumah. Jepang dan China merupakan dua negara yang sangat terkenal dan memanfaatkan hutan bambunya sebagai objek wisata yang menarik dan mungkin saja kita juga tertarik mengadopsi beberapa inspirasi yang mungkin cocok dengan tema rumah anda.

Untuk menghias taman dengan bambu kuning, apa saja yang harus disiapkan? Tentu saja banyak sekali faktor yang mesti diperhatikan jika Anda berniat untuk mengoptimalkan lahan yang sempit untuk dijadikan taman dengan tampilan yang alami dan eksotik.

1.      Bibit Bambu Kuning

Untuk membentuk taman bambu kita tentu memerlukan bibit bambu. Kita bisa membelinya di pedagang tanaman hias, dan jika saudara atau kawan memiliki anakannya kita bisa memintanya atau barter dengan tanaman milik kita. Banyaknya bibit yang diperlukan tergantung luas lahan yang akan ditanami. Semakin luas lahan yang ditanami maka kebutuhan bibit juga semakin banyak. Tetapi jika mau sedikit bersabar kita bisa cuma menanam beberapa bibit saja sebagai awal sebab tanaman ini semakin lama akan mengeluarkan anakan yang cukup banyak yang bisa digunakan untuk memperluas areal tanam.

bibit tanaman bambu kuning

Gambar bibit tanaman bambu kuning

2.      Ukuran bambu kuning

Tanaman bambu kuning yang akan ditanam diarea pekarangan, khususnya untuk pagar taman memiliki ukuran tersendiri. Ukuran tersebut agar kita tidak terlalu lama menunggu tumbuhnya tanaman tersebut. Tinggi ideal tanaman bambu kuning berkisar antara 2m - 3m. Usahakan tanaman tersebut selalu dijaga pada saat baru saja ditanam. Jumlahnya tergantung seberapa banyak Anda ingin menanamnya.

taman bambu kuning
Gambar taman bambu kuning

3.      Taman Bambu Belakang Rumah

Untuk membuat taman belakang rumah semakin asri anda bisa menanam tanaman bambu kuning sebagai penghias taman. Ukuran tanaman yang lebih tinggi sebaiknya diletakkan dibelakang. Perpaduan antara rumput, kolam ikan, stepping stone dan tanaman bambu akan menghasilkan suasana yang natural dan menarik mata.

taman belakang rumah

taman belakang rumah
Gambar taman belakang rumah

4.      Taman Bambu Samping Rumah

Desain taman dengan lahan yang luas karena terletak di samping rumah, ternyata cukup menarik dengan adanya bambu kuning dan juga jalan setapak yang dipadukan dengan kolam luas. Suasana ini sangat cocok untuk dipadukan dengan taman tropis yang identik dengan berbagai jenis tanaman dan kolam sehingga mirip dengan suasana alam asli yang masih alami.

taman samping rumah
Gambar taman samping rumah

Semoga artikel tentang Kombinasi Jalan Setapak Dan Bambu Kuning Untuk Taman Dirumah dapat bermanfaat dan menginspirasi anda saat akan membuat desain taman bernuansa bambu kuning.

 

 

 

Related Posts

Posting Komentar