10 Alat Perkakas Yang Wajib Dimiliki di Rumah

Posting Komentar

alat perkakas

Griyahome.com - Alat Perkakas apa yang sebaiknya tersedia dirumah? Rumah tak dapat dipisahkan dari berbagai tools (peralatan) rumah tangga. Kita tidak tahu kapan akan membutuhkannya dan sewaktu-waktu kita membutuhkannya jadi sebaiknya alat perkakas ini tersedia dirumah jika terjadi kerusakan ataupun ingin melakukan perawatan rumah, perkakas tersebut telah tersedia.

Pernah merasakan pada saat ingin memperbaiki sesuatu dirumah dan ternyata ada perkakas yang tidak tersedia? Saya rasa ini terjadi pada banyak orang. Ingin meminjam dari tetangga atau keluarga? Itu bisa saja dilakukan, tapi bagaimana jika mereka juga tidak memilikinya atau kebetulan mereka tidak ada dirumah? Berikut lima tools yang sebaiknya kita miliki. Dengan menyimpannya di dalam rumah, akan memudahkan kita melakukan berbagai hal terkait perawatan rumah.

1.      Tangga

Tools pertama yang sebaiknya ada di dalam rumah yaitu tangga. Tools ini sangat bermanfaat untuk menjangkau tempat yang tinggi seperti eternit ataupun dinding bagian atas. Biasanya, tangga digunakan untuk mengganti genteng yang bocor, mengganti jam yang berada di dinding yang tinggi, ataupun mengecat dinding di bagian atas. Terkait bahan pembuatan tangga, ada tangga yang terbuat dari kayu dan ada juga yang terbuat dari logam. Tangga yang terbuat dari kayu relatif tak begitu mahal namun mudah lapuk bila terkena air. Sedangkan tangga yang terbuat dari logam lebih kuat namun relatif lebih mahal. Tangga alumunium merupakan salah satu pilihan yang menarik karena selain terjangkau, tangga ini memiliki bobot yang lumayan ringan sehingga mudah diangkat, digeser maupun dipindahkan.

Tangga
gambar Tangga

2.      Tongkat pemasang lampu

Di dalam rumah, lampu menjadi benda yang sangat penting. Tentu saja, karena lampu berfungsi sebagai penerangan saat malam hari. Saat lampu tak dapat dinyalakan, tentunya kita mesti memasang lampu yang baru. Nah, dengan menggunakan tongkat pemasang lampu, kita dapat mengganti lampu tanpa perlu menggeser meja ataupun kursi untuk dijadikan pijakan. Hanya saja, tongkat ini tak bisa digunakan untuk memasang lampu yang berbentuk spiral ataupun lampu neon yang berukuran panjang. Alat yang satu ini cukup membantu terlebih lagi jika anda seorang wanita yang takut memanjat untuk mengganti lampu, selain harganya yang cukup terjangkau, alat ini sangat mudah digunakan.

tongkat pemasang lampu
gambar tongkat pemasang lampu

3.      Kunci pipa

Sesuai namanya, kunci ini digunakan untuk mengencangkan pipa air. Nah, saat ada sambungan pipa air yang kurang kencang, kita dapat menggunakan kunci ini untuk mengencangkannya. Selain itu, dapat digunakan juga untuk mengencangkan pipa sambungan kran air toilet yang kurang kencang ataupun ingin mengganti keran air yang rusak. Di setiap rumah, biasanya tersimpan kunci pipa. Nah, apakah di dalam rumah kita juga sudah tersimpan kunci ini?

kunci pipa
gambar kunci pipa

4.      Aneka obeng

Saat ini, sebagian furniture termasuk furniture yang bersekrup. Dengan kata lain, pemasangan sekrup menjadi bagian penting dari furniture. Contoh furniture bersekrup yaitu badan gagang pintu yang umumnya ditempelkan ke pintu dengan menggunakan sekrup. Nah, dengan memiliki aneka obeng, kita dapat memperbaiki furniture yang bersekrup bila terdapat kerusakan ataupun hal yang tak semestinya. Misalnya, bila badan gagang pintu longgar, kita dapat mengencangkannya dengan obeng. Saat membersihkan kipas angin pun kita membutuhkan obeng untuk membuka cover/penutup kipas angin agar hasilnya lebih bersih. Perkakas ini wajib anda miliki mengingat fungsinya yang sangat beragam.

obeng
gambar obeng

5.      Senter

Saat lampu padam ataupun listrik padam ketika malam hari, tentunya kita membutuhkan senter sebagai penerangan sementara. Kita pun membutuhkannya untuk mencari suatu barang di tempat yang gelap. Nah, dengan demikian, kita sebaiknya menyimpan senter di dalam rumah. Sangat disarankan menyimpan senter yang berukuran besar. Tentu saja, karena memancarkan cahaya yang lebih terang dibandingkan senter yang berukuran kecil. Saat ini tersedia berbagai pilihan senter dengan sumber daya berbeda baik menggunakan baterai, Baterai charge, bahkan yang menggunakan tenaga matahari.

senter tenaga surya
gambar senter tenaga surya

6.      Palu

Jika anda ingin memaku sesuatu pasti anda akan mencari benda yang satu ini. Palu merupakan perkakas yang sebaiknya anda sediakan dirumah. Ada berbagai jenis ukuran dan bentuk palu yang bisa anda sesuaikan dengan kebutuhan sehari-hari anda dirumah. Bahkan beberapa jenis palu memiliki fungsi ganda dalam 1 tools yaitu untuk memukul dan mencabut paku.

palu
gambar palu

7.      Gergaji

Ada dua jenis gergaji yang umum digunakan pada kegiatan dirumah yaitu gergaji kayu dan besi. Untuk modelnya sendiri ada yang manual dan menggunakan listrik. Gergaji listrik akan memudahkan kita memotong benda-benda yang dinginkan sehingga tidak terlalu menguras tenaga dibandingkan gergaji manual tapi tentu saja harganya juga berbeda.

gergaji
gambar gergaji

8.      Bor

Bor akan sangat membantu anda dalam melubangi dinding saat melakukan pemasangan pigura, merakit furniture (saat memasang/ melepas sekrup), ataupun kegiatan lain. Untuk mata bor kita dapat menyesuaikan dengan kebutuhan kita apakah untuk penggunaan kayu, beton atau logam begitupun dengan model dan ukuran mata bor.

bor
gambar bor

9.      Tool Box

Tool Box berfungsi untuk menyimpan perkakas anda yang berukuran kecil seperti palu, obeng, dan kunci-kunci sehingga pada saat akan memerlukan perkakas anda tidak anda mencarinya kemana-mana, semuanya sudah anda dalam 1 tempat.

tool box
gambar tool box

10.  Kuas

Kuas bukan hanya digunakan pada saat mengecat rumah tetapi juga berfungsi untuk membersihkan rumah hingga sudut-sudut terkecil yang tidak terjangkau oleh sapu maupun penghisap debu. Kuas dengan kualitas baik akan memperpanjang masa pemakaian dan ingat selalu membersihkan kuas setiap selesai mengecat untuk memperpanjang masa pemakaina kuas.

kuas
gambar kuas

Semoga artikel 10 Alat Perkakas Yang Sebaiknya Ada di Rumah dapat bermanfaat dan menambah pengetahuan tentang berbagai tools (alat perkakas) yang wajib dimiliki dirumah.

Related Posts

Posting Komentar