Agar Air Minum Lebih Segar Dan Nikmat, Letakkan Air Minum Kemasan Galon Pada Guci/Kendi

Posting Komentar

agar air minum lebih segar dan nikmat

Griyahome.com -  Bagaimana cara agar air minum lebih segar dan nikmat ?Air minum menjadi salah satu kebutuhan penting manusia. Terkait penggunaan wadah penyimpan air minum di rumah, saat ini sebagian besar penghuni rumah menggunakan air minum kemasan galon. Tentu saja, karena lebih praktis dan efisien dibandingkan memasak air sendiri. Nah, ditinjau dari “media” mengambil air di dalam galon, ada dua “media” yang biasa digunakan yaitu, dispenser dan guci. Bila jumlah pemakai dispenser dan guci dibandingkan, sebagian besar masyarakat menggunakan dispenser. Karenanya, hampir di setiap rumah ditemui dispenser. Lalu, apakah meletakkan air galon di dispenser ataupun di guci berpengaruh terhadap kualitas air minum?

Penggunaan guci/kendi pada masa lampau bukan hal yang aneh, kita akan menemukan di hampir setiap rumah menyediakan kendi dari tanah liat. Hal ini juga disebabkan karena dulunya penggunaan wadah penyimpan air dari plastik dan bahan lain masih sangat terbatas dan sulit dijumpai tapi di era modern hal ini justru menjadi terbalik. Saat ini kita semakin sulit menemukan guci/kendi dari tanah liat kecuali pada rumah makan yang bernuansa tradisional seperti rumah makan sunda. Kita lebih mudah menemukan wadah penyimpan air dari bahan plastik.  Bagi anda yang pernah meneguk langsung dari sebuah kendi pasti akan merasakan perbedaan “cita rasa” air minum yang unik dibandingkan dengan wadah lain. Untuk lebih jelasnya mari kita lihat perbedaan menggunakan dispenser dan guci/kendi sebagai wadah penyimpan air :

Meletakkan Air Minum Kemasan Galon Pada Dispenser

Salah satu kelebihan dispenser, dibandingkan guci, yaitu mampu memanaskan air. Ada juga dispenser yang mampu mendinginkan dan memanaskan air. Karena dispenser mampu memanaskan air, kita tak perlu repot-repot memasak air menggunakan teko  Hanya saja, bila listrik padam, dispenser tak dapat digunakan untuk memanaskan air.

Nah, meskipun dispenser mampu memanaskan air, air yang dipanaskan dispenser tak akan mampu sepanas air yang dipanaskan melalui teko. Karenanya, bila kita terbiasa meminum kopi ataupun teh dengan air panas yang dimasak melalui teko, meminum kopi dengan air yang dipanaskan melalui dispenser akan terasa kurang nikmat. Sebabnya, teh ataupun kopi tak akan larut seutuhnya di dalam air.

Meletakkan Air Minum Kemasan Galon pada Guci/kendi

Dibandingkan dispenser, meletakkan air minum kemasan galon pada guci sebenarnya lebih membuat air minum lebih sehat, segar, dan nikmat. Oleh sebab itu alangkah baiknya kita meletakkan air minum kemasan galon pada guci. Lalu, mengapa harus guci/kendi dan bukan wadah lain? Menurut suatu penelitian, bila air disimpan dalam penampung berbahan tanah seperti guci dan kendi maka air akan terasa dingin secara alami karena menyerap panas yang dihasilkan oleh air. Air yang diletakkan pada wadah guci/kendi juga mengandung alkali (kadar Ph yang seimbang) sehingga air yang kita minum akan lebih menyehatkan tubuh.

Selain sebagai wadah air minum kemasan galon, guci pun sebenarnya dapat juga dimanfaatkan untuk memperindah interior rumah. Tentu saja, karena guci terbuat dari tanah sehingga terlihat begitu artistik dan natural. Nah, agar keberadaan guci memperindah interior rumah, pilihlah guci dengan warna dan motif desain yang menarik. Misalnya, warna hijau dengan motif floral (dedaunan). Simpanlah guci di spot yang mudah terlihat, agar interior rumah terasa lebih menarik.

guci keramik
gambar guci keramik

Demikian, perbedaan-perbedaan menggunakan “media” dispenser dengan guci sebagai media untuk mengambil air minum kemasan galon terhadap kualitas air minum. Kesimpulannya, bila kita menginginkan air minum yang lebih sehat, nikmat, dan lebih menyegarkan, pilihlah “media” guci/kendi. Nah, tertarik menggunakan guci sebagai wadah air minum kemasan galon? Selamat mencoba!

Related Posts

Posting Komentar