Ukuran Tangga Standar Saat Renovasi Rumah

Posting Komentar

 ukuran tangga standar

Griyahome.com - Tangga di rumah Anda “bikin capek”, kenali dulu ukuran tangga standar saat akan melakukan renovasi rumah. Apa itu tangga? Pasti kita semua telah mengetahui elemen arsitektur yang satu ini. Tangga adalah elemen penting pada bangunan bertingkat, digunakan sebagai sirkulasi utama untuk menghubungkan lantai di bawah dengan lantai di atasnya.

Namun pada saat desain, terkadang tangga sering dikesampingkan dibandingkan dengan ruangan lainnya dalam rumah. Pernahkah Anda merasa kurang nyaman saat manaiki dan menuruni tangga? Apakah yang membuat tangga tersebut terasa kurang nyaman? Ketidaknyamanan tangga yang Anda rasakan biasa disebabkan dari ukuran tangga yang kurang sesuai. beberapa ukuran tangga yang membuat Anda kurang nyaman tersebut diantaranya ketinggian anak tangga yang terlalu tinggi, pijakan anak tangga yang kurang lebar, jalur sirkulasi tangga yang terlalu sempit dan tidak jarang juga ditemukan ruangan kepala yang kurang sehingga kepala beresiko terbentur saat menaiki dan menuruni tangga. Jadi apakah ada standar ukuran tangga yang nyaman?

Mengenal standar ukuran tangga

Dalam desain tangga, sebenarnya ada standar ukuran tangga seperti gambar dibawah ini.

ukuran standar tangga
Ukuran standar tangga

Sekarang mari kita review setiap elemen standar ukuran tangga.

Rise atau ketinggian anak tangga sangat berpengaruh pada kenyamanan secara keseluruhan. anak tangga yang terlalu tinggi atau terlalu rendah akan mengakibatkan Anda merasa “capek”. Untuk ketinggian anak tangga yang masih nyaman sesuai standar ukuran tangga adalah antara 17 cm sampai dengan 20 cm.

desain tangga
Desain Tangga 

Going atau lebar injakan anak tangga juga berpengaruh pada kenyamanan saat menaiki dan menuruni tangga, sebagai tempat tumpuan berat badan, kesalahan ukuran bisa mengakibatkan resiko seperti tergelincir karena ruang injakan kaki yang kurang. Untuk lebar injakan anak tangga yang masih nyaman sesuai standar ukuran tangga antara 27 cm sampai dengan 30 cm.

Ketinggian railing tangga sangat penting terutama berkaitan dengan aspek keselamatan. selain konstruksinya yang harus kuat untuk menahan beban tubuh anda. Untuk ketinggian standar railing tangga sesuai standar ukuran tangga adalah 90 cm diukur dari titik ujung injakan tangga (seperti gambar diatas) selain ketinggian standar, ukuran dan material handrail juga harus nyaman dipegang dan tidak licin

Headroom atau ruang kepala adalah salah satu standar kenyamanan utama dari sebuah tangga. Headroom yang terlalu pendek akan menyebabkan posisi tubuh Anda tidak ideal dan agak membungkuk. Untuk ketinggian headroom minimal yang masih nyaman sesuai standar ukuran tangga adalah 2 meter.

headroom tangga
Headroom tangga

Lebar runway tangga juga menentukan kenyamanan. untuk rumah tinggal, kondisi minimal bisa dilalui secara nyaman oleh 1 orang atau minimal 80 cm dihitung ukuran bersih antara railing tangga atau antara railing dan dinding.

Hal lain yang juga penting saat Anda mendesain tangga adalah pemilihan material injakan anak tangga. sebaiknya dipilih material yang tidak licin sehingga tidak beresiko tergelincir. Mengenai bentuk, konfigurasi dan tema tangga juga sebaiknya disesuaikan dengan ketersediaan ruang dan tema ruangan secara umum sehingga terkesan menyatu dengan ruangan

Demikianlah ulasan mengenai  ukuran tangga standar yang sebaiknya Anda ketahui sebelum mendesain tangga, Tangga yang nyaman akan menghemat banyak energi anda. Semoga artikel diatas bermanfaat untuk anda semua.

Related Posts

Posting Komentar