7 Tips Agar Kamar Tidur Anak Tidak Berantakan

Posting Komentar

 

kamar tidur anak berantakan

Griyahome.com - Kamar anak anda berantakan? Sepertinya ini kasus yang paling sering terjadi buat para orang tua diseluruh dunia, dan bukan cuma menimpa anda. Bagi kebanyakan orang tua tentu harus sering mengecek apakah kamar tidur anak dalam kondisi yang baik atau tidak. Hal ini dilakukan sebagai upaya agar anak mendapatkan tidur yang nyenyak serta istirahat yang cukup. Kamar anak pada umumnya memang sulit bisa rapi, selalu berantakan. Dan mungkin, Anda sebagai orang tua pun merasa jengkel ketika sudah di rapihkan malah diberantakan lagi. Nah, berikut kami berikan tips untuk mengatasi masalah tersebut. Selain kamar anak terjaga kerapihannya, tentu saja dapat menunjang kegiatan belajar anak dalam masa pertumbuhannya. 7 tips dibawah bisa coba anda terapkan pada anak anda dirumah :

1.      Mengajar anak Membersihkan Mainan sejak Dini

Mengajar anak membersihkan mainannya sendiri memang membutuhkan proses yang panjang dan displin yang kuat. Tetapi jika kita tidak memulainya sejak dini dan membiarkannya maka anak-anak akan cenderung terus melakukannya. Jika anda menanamkan pentingnya menjaga dan membersihkan mainan ke tempat benar maka perlahan akan timbul kesadaran anak untuk melakukannya tanpa harus selalu didikte dan diancam.

membersihkan mainan sendiri
membersihkan mainan sendiri

2.      Sediakan tempat khusus untuk mainan:

Meletakkan rak di dalam kamar, lemari, dan rak buku untuk mengatur barang-barang yang di gunakan anak Anda saat beraktivitas baik itu boneka atau mainan. Gunakan tempat yang berbahan plastik agar ringan saat dibersihkan dan menggesernya ketempat lain jika anda menggunakan rak kayu berikan roda untuk memudahkan perpindahan rak saat akan dibersihkan. Jangan menaruh kotak penyimpanan ditempat yang tinggi agar saat membersihkan kamar dari mainan dan benda-benda lain anak kita mudah menjangkaunya.

rak mainan anak
rak mainan anak

3.      Ruang khusus untuk memajang piala atau piagam penghargaan

Piala atau piagam penghargaan perlu rak / ruang khusus untuk menyimpan berbagai prestasi seperti prestasi akademik atau ekstra kurikuler baik itu penghargaan drama atau olahraga. Hal ini akan memberikan anak Anda rasa bangga pada diri sendiri. Rak / ruang khusus ini akan selalu mengingatkan tentang prestasi sang anak meskipun dia sudah berkeluarga dan tentunya bisa diperlihatkan pada anak-anaknya kelak. 

rak khusus piagam
rak khusus piagam

4.      Buang Barang Yang Tidak Perlu

Dunia anak-anak adalah bermain dan itulah sebabnya mengapa hampir semua jenis benda dapat dijadikan mainan mulai dari kantung kresek, batang pohon, daun, kertas-kertas bekas bahkan jika mereka memiliki mainan bagus pun kadang mereka masih memilih “mainan aneh” yang bisa menyenangkan hati mereka. Sebagai orang tua kita perlu menyortir mana mainan yang dianggap tidak perlu dan layak untuk dibuang untuk tidak mengotori kamar. Tetapi sebelum melakukannya konsultasikan dengan anak kita karena mungkin menurut kita barang tersebut tidak mirip mainan tapi imajinasi anak menganggapnya sebagai harta karun. Bisa juga dengan mengajarkan anak memberikan mainan yang jarang dimainkan untuk anak-anak lain yang membutuhkan.

donasi mainan anak
donasi mainan anak

5.      Berikan Reward Untuk Anak

Saat anak membersihkan kamar secara mandiri maka berikan reward sebagai tanda menghargai kerja keras mereka. Hadiah kecil dapat memberikan semangat kepada anak kita dan ajari tentang penting kebersihan kamar bagi kesehatan sehingga lambat laun anak anda akan melakukannya karena kesadaran sendiri.

reward buat anak
reward buat anak

6.      Buatlah Seperti Permainan

Jika disuruh membersihkan seorang diri biasanya anak cenderung malas-malasan. Buatlah kegiatan ini seperti sebuah misi atau permainan yang melibatkan anak kita sebagai “tokoh utama” dalam membersihkan penjahat berupa barang-barang milikinya yang bertebaran di sekitar kamar.  Kegiatan ini bisa membuatnya menjadi bersemangat dalam membersihkan kamarnya sendiri.

7.      Dekorasi Ruang Sesuai Tokoh Favorit

Setiap anak biasanya memiliki tokoh kartun favorit yang bisa berasal dari film kartun maupun komik yang dibacanya. Sebagai orang tua anda dapat membuat dekorasi ruang sesuai karakter kartun favorit anak anda. Kamar yang menyenangkan akan membuat anak cenderung untuk menjaga kamarnya agar tidak berantakan dan kotor karena terinspirasi dari tokoh favoritnya.

dekorasi kamar superhero
dekorasi kamar superhero

Semoga artikel 7 Tips Agar Kamar Tidur Anak Tidak Berantakan dapat bermanfaat dan menginspirasi anda para orang tua untuk menjadikan kamar anaka anda rapi, bersih dan menarik. Selamat mencoba!

 

Related Posts

Posting Komentar