9 Tips Merancang Taman Belakang Rumah Agar Tampil Oke

Posting Komentar

 

taman belakang rumah

Griyahome.com - Taman belakang rumah berguna untuk kegiatan ruang luar untuk seluruh anggota keluarga. Taman di belakang rumah, bersifat tertutup. Tidak semua orang dapat melihat dan berada di sana. Area di belakang rumah dirancang berdasarkan kebutuhan. Apakah untuk olah raga (dibangun kolam renang), tempat duduk-duduk di sore hari (menggunakan tenda atau gazebo), atau hanya taman sebagai hiasan saja; dirancang kolam ikan dan taman.

Taman di belakang rumah selain menjadi hiasan menyejukkan mata, tanaman dapat menciptakan iklim mikro, sehingga udara yang masuk ke dalam rumah menjadi segar. Sebelum anda membuat taman dibelakang rumah tentunya diperlukan persiapan yang matang agar hasilnya sesuai dengan keinginan kita. Berikut 9 tips sebelum merancang taman belakang rumah yang perlu anda ketahui :

1.           Menghitung Luas Taman

Hitung dengan rinci berapa luas taman di belakang rumah. Bagaimana bentuk taman di belakang rumah. Apakah berbentuk persegi panjang, berbentuk L, atau berbentuk segitiga? Rancangan taman tergantung dari bentuk dan luas taman. Semakin luas taman yang akan anda buat maka budget yang perlu disediakan tentunya semakin besar. Perbandingan antara tanaman, perabotan taman, kolam dsb perlu disesuaikan dengan luas taman yang hendak anda buat.

2.           Tema Taman

Pilih tema taman sesuai dengan tema rumah dan sesuai dengan karakter anda,  ada banyak pilihan tema taman yang bisa anda pilih seperti taman tropis, taman ala Jepang, taman minimalis, taman kering, dan taman mediterania. Jadi pilihlah tema yang paling cocok dengan kepribadian anda. Masing masing taman tersebut memiliki keunggulan dan kekurangan.

taman ala jepang
Gambar Taman Ala Jepang

3.            Taman Belakang rumah dengan kolam ikan

Taman belakang rumah dibatasi oleh dinding sebagai batas properti. Untuk taman bergaya tropis dan alami, dinding dapat dirancang dengan tanaman rambat, misal tanaman dolar (ficus pumila). Anda juga bisa menambahkan berbagai ornamen kolam, air terjun, jembatan, dll yang bisa menghidupkan suasana taman belakang rumah anda agar tampak lebih natural.

taman dengan kolam ikan
Gambar taman dengan kolam ikan

4.            Taman minimalis belakang rumah

Taman belakang bergaya minimalis modern bisa dinding dicat warna putih atau krem untuk menciptakan kesan luas. Bagi anda yang suka dengan desain taman yang simpl, anda cukup menambahkan beberapa tanaman saja dan memadukannya dengan keramik motif batu alam untuk menciptakan kesan natural. Taman jenis ini tidak memerlukan parawatan ekstra.

taman minimalis belakang rumah
Gambar Taman Minimalis

5.           Art Work Dinding

Bagi anda pencinta seni, tentunya menghadirikan rumah dengan nuansa seni pastinya menjadi impian anda. Dinding taman belakang rumah yang kecil dapat dijadikan art work, dengan merancang dinding menggunakan batu alam dengan desain tertentu atau menggunakan jasa ukir dinding pastinya akan menampilkan rumah yang unik dan bercitara rasa seni yang tinggi.

art work dinding belakang rumah
Gambar Art Work Dinding

6.      Jenis Tanaman Taman 

Jenis tanaman pada taman di belakang rumah harus disesuaikan dengan fungsi dan luas taman. Pohon pelindung dapat ditanam di belakang rumah. Akan tetapi beri jarak yang cukup, sehingga tajuk pohon tidak merusak atap, dan akar pohon tidak merusak konstruksi rumah. Taman kecil belakang rumah pada gambar dibawah dapat menjadi inspirasi anda, selain elegan dan simple, taman ini minim perawatan dibandingkan taman tropis.

jenis tanaman taman belakang rumah
Gambar jenis tanaman taman

7.      Ground Cover

Jika taman belakang rumah, berada di bawah naungan pohon, gunakan tanaman ground cover, semak, dan perdu yang tumbuh baik di bawah naungan. Taman jenis ini akan menghadirkan suasana yang asri dan nyaman, anda bisa merasakan seolah-olah sedang berada dipedesaan ataupun pegunungan dengan rimbunnya pepohonan dan angin sejuk yang berhembus.

ground cover taman rumah
Gambar Ground Cover Taman

8.           Pilih Jenis Tanaman Sukulen

Jika terdapat kolam renang, gunakan jenis tanaman yang tidak menggugurkan daun di sekitar kolam renang, misal pohon kamboja (Plumeria), dan kamboja Jepang (Adenium). Tanaman sukulen akan memudahkan anda merawat kolam karena anda tidak terlalu sering membersihkan kolam dari daun-daun yang berguguran

kolam dan tanaman sukulen
Gambar Kolam dan Tanaman sukulen

9.           Taman Kering Belakang Rumah

Taman kering bisa menjadi solusi bagi anda yang memiliki waktu terbatas untuk merawat tanaman ditaman tetapi ingin rumah terlihat asri. Taman kering umumnya didominasi tanaman sukulen yang mampu menyimpan air pada batang dan daun sehingga anda tidak perlu menyiramnya setiap hari. Beberapa jenis tanaman yang biasa digunakan antara lain bromelia, adenium, plumeria, sikas, sansevieria, lidah buaya, dll.

taman kering belakang rumah
Gambar Taman Kering

Semoga 9 Tips Merancang Taman Belakang Rumah Agar Tampil Oke dapat bermanfaat dan memberikan anda inspirasi saat akan merancang taman impian dirumah anda.

Related Posts

Posting Komentar