8 Perlengkapan Berkebun Yang Wajib Anda Siapkan Dirumah

Posting Komentar

 perlengkapan berkebun

Griyahome.com – Apa saja perlengkapan berkebun yang harus anda siapkan dirumah? Jika Anda memang benar benar ingin menekuni hobi berkebun, alangkah baiknya jika Anda melengkapi hobi berkebun dengan beberapa aksesori peralatan dan perlengkapan berkebun yang sesuai sehingga hobi berkebun Anda akan mendapatkan hasil yang memuaskan serta tentunya makin mempermudah hobi berkebun Anda.

Berkebun merupakan hobi yang sangat menyenangkan selain bisa menghilangkan stress juga bisa menikmati hasil kebun kita terutama jika kita berkebun sayur dan buah. Menikmati indahnya kebun yang penuh dengan bunga juga dapat menyegarkan mata dan pikiran. Oleh karena itu, ada beberapa aksesori dan peralatan yang berbeda untuk memulai berkebun serta merawat tanaman. Alat berkebun dan persediaan yang Anda butuhkan semua tergantung pada jenis kebun/taman yang akan dirawat. Berikut beberapa perlengkapan berkebun yang wajib anda sediakan dirumah saat ingin berkebun :

1.      Sarung Tangan

Saat berkebun tentunya kita akan bersentuhan langsung dengan media tanam seperti tanah dan beberapa benda lain yang tentunya akan membuat tangan anda kotor. Salah satu hal yang paling membuat kita senewen adalah tanah atau kotoran yang terselip disela-sela kuku meskipun kita sudah membersihkan diri. Salah satu cara melindungi bagian tangan dan kuku anda adalah menggunakan sarung tangan dan sebaiknya anda menggunakan sarung tangan dengan bahan elastis dan lembut agar nyaman digunakan. Bukan cuma itu saja, sarung tangan juga bisa melindungi tangan kita dari duri tanaman yang tidak sengaja tertusuk saat memindahkan atau membersihkan gulma dari tanaman berduri seperti kaktus.

sarung tangan kebun
Gambar sarung tangan kebun

2.      Cangkul atau sekop

Cangkul atau sekop hampir memiliki fungsi yang sama meskipun bentuknya berbeda. Cangkul dan sekop biasanya digunakan untuk menggali lubang tanaman yang cukup besar seperti tanaman buah ataupun tanaman yang memiliki ukuran cukup besar. Peralatan menanam ini akan memudahkan anda untuk menggali tanah dan pilihlah yang memiliki ujung runcing untuk mempermudah saat mencongkel tanah. Sebaiknya anda memilih cangkul / sekop yang terbuat dari stainless steel agar peralatan berkebun anda tetap awet. Sekop berukuran kecil bisa anda gunakan untuk menanam tanaman berukuran kecil.

cangkul
Gambar cangkul

3.      Selang Air

Air merupakan salah satu kebutuhan dasar tanaman dan untuk itu kita perlu melakukan penyiraman agar tanaman dapat tumbuh secara optimal. Saat membeli selang air usahakan agar membeli sesuai dengan luas taman yang ada dirumah anda. Jangan sampai selang air yang anda beli terlalu pendek atau terlalu panjang. Gunakan alat penyemprot khusus tanaman yang diletakkan pada ujung selang untuk mengatur debit air yang keluar.

selang air
Gambar selang air

4.      Gunting Tanaman

Agar tanaman tampil menarik tanaman perlu dipangkas secara berkala. Anda membutuhkan gunting khusus tanaman untuk melakukan pemangkasan mengingat ukuran ranting yang cukup tebal. Gunting tanaman ini juga sangat berguna saat anda ingin memperbanyak tanaman dengan metode stek. Pilihlah gunting tanaman dengan kualitas yang baik  karena selain awet juga memiliki mata pisau yang tajam. Untuk para penghobi tanaman bonsai pasti sangat akrab dengan benda yang satu ini.

gunting tanaman
Gambar gunting tanaman

5.      Gembor / Alat Penyiram Tanaman

Beberapa jenis tanaman biasanya membutuhkan air dalam jumlah sedikit dan tidak terlalu deras saat dilakukan penyiraman seperti tanaman kaktus dan bibit tanaman semai. Penyiraman dengan debit cukup kencang akan membuat media tanam menjadi berhamburan dan bibit semai bisa tercabut dari akarnya. Alat penyiram tanaman secara manual bisa digunakan untuk mengatasi hal tersebut moncong panjangnya juga bisa menyiram tanaman yang cukup sulit dijangkau.

gembor
Gambar gembor

6.      Pot Tanaman

Ada berbagai macam bentuk pot dan ukuran yang bervariasi mulai dari yang kecil hingga berukuran besar. Tanaman yang berukuran besar sebaiknya ditanam langsung ditanah jika anda memiliki lahan yang cukup luas tetapi jika lahan yang anda miliki terbatas maka menanam dipot merupakan cara paling tepat untuk berkebun, selain mudah dipindahkan bentuk pot juga bisa menambah keindahan suatu tanaman.

7.      Bibit Tanaman

Jika semua perlengkapan diatas telah tersedia maka tentunya tidak lengkap jika tanaman yang menjadi “tokoh utamanya” tidak tersedia. Anda bisa memilih berbagai jenis tanaman yang anda senangi baik tanaman buah dan sayur, sukulen, tanaman berbunga, bonsai, dll yang sesuai dengan passion anda. Sesuaikan jenis tanaman dengan tema taman yang akan anda rancang.

8.      Pupuk Tanaman

Agar tanaman tumbuh subur tanaman perlu mendapat pasokan unsur hara yang cukup dari media tanamn. Jika unsur hara pada media tanam terbatas maka anda memerlukan pupuk untuk menyuplainya. Ada 2 jenis pupuk yang sering digunakan yaitu pupuk organik dan pupuk buatan. Masing-masing memiliki keunggulan dan kekurangan tergantung jenis tanaman yang akan anda tanam.

pupuk tanaman
gambar pupuk tanaman

Semoga artikel 8 Perlengkapan Berkebun Yang Wajib Anda Siapkan Dirumah. Aktivitas berkebun ini juga dapat diajarkan kepada anak anak Anda, selain sebagai pembelajaran tentang gaya hidup “Go Green” dan cinta lingkungan, merawat kebun atau taman juga dapat menjadi sebuah rekreasi bagi keluarga Anda. Selamat mencoba!

Related Posts

Posting Komentar