5 Jenis Mangga Yang Bisa Ditanam Di Halaman Rumah

Posting Komentar

 jenis mangga

griyahome.com - Bingung ingin menaman mangga jenis apa di halaman rumah? Di dunia ini ada ratusan jenis tanaman mangga, setiap negara tentu memiliki iklim yang berbeda sehingga masing-masing negara menanam jenis mangga yang sesuai dengan iklim lokal. Walaupun saat ini banyak berdatangan buah mangga impor yang memiliki penampilan menarik tetapi banyak masyarakat yang lebih menyukai tekstur mangga lokal yang sudah sejak lama dikenal di Indonesia. Silahkan simak terus artikel ini untuk menemukan jenis mangga yang mungkin cocok untuk anda tanam dihalaman rumah anda.

Di Indonesia buah mangga memiliki bermacam- macam jenis mangga bahkan beberapa nama mangga menyematkan nama daerah asal buah mangga berasal. Tentunya dengan menanam sendiri buah mangga dihalaman rumah kita dapat memperoleh berbagai manfaat, selain dapat menyejukkan rumah dan menghalangi masuknya debu kedalam rumah hal yang penting tentu saja kita bisa menikmati buah mangga dari halaman rumah kita sendiri. Ada kebanggaan tersendiri menikmati buah mangga hasil kebun rumah sendiri dibandingkan membelinya ditoko buah, dan yang lebih oke, buahnya GRATIS! Berikut beberapa jenis mangga yang bisa anda tanam dirumah :

1.      Mangga Madu

Ciri fisik dari mangga madu ini bisa dilihat pada saat mangga madu sudah matang, jika mangga madu matang akan berwarna kuning cerah. Disebut sebagai mangga madu karena rasanya yang semanis madu, itu berarti mangga ini mempunyai rasa yang sangat manis. Mungkin dilihat sekilas tampak seperti mangga gadung. Untuk ukurannya sendiri hampir mirip dengan mangga manalagi tetapi mangga madu ini bentuknya sedikit memanjang.

mangga madu
Gambar Mangga Madu

2.      Mangga Golek

Untuk mangga golek, kabarnya dulu di budidayakan di tanah India, tetapi saat ini sudah beredar banyak di Indonesia. Untuk rasanya sendiri, buah mangga golek ini masih kalah jauh dari mangga manalagi. Karena mangga golek ini memiliki serat daging yang banyak sehingga menurut saya mangga ini mempunyai rasa yang masih dibawah mangga manalagi. Mangga golek ini berbentuk lonjong dan jenis buah ini sudah di tetapkan sebagai mangga lokal varietas unggul.

mangga golek
Gambar Mangga Golek

3.      Mangga Apel

Disebut mangga apel dikarenakan mempunyai bentuk yang mirip apel. Ya bentuknya sangatlah mirip dengan buah apel, tetapi rasa dari mangga apel ini sedikit masam jika masih muda, kalau sudah matang pun masih memiliki rasa masam tetapi ada manis manisnya. Untuk ciri ciri dari warnanya, mangga apel ini memiliki warna hijau dan akan kemerah merahan saat sudah matang. Walaupun memiliki rasa yang sedikit masam, mangga apel tetap menjadi salah satu yang digemari oleh warga Indonesia, karena seringnya digunakan sebagai bahan untuk rujak.

mangga apel
Gambar Mangga Apel

4.      Mangga Harum Manis Atau Arum Manis

Untuk jenis buah mangga satu ini, memiliki nama lain di daerah Jawa Timur Indonesia. Lebih tepatnya Malang, Jember, dan Probolinggo menyebut buah mangga ini dengan sebutan mangga gadung. Daging dari mangga gadung ini tebal dan memiliki warna kuning keemasan. Mangga arum manis juga memiliki bau khas yang wangi.

mangga arum manis
Gambar Mangga Arum Manis

5.      Mangga Manalagi

Mangga manalagi inilah yang menurut saya mempunyai rasa yang sangat enak dan pas untuk lidah warga Indonesia, mungkin asal dari kata “manalagi” ini dimaksudkan bahwa tidak ada mangga lagi yang menyaingi rasa dari mangga ini. Karena memang mangga manalagi sangatlah lezat untuk disantap. Untuk bentuknya sendiri mirip dengan buah mangga golek dan katanya merupakan hasil persilangan dari mangga arum manis dan mangga golek. Entahlah, itu masih diperdebatkan oleh para ahli. Mangga manalagi ini juga merupakan salah satu jenis buah mangga yang tidak mudah busuk setelah kita petik.

mangga manalagi
Gambar Mangga Manalagi

Semoga 5 Jenis Mangga Yang Bisa Ditanam Di Halaman Rumah dapat menginpirasi anda untuk memilihn dan menanam jenis mangga yang sesuai selera anda. Jenis mangga diatas cukup untuk menghiasi halaman rumah agar lebih rindang dan apabila anda ingin menggabungkan  beberapa jenis mangga dalam satu pohon, anda bisa mencarinya dibeberapa toko bibit maupun toko online, Selamat Mencoba!

 

Related Posts

Posting Komentar