3 Cara Merawat Furniture Besi Agar Awet Dan Tahan Lama

Posting Komentar

 

furniture besi

Griyahome.com - Bagaimana merawat furniture besi agar tetap awet? Ada banyak material furniture yang biasa digunakan pada rumah, kantor, maupun café. Umumnya bahan-bahan furniture terbuat dari kayu, rotan, bambu, dan yang terakhir adalah besi. Tidak semua pemilik rumah suka menggunakan furniture berbahan kayu. Sebagian orang lebih menyukai menggunakan furniture berbahan besi. Alasannya besi memiliki daya tahan yang lebih kuat dibandingkan material kayu.

Namun meskipun demikian ada satu hal yang paling sering terjadi pada furniture dengan bahan baku besi yaitu keropos yang diakibatkan oleh karat, selain akan merusak tampilan furniture, karat akan membuat furniture akhirnya tidak dapat digunakan jika dibiarkan tanpa penanganan.  Ikuti sejumlah tips pada artikel dibawah ini yang dapat membuat furniture dirumah anda agar tetap awet dan tahan lama.

Ada beberapa furniture yang biasanya terbuat dari besi seperti meja dan kursi alasan praktis dan mudah dipindahkan membuat banyak orang memilih jenis furniture ini. Furniture besi memang memberikan kesan elegan pada rumah Anda. Ruangan yang Anda berikan furniture besi akan terlihat  semakin menawan dan terkesan mewah. Namun sebagian pemilik rumah kurang memberikan perawatan terhadap furniture besi ini padahal Furniture besi juga memerlukan perawatan khusus, sama halnya dengan furniture kayu.

Berikut ini adalah 3 Cara merawat furniture besi agar awet dan tahan lama yang ada pada rumah Anda, antara lain:

1.           Membersihkannya Secara Berkala

Membersihkan furniture besi secara berkala merupakan salah satu cara merawat furniture yang cukup sederhana. Anda dapat menggunakan lap kain yang basah untuk menghilangkan kotoran yang ada pada furniture tersebut. Sesudah dibersihkan dengan lap basah, Anda harus mengeringkannya dengan lap kering agar tidak terjadi oksidasi yang bisa membuat besi menjadi berkarat. Dengan melakukan hal sederhana furniture akan kembali terlihat cerah dan berkilau.

2.           Memberikan Cairan Anti Keropos

Apabila furniture di rumah Anda terbuat dari besi yang sudah cukup lama, sebaiknya Anda memberikan cairan anti keropos pada besi agar semakin kuat dan terhindar dari pengeroposan besi. Besi yang sudah tua memang riskan terhadap pengeroposan. Sebaiknya Anda memberikan cairan ini secara berkala agar furniture besi Anda terawat dengan baik. Ada banyak cairan anti karat yang dipasarkan dengan berbagai merk dan keunggulannya masing-masing. Anda bisa mencarinya di mesin pencari seperti Google maupun toko online, atau mungkin toko perlengkapan rumah tangga dikota anda.

3.           Cat Furniture Besi Secara Berkala

Karat merupakan hal yang tidak dapat dipisahkan dari setiap benda yang memiliki komponen utama dari besi. Karat akan menghancurkan besi secara perlahan. Apabila furniture besi dirumah Anda tidak ingin hancur akibat karat, sebaiknya lakukan pengecatan secara berkala pada furniture Anda.

Lapisan cat mampu menghambat karat pada furniture Anda dirumah serta membuat tampilan furniture anda terlihat seperti baru kembali. Cat juga mampu melindungi furniture besi anda dari percikan air dan cairan lain sehingga tidak bisa meresap kedalam bagian dalam besi yang menjadi sumber oksidasi besi dan lama kelamaan akan berubah menjadi karat. Sebelum melakukan pengecatan sebaiknya amplaslah bagian furniture untuk menghilangkan debu dan kotoran serta menghilangkan lapiasan karat pada permukaan furniture.

Demikianlah 3 Cara Merawat Furniture Besi Agar Awet dan tahan Lama. Hal ini dapat Anda lakukan pada saat ada waktu luang sehingga membuat barang-barang furniture besi anda bertahan hingga anak cucu anda. Selamat mencoba!

 

Related Posts

Posting Komentar