7 Tips Merancang Courtyard Agar Rumah Makin Menarik

Posting Komentar

 courtyard

Griyahome.com – Apa itu courtyard? Courtyard merupakan ruang terbuka di bagian tengah, yang dikelilingi bangunan atau dinding. Courtyard yang terbentuk dari beberapa massa bangunan, mempunyai akses langsung ke courtyard, yang merupakan pusat dari bangunan yang ada di sekitarnya. Dari setiap sudut bangunan terlihat kegiatan yang ada di courtyard. Ruang terbuka ini membuat suasana di dalam bangunan menjadi lebih nyaman.

Courtyard biasa terdapat pada hotel resort, perkantoran, atau rumah dengan lahan yang luas. Courtyard digunakan untuk banyak fungsi antara lain; untuk memasak, bekerja, bermain, taman, tempat berkumpul (gathering), olah raga, kolam renang, kolam ikan.

Untuk mengakomodasi semua kegiatan di courtyard, lantai courtyard kadang dilapisi paving atau rumput sintetis dan terkadang dikombinasikan dengan stepping stone sehingga tampak natural.. Rancangan courtyard tergantung dari : luas lahan, bentuk courtyard, gaya arsitektur bangunan, dan fungsi courtyard.

Berapa luas courtyard dan bagaimana bentuknya? Apa fungsi utama courtyard. Apakah digunakan untuk taman, kolam renang, tempat duduk-duduk, atau tempat bekerja? Luas dan bentuk courtyard akan menentukan seberapa besar budget yang akan anda keluarkan saat membangunnya.

Rancangan courtyard tergantung dari gaya arsitetur bangunan, antara lain; gaya taman Islam, taman Tropis, taman Jepang, dan modern. Anda bisa membuat courtyard sesuai dengan tema yang anda inginkan. Jika anda menyukai tema yang sederhana anda bisa menggunakan taman Jepang dan apabila anda menyukai suasana alam yang penuh dengan pepohonan anda bisa menerapkan taman tropis.

Merancang courtyard tentunya membutuhkan trik tersendiri agar dengan luas yang ada bisa mengakomodir apa yang kita inginkan. Berikut beberapa tips saat anda akan membuat courtyard agar rumah tampil makin menarik :

1.      Area courtyard dengan luas terbatas

Jika anda memiliki areal yang terbatas Anda bisa memilih salah satu point penting dalam membuat courtyard apakah itu taman, kolam ikan, atau areal untuk tempat bersantai bersama keluarga seperti tampak pada gambar dibawah.

Courtyard tempat bersantai
Courtyard tempat bersantai

2.      Area taman terletak di bagian tengah courtyard

Taman yang terletak ditengah courtyard akan membuat sirkulasi rumah makin segar dan cahaya akan mudah masuk kedalam rumah sehingga bisa menghemat pemakaian energi listrik. Anda bisa bersantai pada pagi dan malam hari ditempat ini sambil menikmati segarnya udara dari sekitar area taman yang penuh dengan tanaman.

taman tengah courtyard
taman tengah courtyard

3.      Jenis tanaman yang digunakan Pada Courtyard

Ada banyak jenis tanaman yang bisa anda terapkan pada area courtyard seperti pohon Kamboja, tanaman dalam pot, tanaman rambat, semak, perdu, dan tanaman air. Anda bisa menyesuaikan dengan konsep rumah dan taman agar terlihat harmonis. Sebaiknya pilihlah jenis tanaman yang tahan terhadap sinar matahari karena area ini merupakan ruang terbuka dengan akses matahari penuh.

jenis tanaman countryard
jenis tanaman countryard

4.           Courtyyard Kolam Ikan

Bagi anda para pencinta ikan hias, tentunya rumah anda tidak lengkap tanpa kehadiran kolam ikan. Kolam ikan yang ditempatkan pada bagian belakang rumah seperti pada gambar dibawah akan menghadirkan nuansa yang alami dan sejuk.

courtyard kolam ikan
courtyard kolam ikan

5.      Courtyard Belakang Rumah

Anda bisa menghadirkan courtyard pada area belakang rumah dengan menghadirkan konsep rumah tropis yang identik dengan berbagai jenis tanaman tropis, selain bisa menyehatkan juga menjadi tempat untuk menyalurkan hobi anda berkebun. Gunakan tanaman yang tidak membutuhkan sinar matahari penuh seperti aglaonema, anggrek, philodendron, dll.

courtyard belakang rumah
courtyard belakang rumah

6.      Courtyard Ala Jepang

Salah ciri dari taman Jepang adalah air, batu dan tanaman. Anda bisa membuat courtyard pada bagian belakang rumah. Desain simple dan berhubungan dengan alam merupakan konsep yang selalu ada dalam sebuah taman Jepang. Anda bisa mengadopsi konsep tersebut dalam membuat courtyard ala Jepang dirumah anda.

courtyard ala jepang
courtyard ala jepang

7.      Courtyard Ala China

Selain Jepang, China juga terkenal dengan desain courtyard yang dimiliki. kita dapat menyaksikan pada berbagai rumah tradisional dan modern China yang dibangun dengan mengusung konsep courtyard pada desain rumah yang mereka bangun. Sekilas konsep ini hampir mirip dengan konsep taman Jepang.

courtyard ala china
courtyard ala china

Semoga artikel 7 Tips Merancang Courtyard Agar Rumah Makin Menarik dapat bermanfaat dan menambah pengetahuan anda saat mendesain konsep rumah anda.

Related Posts

Posting Komentar