2 Cara Mengatasi Gulma Agar Taman Rumah Tampil Lebih Rapi

Posting Komentar

 cara mengatasi gulma

Griyahome.com – Bagaimana cara mengatasi gulma? Gulma merupakan tanaman yang sering kita temukan tumbuhan di sekitar tanaman utama yang kita tanam secara khusus, boleh dikata keberadaan gulma sangat tidak diharapkan karena dapat mengganggu pertumbuhan rumput dan tanaman kesayangan kita. Bukan cuma mengganggu tapi gulma bisa menjadi sarang hama dan penyakit tanaman. Untuk itu perlu dilakukan penyiangan gulma secara berkala agar taman terlihat lebih rapi. Taman yang penuh dengan gulma akan terlihat seperti tidak terawat dan terkesan kurang menarik.

Agar tanaman tumbuh subur, maka perlu dilakukan penggemburan dan penyiangan (mencabut tanaman penganggu). Penggemburan dilakukan agar sirkulasi udara dan air berjalan baik, sehingga akar mudah mendapatkan nutrisi dan air tidak terjebak pada tanah yang padat. Penyiangan tanaman antara lain mencabut tanaman yang mati, membuang/memotong tanaman yang terkena penyakit, membuang tanaman yang tidak diinginkan, mengurangi anakan, dan mencabut tanaman gulma yang dapat mengambil nutrisi tanaman utama. Melakukan penyiangan secara berkala dan saat tanaman ini belum terlalu besar jauh lebih memudahkan karena akar tanaman gulma masih tidak terlalu dalam sehingga sangat mudah untuk dicabut.

Kita tentunya sering menemukan berbagai tanaman disekitar tanaman kita dan muncul secara alami. Tanaman gulma yang menganggu tanaman bermacam-macam antara lain

(1) rumput, dengan ciri-ciri, batang bulat atau agak pipih, berongga, daun soliter pada buku-buku, bertulang daun sejajar, terdiri atas dua bagian, yaitu pelepah daun dan helaian daun.

(2) teki (sedges), batang berbentuk segitiga, bulat dan tidak berongga. Daun tersusun dalam tiga deretan, tidak memiliki lidah-lidah daun (ligula).

(3) Berdaun lebar (broad leaves) contohnya : putri malu, ciplukan, wedusan, dan berbagai tanaman lainnya.

Penyiangan gulma dilakukan dengan 2 cara ; (1). Manual (mencabut tanaman penganggu sampai akar dengan tangan atau alat bantu). (2). Kimiawi (menggunakan herbisida).

1.      Penyiangan gulma dengan cara manual

Mencabut gulma (tanamanpengganggu sampai ke akar-akarnya (stolon) dengan tangan atau menggunakan alat bantu, seperti cangkul, koret, arit, atau garpu tanah kecil. Usahakan tidak ada akar yang tertinggal pada saat mencabut tanaman, agar gulma tidak tumbuh lagi. Metode pencabutan gulma dilakukan pada tanaman semak dan rumput (tanaman gulma berupa rumput liar dan teki).

Rumput liar (gulma) pada rumput harus segera dicabut (disiangi), karena pertumbuhan rumput liar sangat cepat dan subur, terutama pada musim hujan. Rumput liar mengganggu pertumbuhan rumput dan dapat menyebabkan rumput mati.

Gulma berdaun lebar mempunyai perakaran yang dalam (seperti pohon), sehingga perlu dilakukan penyiangan/pencabutan agar akar tumbuh tidak terlalu dalam. Jika gulma berdaun lebar sudah tumbuh dan berakar dalam maka akan menyulitkan proses pencabutan, disamping itu jika dipaksakan akan menyebabkan tanah yang melengket pada akar akan ikut terangkat. Pada taman rumput biasanya akan menyebabkan ruang kosong yang terlihat kurang baik, dibutuhkan beberapa minggu hingga tertutup sempurna.

Gulma yang terdapat pada tanaman di dalam pot, dilakukan dengan mencabut gulma sampai ke akar-akarnya. Jika, gulma sudah terlalu banyak dapat dilakukan pengambilan sebagian tanah di bagian atas, setelah itu ditambahkan kompos/tanah baru setinggi tanah yang telah diambil.

Pada saat mencabut gulma dengan menggunakan alat (garpu kecil dan arit), jangan merusak akar tanaman karena dapat menyebabkan stress.

2.      Penyiangan gulma dengan cara kimiawi

Penyiangan gulma dengan cara kimiawi, herbisida, dilakukan pada area sekitar pohon atau area pemasangan paving blok dan bisa juga pada sekitar stepping stone.  Hati-hati dalam menggunakan herbisida, karena dapat membunuh tanaman utama. Herbisida tidak disarankan digunakan untuk tanaman semak dan hamparan rumput, karena dapat membunuh tanaman utama. Opsi ini dilakukan jika luas areal gulma yang ingin dibersihkan cukup luas tetapi jika areal taman tidak terlalu luas sebaiknya menggunakan cara manual yang jauh lebih aman dan sehat.

penyiangan gulma secara kimiawi
Gambar penyiangan gulma secara kimiawi

Semoga artikel 2 Cara Mengatasi Gulma Agar Taman Rumah Tampil Lebih Rapi dapat bermanfaat dan menambah pengetahuan anda tentang cara merawat taman agar tampil lebih rapi dan menarik.

Related Posts

Posting Komentar