5 Cara Memilih Cat Tembok Sesuai Area Ruangan

Posting Komentar

 cara memilih cat tembok

Griyahome.com - Bagaimana cara memilih cat tembok sesuai dengan area ruangan? Memiliki rumah yang nyaman tentu menjadi impian setiap keluarga. Salah satu faktor yang bisa memberikan nuansa kenyamanan di rumah pada pemiliknya adalah warna dinding atau pemilihan cat dinding di rumah. Warna dinding memang ternyata akan sangat berpengaruh pada kenyamanan suasana rumah, dimana pemilihan warna pada setiap ruangan di rumah tentu memerlukan banyak pertimbangan dan tidak bisa sembarangan. Lalu, bagaimana cara memilih cat tembok sesuai wilayah di atau ruangan di rumah? Yuk simak beberapa tips memilih cat dinding untuk membuat rumah semakin nyaman.

Sebelum anda memulai mengecat rumah anda bisa menggunakan bantuan tabel warna untuk melihat pilihan warna cat yang tersedia untuk memudahkan anda melihat berbagai contoh warna yang bisa anda terapkan. Jika warna yang anda inginkan tidak tersedia anda bisa meminta untuk mencampur warna cat khusus sesuai dengan keinginan anda, ada toko-toko cat yang khusus bisa memenuhi warna cat favorit anda dengan menggunakan mesin pencampur cat. Berikut beberapa cara memilih cat tembok sesuai wilayah ruangan rumah:

1.      Cat Tembok Area Kamar

Kamar menjadi ruangan dimana tempat kita beristirahat, sehingga untuk mendapatkan istirahat yang berkualitas maka harus didukung dengan suasana kamar yang nyaman dan sesuai dengan apa yang diinginkan pemiliknya, salah satunya adalah dalam pemilihan cat kamar. Tips memilih cat dinding ini bisa menyesuaikan dengan warna favorit pemilik kamar, dimana warna tersebut bisa mencerminkan kepribadian dari pemilik kamar itu sendiri. Untuk kamar anak misalnya, sebaiknya tanyakan terlebih dahulu pada anak warna apa yang ia sukai. Untuk anak perempuan biasanya akan lebih suka dengan warna cerah seperti warna kuning dan merah muda, sementara untuk anak laki-laki biasanya identik dengan warna biru dan hijau.

cat tembok area kamar
Gambar cat tembok area kamar

2.      Cat Tembok Area Dapur

Cara memilih cat tembok sesuai wilayah, untuk bagian wilayah dapur, sebaiknya hindari cat berwarna putih. Dapur merupakan tempat yang beresiko lebih cepat kotor dibandingkan ruangan lainnya. Untuk itu disarankan menggunakan cat dengan warna yang sedikit gelap agar tidak terlalu kentara saat dinding terkena cipratan minyak, tepung, atau bahan memasak lainnya yang tidak sengaja tercecer.

cat tembok area dapur
Gambar cat tembok area dapur

3.      Cat Tembok Ruang Keluarga

Cara memilih cat tembok sesuai wilayah berikutnya adalah wilayah ruang keluarga. Ruangan satu ini menjadi ruangan penting yang harus ada di rumah, dimana di ruang keluarga inilah semua anggota keluarga bisa menghabiskan waktu bersama untuk saling berkomunikasi satu sama lain. Untuk membuat suasana berkumpul keluarga menjadi lebih hangat, hal ini bisa didukung dengan pemilihan warna ruangan. Pemilihan warna ruang tengah yang direkomendasikan misalnya adalah warna krem, dan warna soft lainnya.

cat tembok area keluarga
Gambar cat tembok area keluarga

4.      Cat Tembok Dinding Belakang Rumah

Dinding tembok belakang merupakan batas antara tanah milik kita dengan area lain. Dinding ini dibuat untuk melindungi rumah dari berbagai gangguan. Warna cat yang digunakan sebaiknya berwarna agak gelap agar tidak terlihat kotor oleh debu dan kotoran lain yang mudah menempel. Sebaiknya gunakan cat khusus outdoor agar lebih awet mengingat dinding ini akan terpapar oleh sinar matahari, hujan, dan kotoran secara langsung.

cat tembok area belakang rumah
Gambar cat tembok area belakang rumah

5.           Cat Tembok Depan Rumah

Tips memilih cat dinding yang tak kalah penting adalah dalam memilih cat dinding untuk rumah bagian luar atau bagian depan. Pemilihan cat dinding di halaman depan ini akan sangat berpengaruh pada keindahan arsitektur rumah secara keseluruhan. Untuk membuat rumah terlihat kekinian, warna cat yang tengah populer adalah warna-warna soft yang tidak mencolok, seperti warna krem, cokelat, abu, putih, dan warna lainnya.

Penampilan suatu rumah ditentukan oleh pemilihan kita akan warna cat, apalagi bagian depan rumah merupakan bagian pertama yang akan terlihat oleh setiap orang yang melintas didepan rumah dan gerbang pertama yang dijumpai oleh tamu. Ada banyak pilihan warna cat yang bisa anda terapkan sesuai dengan selera anda, apakah anda menyukai warna lembut atau ceria. Anda bisa melihat berbagai contoh warna dan desain yang bisa anda dapatkan dari berbagai media baik cetak maupun lewat internet.

cat tembok depan rumah
Gambar cat tembok depan rumah

Itulah beberapa tips cara memilih cat tembok sesuai wilayah. Dengan menggunakan pemilihan warna yang tepat untuk rumah anda, pastinya akan menciptakan suasana “homy” yang tentunya akan membuat pemiliknya betah berlama-lama berada di rumah. 

Related Posts

Posting Komentar