Cara Membuat Daun Tanaman Indoor Mengkilap

Posting Komentar

 cara membuat daun mengkilap

Griyahome.com -  Apa saja yang harus dilakukan agar daun tanaman di dalam ruangan (indoor plant) mengkilap? Tanaman yang memiliki daun mengkilap jelas akan kelihatan menarik. Ada beberapa cara yang bisa anda lakukan agar membuat tanaman selalu terlihat sehat dan memiliki daun yang bersih dan terlihat mengkilap. Jika ingin tahu caranya silahkan simak pada artikel dibawah ini.

Rumah tanpa tanaman akan membuat rumah kelihatan gersang dan terasa kurang hidup. Tapi tanaman yang memiliki penampilan buruk juga akan mempengaruhi  keindahan suatu rumah. Salah satu bagian paling penting dari sebuah tanaman adalah daun. Tanaman di dalam ruangan harus sehat dan bersih karena menjadi penghias ruangan, salah satu ciri tanaman sehat adalah memiliki daun yang segar dan terlihat sehat . Daun tanaman yang mengilap akan membuat tanaman menjadi berkilau dan sedap dipandang. Ada dua cara agar daun tanaman mengkilap ; (1) menggunakan produk khusus (leaf shine) untuk mernbuat daun tanaman tampak mengilap, misal produk Chrysal (2) menggunakan bahan-bahan alami, misal susu dan minyak sayur.

Kelebihan mengunakan produk khusus untuk mengilapkan daun adalah mudah, praktis, dan cepat dalam pengerjaan, sedangkan kekurangannya, lebih mahal dan jika digunakan terlalu sering, ujung daun akan menggulung. Selain itu, pori-pori daun tertutup lapisan, sehingga daun menjadi tidak sehat.

Bahan-bahan alami untuk mengilapkan daun, seperti susu dan minyak sayur, membutuhkan waktu lama dalam pengerjaannya, karena daun dilap satu-persatu. Berbeda dengan produk pengilap daun, daun cukup disemprotkan (sprayer).

Sebelum daun dikilapkan dengan produk khusus atau bahan alami, daun harus dibersihkan terlebih dahulu dari kotoran dan debu yang menempel dengan air bersih. Setelah itu diamkan sampai kering.

Bila menggunakan leaf-shine, cukup disemprotkan pada permukaan daun. Semprot secukupnya, jangan berlebihan dan terlalu dekat (jarak daun dan spray). Penggunaan leaf-shine yang terlalu banvak, dan sering, bisa menyebabkan pinggir daun menggulung, sehingga tampilan tanaman menjadi tidak menarik. Penggunaan dengan cara leaf shine dapat dilakukan sebulan sekali, atau ketika tanaman ingin dipajang pada acara-acara khusus.

Bila menggunakan susu, bisa berupa susu atau minyak sayur. Susu yang digunakan susu murni atau susu bubuk yang dilarutkan di dalam air, hindari menggunakan susu manis, karena bisa mendatangkan semut. Susu dioleskan pada daun dengan kapas bersih, oleskan pada sisi atas dan sisi bawah daun. Cara ini, membutuhkan waktu yang lama, karena daun dioles susu satu persatu. Akan tetapi, daun dan tanman lebih segar dan sehat, karena pori-pori daun tidak tertutup lapisan susu atau minyak sayur.

Apa saja jenis tanaman di dalam ruangan (indoor plant) yang daunnya dapat dikilapkan? Jenis tanaman yang mempunyai daun yang indah dan besar, misal Calathea, Dieffenbachia amoena tropic snow, Dracaena, Anthurium, dan Spathiphyllum.

Semoga artikel Cara Membuat Daun Tanaman Indoor Mengkilap dapat bermanfaat dan membuat tanaman anda terlihat semakin menarik dan layak untuk dipajang diruang tamu anda.

 

Related Posts

Posting Komentar