10 Bunga Berwarna Kuning Dan Penataan Pada Taman

Posting Komentar

 bunga berwarna kuning

Griyahome.com – Tanaman dengan bunga berwarna kuning dapat memberikan kesan segar pada taman. Ada tanaman yang mempunyai bunga kecil, tapi menarik, seperti Iris. Kana yang mempunyai bunga yang besar dan berwarna kuning cerah dan beberapa jenis tanaman dengan bunga berwarna kuning yang tampil tidak kalah menarik. Tanaman bunga kuning melambangkan persahabatan, kabar baik dan kemakmuran sehingga sering ditanam sebagai penghias taman dirumah ataupun tempat usaha.

Tanaman yang memiliki bunga berwarna kuning akan tampil semarak dan ceria karena warnanya yang terlihat cerah dan dapat saling bersinergi dengan warna daun tanaman dan rumput taman berwarna hijau. Berikut beberapa jenis tanaman yang memiliki bunga berwarna kuning yang dapat anda jadikan pilihan untuk taman rumah anda:

1.      Bunga tasbih - Kana (Canna)

Kana dengan bunga warna kuning dapat dirancang di depan dinding, berguna untuk melembutkan dinding, dirancang dalam bentuk linier. Kana mempunyai tinggi antara 80-150 cm, sehingga dapat dijadikan sebagai pagar pembatas area.

bunga tasbih
Gambar Bunga tasbih 

2.      Krosandra (Crossandra infundibuliformis)

Krosandra mempunyai dua warna kuning dan oranye. Krosandra dapat menjadi bagian dari komposisi taman, yang terdiri dari alas (ground cover), semak rendah, semak tinggi, dan pohon. Krosandra ditanaman dalam kelompok besar atau kelompok kecil.

krosandra
Gambar Krosandra 

3.      Kamboja (Plumeria)

Kamboja dapat dirancang di kolam renang, di depan rumah, atau di halaman belakang rumah. Pohon kamboja mempunyai tajuk yang jarang (tidak rapat), sehingga tajuk pohon tidak menutupi fasad bangunan. Tanaman ini tidak sering menggugurkan daun. Kamboja dapat dirancang sebagai individu, atau kelompok dengan pola linier.

bunga kamboja
Gambar bunga kamboja

4.      Aster (Asteriscus maritimus)

Aster merupakan jenis tanaman bunga potong. Aster dapat dijadikan bagian dari komposisi taman. Pada taman tematik (species yang sama), aster akan tampil lebih menarik, dibandingkan ditata dengan jenis tanaman lain.

bunga aster
Gambar bunga aster

5.      Iris ((Trimezia Martinicensis)

Tanaman iris sering digunakan karena mudah ditemukan di penjual tanaman. Iris mudah berbunga di daerah yang terkena sinar matahari sebagian (tidak selalu terkena sinar matahari sepanjang hari). Jika terkena sinar matahari sepanjang hari, daun mudah terbakar. Sedangkan jika berada di bawah naungan, bunga jarang muncul, tapi daun rimbun. Iris dapat dijadikan pembatas antara area yang satu dengan area yang lain. Perancangan tanaman Iris dalam kelompok yang besar lebih menarik dibanding kelompok kecil (kurang dari 10 tanaman).

bunga iris
Gambar bunga iris

6.      Bunga Lilin ((Pachystachys lutea)

Bunga Lilin mempunyai bentuk bunga yang menarik, seperti lilin dan berwarna kuning. Bunga tumbuh hampir di setiap cabang. Bunga lilin merupakan tanaman semak tinggi dan dapat menjadi bagian dari komposisi taman (ditata dengan jenis tanaman lain).

bunga lilin
Gambar bunga lilin

7.      Bunga terompet (Brugmansia)

Bunga terompet (Brugmansia) tumbuh di dataran tinggi, Bunga terompet mengarah ke tanah (menggantung). Tanaman ini dapat dirancang sebagai individu atau berkelompok membentuk linier. Tanaman ini merupakan tanaman semak tinggi. Cuma ada harus sedikit berhati-hati terhadap tanaman ini karena dibalik keindahannya tersimpan bahaya yang terdapat pada kelopak bunganya.

bunga terompet
Gambar bunga terompet

8.      Bunga Matahari (Helianthus annuus)

Bunga matahari memiliki kelopak bunga yang cukup besar dan menonjol sehingga sangat cocok untuk ditanam secara berkelompok didalam sebuah taman, tapi jika anda ingin menanamnya secara individu dalam pot tanaman ini juga bisa tampil menarik, tetapi sebaiknya gunakan pot yang cukup besar karena tanaman ini bisa tumbuh hingga 2-5 meter tergantung jenisnya. Bunga ini bisa memberi kesan yang kuat pada sebuah taman tropis.  Selain bisa diolah menjadi minyak, daun dan bijinya bisa menjadi pakan ternak.

bunga matahari
Gambar bunga matahari

9.      Bunga Dahlia (Dahlia sp)

Meksiko meruapakan asal bunga cantik ini, ada ratusan kultivar dahlia yang bisa anda dapatkan. Bunganya yang berwarna cerah bisa menghidupkan suasana taman dirumah agar tampil lebih semarak. Selain warna kuning ada berbagai warna menarik yang bisa anda koleksi. Anda bisa menjadikannya border pada sebuah taman atau ditanam secara individu.

bunga dahlia
Gambar bunga dahlia

10.      Anggrek Kuning

Anggrek merupakan salah satu jenis tanaman yang banyak dibudidayakan diseluruh dunia, ada ribuan jenis anggrek yang telah dikembangbiakkan oleh para peneliti. Anggrek kuning bisa menghidupkan taman anda dengan warna cerah dan anda bisa mendapatkan anggrek berwarna kuning dengan berbagai motif dan bentuk yang sangat cantik dan unik. Anggrek bisa ditempatkan diantara batang tanaman buah ataupun dipajang dalam rak bertingkat, saat berbunga anggrek akan tampil atraktif.

anggrek kuning
Gambar anggrek kuning

Semoga artikel 10 Bunga Berwarna Kuning Dan Penataan Pada Taman dapat menginspirasi anda saat akan memilih jenis tanaman untuk taman dirumah anda. Selamat mencoba!

 

Related Posts

Posting Komentar