7 Tips Menghindari Tabung Gas Meledak Yang Perlu Anda Ketahui

Posting Komentar

 

tips menghindari tabung gas meledak

Griyahome.com – Bagaimana cara menghindari tabung gas meledak yang sering mengakibatkan terjadinya kebakaran? Kita sering mendengar bagaimana si jago merah melahap suatu pemukinan dengan begitu hebatnya setelah diselidiki ternyata penyebabnya adalah tabung gas yang meledak dirumah seorang warga. Hal ini sedikit mengkhawatirkan masyarakat menggunakan tabung gas terutama tabung gas berukuran 3 kg. Jangan panik!. Ikuti saja tips menghindari tabung gas meledak pada artikel dibawah ini.

Kebakaran tentunya menjadi momok yang menakutkan bagi semua orang, hanya dalam sekejap semua harta benda yang terkumpul bisa rata dengan tanah. Bukan cuma harta benda saja yang kadang lenyap tetapi korban jiwa juga kerap menjadi korban keganasan sijago merah. Selain korsleting listrik yang menjadi sumber pemicu, tabung gas juga menjadi tersangka dalam kasus kebakaran rumah. Ada banyak kasus dimana ledakan tabung gas memicu terjadinya kebakaran hebat. Tabung gas seolah-olah bom waktu yang terpasang dirumah dan siap meledak jika kita tidak tahu cara menjinakkannya.

Sebelum melangkah lebih jauh ada baiknya kita mengenal bagian-bagian penting dari tabung gas untuk mengetahui fungsi dan cara pemasangan yang benar antara lain :

1.      Tabung Gas

Tabung gas merupakan sumber bahan bakar saat akan melakukan proses masak-memasak. Selain praktis digunakan harganya pun cukup terjangkau masyarakat meskipun keberadaannya sering langka. Tabung gas memiliki berat bervariasi mulai dari 3 kg, 12 kg dan 50 kg. Tabung gas 3 kg merupakan yang paling banyak digunakan masyarakat.

2.      Selang Penghubung

Selang yang umumnya dipakai adalah selang karet yang menghubungkan antara kompor dan tabung gas. Saat ini tersedia pembungkus selang yang terbuat dari bahan elastic seperti alumunium yang dapat mencegah terjadinya kerusakan pada selang baik diakibatkan oleh gesekan maupun gigitan tikus.

selang tabung gas
Gambar Selang  Tabung Gas

3.           Valve regulator

Berfungsi sebagai penghubung dengan tabung gas dimana pada bagian tengah terdapat katup untuk membuka gas agar mengalir menuju ke kompor.

regulator gas
Gambar Regulator Gas

4.           Klep

Alat kontrol mulut regulator untuk membuka dan mengunci regulator ketika terpasang pada pada tabung gas. Saat memasangnya putar klep 900 searah jarum jam. Jika sudah terpasang putar kearah sebaliknya.

Untuk memastikan tabung gas berfungsi dengan aman perhatikan cara pemasangan regulator yang benar.

Setelah mengetahui bagian-bagian sebuah tabung gas dan cara pemakaiannya yang benar maka kita bisa mencegah ledakan tabung gas dengan memperhatikan beberapa hal dibawah ini :

1.           Menggunakan Alat Sesuai SNI

Bagian bagian tabung gas seperti yang disebutkan diatas (regulator, klep, selang) harus sesuai standar SNI. Banyaknya barang-barang palsu yang beredar dengan harga murah membuat banyak masyarakat terkecoh dan membelinya. Alat yang tidak sesuai standar SNI jelas sangat beresiko karena tidak memiliki standar keamanan, Berbeda dengan peralatan yang telah melewati standar SNI karena telah melewati berbagai pemeriksaan mutu dan kualitas barang oleh pihak perusahaan sehingga keamanannya bisa terjamin.

2.           Pasang Semua Perlengkapan Tabung Gas Secara Benar

Pada saat anda membeli tabung gas dan hendak memasangnya, periksa setiap bagian. Apakah sudah terpasang dengan baik dan tidak kendor? Apakah tidak ada bunyi mendesis atau bau yang tercium? Apakah selang tidak dalam keadaan tertekuk ? Setelah semuanya ok, lakukan pengujian dengan mencoba menyalakan kompor selama beberapa saat dan jika semuanya aman-aman saja maka matikan kompor. Kompor anda siap untuk digunakan.

3.           Periksa Semua Perlengkapan Tabung Gas

Pemeriksaan secara berkala terhadap segala perlengkapan tabung menjadi salah satu hal yang perlu diperhatikan. Periksa regulator, selang, klep, seal apakah masih layak untuk digunakan. Pemakaian dalam jangka panjang akan menurunkan kualitas suatu barang dan bisa mengalami kerusakan tanpa kita sadari. Selang yang berumur atau digigit tikus bisa menyebabkan kebocoran gas dan sangat riskan untuk digunakan.

4.            Waspada Terhadap Bau Gas

Mungkin banyak dari pembaca yang pernah menemukan kasus dimana pada saat akan ke dapur untuk memasak tercium bau gas yang memenhuhi ruang dapur. Jika anda menemukan hal seperti ini jangan nyalakan apapun seperti lampu, kompor, korek gas, dll yang dapat memicu terjadinya kebakaran. Satu hal yang perlu diingat bahwa bau yang berasal dari gas menjadi indikator bahwa terjadi kebocoran gas dan oleh sebab itu kita jangan panik. Untuk mengatasi hal ini periksa langsung tabung gas, regulator, selang dan bagian kompor untuk mengetahui penyebab dan asal bau gas berada. Jangan memaksakan menggunakan kompor jika belum mengetahui penyebab kebocoran  dan mengatasi gas yang bocor.

5.           Tutup Tabung dengan Kain Basah

Ini merupakan salah satu tips sederhana yang bisa anda lakukan dirumah. Caranya cukup mudah ambillah sebuah kain atau handuk lalu kemudian bilas dengan air kemudian peras. Kain/handuk yang sudah dalam keadaan basah bisa anda gunakan untuk menutup permukaan regulator hingga tertutup rapat, hal ini berfungsi jika sewaktu-waktu terjadinya kebocoran gas yang keluar tidak mudah terpancing oleh sumber api. Begitupun jika seandainya kita menemukan api kecil yang membakar pada permukaan regulator, matikan api dengan menggunakan kain/handuk basah yang ditutupkan pada sumber api.

6.           Jangan Dekatkan Tabung Gas dengan Sumber Api dan Panas

Jika anda ingin meletakkan tabung gas pastikan bahwa benda-benda didekatnya bukan merupakan sumber panas seperti dispenser, rice cooker, dsb. Begitupun jika tabung gas yang kita miliki lebih dari satu  kompor usahakan ada jarak antar keduanya. Kebocoran gas yang terjadi tiba-tiba dapat menarik sumber api yang berada didekatnya dan akibatnya bisa fatal. Jika terjadi kondisi demikian ingat selalu untuk tidak panik. Lepaskan regulator yang terpasang pada tabung gas sesegera mungkin untuk memutus proses terjadinya api. Jangan pernah lari dan meninggalkan tabung gas yang sementara terbakar karena hal ini dapat menyebabkan nyala api yang semakin besar. Untuk cara mengatasinya  yang lebih jelas anda bisa menonton berbagai videonya di youtube.

7.           Sirkulasi Ventilasi Dapur

Dapur yang baik adalah dapur yang memiliki sirkulasi udara yang baik. Ada proses keluar masuk udara yang berjalan sempurna sehingga saat terjadi kebocoran gas, gas akan mengalir keluar dan tidak menumpuk didapur sehingga resiko ledakan gas dapat diminimalisir.

Semoga 7 Tips Menghindari Tabung Gas Meledak Perlu Anda Ketahui diatas dapat bermanfaat  dan mencegah terjadinya kebakaran pada rumah anda.

 

 

 

 

Related Posts

Posting Komentar