Pilih Beli Mobil atau Rumah? Simak 3 tips ini Sebelum Membelinya

Posting Komentar

 

Pilih Beli Mobil atau Rumah

Idebisnisanda.com – Pilih beli mobil atau rumah lebih dulu ? hal ini sering menjadi dilema saat kehidupan ekonomi telah membaik dan mengalami peningkatan. Membeli langsung keduanya tentu tidak ada masalah jika keuangan anda tidak bermasalah, tapi jika masih belum bisa melakukannya sebaiknya jangan dipaksakan untuk menghindari masalah keuangan. Pilihlah salah satu yang betul-betul menjadi kebutuhan anda.

Hidup memang penuh dengan dinamika. Seiring bertambahnya usia hingga peningkatan kinerja yang mendorong meningkatnya gaji, memunculkan kebutuhan kebutuhan baru yang harus di wujudkan. Misalnya saja membeli rumah dan mobil.

Sudah tentu membeli rumah maupun mobil membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Walaupun saat ini membeli mobil dan rumah tidaklah sesulit dahulu, hanya dengan down payment (DP) sebesar 30% dari harga total, Anda bisa punya mobil maupun rumah. Namun membeli keduanya secara langsung tentunya akan memberatkan keuangan Anda. Lantas beli rumah atau mobil dulu? Pertanyaan tersebut sering muncul di benak kita. Sebenarnya kebutuhan membeli rumah atau mobil terlebih dahulu tergantung dari keputusan Anda, Namun semua itu harus di sesuaikan dengan kondisi keuangan Anda. Yang perlu diperhatikan ialah jangan sampai Anda mempunyai utang yang yang jumlahnya lebih dari 30% dari total pemasukan. Bagi Anda yang masih bingung mengenai membeli rumah atau mobil dahulu, berikut 3 tips untuk Anda yang kami bedakan berdasarkan kategori status

1.      Single

Kategori ini sangat memungkinkan memilih untuk membeli mobil terlebih dahulu. Dengan berbagai macam alasan tertentu, mereka masih belum memikirkan kebutuhan rumah karena kebanyakan dari mereka yang masih muda masih menumpang bersama dengan orang tua atau menyewa kontrakan atau apartemen. Kategori ini juga masih di sibukkan dengan karir dan teman temannya. Fasilitas mobil jadi penunjang mereka untuk bersolisasi atau cuma sekedar bergaya dengan mobilnya.

2.      Berencana Menikah

Bagi Anda yang berencana menikah, tentunya hal ini cukup berat bagi Anda. Rumah dan mobil menjadi kebutuhan yang penting setelah Anda menikah. Biasanya yang jadi solusi adalah mencicil mobil terlebih dahulu setelah menikah dan tetap tinggal di rumah orang tua dalam rangka menabung untuk membeli rumah. Cara ini cukup efektif untuk sebagian pasangan. Namun terkadang ada juga yang gagal menabung karena uangnya habis untuk biaya jalan jalan atau perawatan mobil.

3.      Sudah Menikah dan Punya Anak

Bagi Anda yang sudah menikah dan mempunyai anak, sangat di sarankan memiliki rumah terlebih dahulu. Kontrak atau tinggal di rumah mertua terus menerus juga tidak baik, terutama jika Anda mempunyai jumlah anggota yang tak sedikit. Jika Anda nekat untuk membeli mobil dengan alasan DP rendah, itu sama artinya bunuh diri karena mereka tidak akan memiliki rumah sampai kapan pun. Solusi terbaik Anda adalah mencari KPR yang tepat dan sesuai dengan kondisi keuangan keluarga.

Semoga artikel Pilih Beli Mobil atau Rumah? Simak 3 tips Sebelum Membelinya dapat bermanfaat dan membantu anda memutuskan mana yang terbaik yang menjadi pilihan anda.

 

Related Posts

Posting Komentar