Cara Memilih Kursi Rotan Papasan Yang Baik

Posting Komentar

 Kursi Rotan Papasan

Griyahome.com - Bagaimana cara memilih kursi rotan papasan yang baik? Kursi rotan papasan sudah ada sejak dulu tetapi mungkin jarang kita dengar dan saya yakin diantara pembaca ada yang baru pertama kali mendengar istilah papasan. Di negara negara Asia, mereka telah digunakan selama beberapa abad tetapi di Amerika Serikat dan negara negara barat lainnya, kursi papasan menjadi populer saat dibawa pulang oleh tentara perang dunia II.

Kursi unik ini memiliki beberapa nama, seperti kursi mangkuk, kursi bulan, atau kursi satelit dan sering juga disebut kursi mamasan.  Jika Anda pernah melihat kursi papasan, akan jelas mengapa mereka diberi nama seperti itu. Kursi papasan berbentuk kursi besar dan bundar sempurna yang terbuat dari rotan yang terletak di atas alas yang juga terbuat dari rotan dan diberi bantalan yang diisi bulu kapas atau bahan lain yang membuatnya sangat empuk.

Fitur paling menonjol dari kursi papasan, di samping desainnya yang unik, adalah tingkat kenyamanan yang mereka tawarkan dan bobotnya yang ringan membuat mereka sangat mudah untuk dipindahkan di sekitar rumah. Karena fitur fitur ini, banyak orang lebih menyukai kursi papasan daripada jenis kursi lain di luar sana. Kursi santai rotan ini paling cocok digunakan saat lagi santai dan bermalas-malasan.

Kursi papasan atau mamasan terdiri atas berbagai model yang bisa anda pilih sesuai selera. Namun ada beberapa elemen penting yang perlu anda pertimbangkan sebelum membelinya seperti ukuran kursi,  jenis bahan, warna dan sebagainya.

Memilih Ukuran yang Tepat

Sebagian besar produsen kursi papasan membuat kursi dalam ukuran standar dengan diameter sekitar 42“. Namun, ada juga perusahaan lain yang tidak mengikuti standar, membuat kursi yang lebih besar atau lebih kecil. Ada juga yang disebut kursi mamasan, yang pada dasarnya adalah kursi-kursi papasan yang dibuat untuk menampung dua orang dan berbentuk oval.

Disarankan agar Anda membeli papasan dalam ukuran standar sehingga Anda tidak akan mengalami masalah jika Anda perlu mengganti bantal di lain waktu. Jika kursi papasan yang anda dibeli bukan ukuran standar maka saat pergantian, Anda harus memesan bantal pengganti khusus, atau bahkan membuat sendiri, karena sebagian besar bantal papasan yang dijual di toko-toko hanya mengikuti pengukuran standar.

Memilih Bahan yang Tepat

Papasan secara tradisional terbuat dari rotan atau anyaman dan atasnya diberi bantalan tebal yang nyaman. Namun, ada juga beberapa versi modern dari kursi tradisional ini yang terbuat dari bahan lain selain rotan, seperti logam ringan, kayu atau plastik.

Kursi papasan logam dan plastik

Kursi papasan logam dan plastik

Meskipun desain modern menawarkan beberapa keuntungan, seperti tampilan yang lebih modern dan mungkin harga yang lebih murah, kursi papasan yang terbuat dari rotan tetap menjadi pilihan yang lebih baik karena rotan adalah bahan yang memiliki daya tahan lama yang tetap awet dengan perawatan minimal selama bertahun-tahun.

Meski begitu, tidak semua papasan yang terbuat dari rotan memiliki kekuatan dan daya tahan yang sama. Anda masih perlu memeriksa secara detail kualitas bahan  yang digunakan dalam pembuatan kursi jika ingin menemukan perabot yang baik dan awet. Beberapa area penting untuk diperiksa adalah pembungkus yang menyatukan berbagai komponen kursi. Pastikan ini terpasang dengan aman dan tidak akan mudah lepas.

Bantalan Kursi Papasan
Bantalan Kursi Papasan

Tempat Membeli Kursi Papasan

Sejak diperkenalkan sebagai salah satu furniture barbahan baku alami dan klasik, kursi papasan dapat kita temukan diberbagai toko furniture.

Namun, jika Anda ingin menemukan kursi papasan dengan model dan corak yang bergam anda bisa memanfaatkan toko online untuk mencari produk yang sesuai dengan passion anda.. Ada banyak toko online yang dapat membantu Anda menemukan jenis kursi papasan yang Anda inginkan sesuai dengan anggaran Anda. Belanja online akan memudahkan mencari kursi papasan tanpa harus keliling dari satu toko ke toko lain tanpa kepastian akan menemukan produk sesuai keinginan anda. Belanja furniture ditoko online juga akan memudahkan kita membandingkan harga antara toko yang satu dengan yang lainnya, namun selain menawarkan kemudahan tentunya toko online juga tidak luput dari kekurangan dimana kita sulit mengetahui dengan tepat kualitas barang yang kita inginkan karena hanya dilihat lewat foto tanpa memeriksa secara langsung kursi papasan yang kita inginkan. Harga kursi papasan rotan juga beragam tergantung dari kualitas bahan yang digunakan.

Anda harus berhati-hati dalam memilih penjual online sehingga tidak berakhir menjadi korban penipuan internet. Penting juga bagi Anda untuk memeriksa garansi produk sehingga Anda memiliki opsi untuk mengembalikan produk jika produk tersebut rusak.

Setelah Anda menemukan kursi papasan ideal Anda, Anda harus merawatnya dengan benar sehingga Anda dapat menikmati kursi santai anda untuk waktu yang sangat lama.

Semoga Cara Memilih Kursi Rotan Papasan Yang Baik dapat menambah wawasan anda tentang pilihan furniture untuk menghiasi rumah anda.

 

 

Related Posts

Posting Komentar