Kelebihan Dan Kekurangan Atap Miring Rumah Minimalis

Posting Komentar

 Kelebihan Dan Kekurangan Atap Miring

Griyahome.com - Apa kelebihan dan kekurangan atap miring pada rumah minimalis? Atap merupakan salah satu bagian penting pada sebuah rumah.  Bisa anda bayangkan jika suatu rumah tidak memiliki atap yang baik pastinya pada saat hujan seisi rumah bisa kebanjiran air hujan. Salah satu model atap yang banyak digunakan pada rumah minimalis adalah atap miring. Tentunya model atap ini memiliki nilai plus dan minus. Untuk keterangan lebih lengkap silahkan baca artikel dibawah ini .

Kini tren rumah minimalis atap miring mulai booming di masyarakat. Rumah minimalis sangat kental sekali dengan gayanya yang simpel dan elegan. Rumah dengan atap miring terbilang sangat unik dan memiliki gaya khas tersendiri dibandingkan atap rumah jenis perisai, limas ataupun atap pelana. Rumah minimalis atap miring sangat populer untuk rumah-rumah bergaya minimalis modern mewah. Model atap miring terkesan lebih simpel dan elegan.

Rumah minimalis dengan atap miring ini menjadi lebih populer karena kesannya lebih simpel dengan gaya minimalis modern. Bentuk atap yang miring ini adalah berupa sebuah bidang datar yang dimiringkan ke salah satu sisi dengan tumpuan dinding. Nah, biasanya tren rumah beratap miring ini menggunakan elemen bangunan kaca sehingga cahaya matahari secara alami masuk ke dalam rumah.

Adapun keunggulan dari rumah minimalis atap miring ini adalah, sbb:

  1. Bentuknya lebih sederhana dengan struktur yang mudah sehingga tidak membutuhkan banyak material dalam bahan pembuatannya. Yang artinya biaya pembangunan rumah pun bisa terminimalisir.
  2. Bisa memaksimalkan pencahayaan secara alami pada ruangan dengan dipasang elemen-elemen kaca yang terletak diantara dinding dan atap.
  3. Ruangan yang terbentuk pada model rumah minimalis atap miring ini diantara dinding dan atap akan memberikan kesan yang luas.

Diantara keunggulan di atas, ada kelemahan mengaplikasikan rumah minimalis atap miring seperti berikut ini:

  1. Karena bentuk atap ini berbentuk miring hanya di satu sisi saja sehingga dapat mengurangi perlindungan pada sisi yang mempunyai atap lebih tinggi. Solusinya adalah dengan memakai cat eksterior yang tahan cuaca.
  2. Hindari pemasangan bahan kaca dengan menghadap ke arah barat. Hal ini dikarenakan ketika siang dan sore hari paparan sinar matahari lebih panas dibandingkan di pagi hari.

Sehingga, meskipun model atap miring masih digemari banyak orang Anda perlu memperhatikan keunggulan dan kelemahan jika Anda menggunakan model atap miring ini. Selain itu, sesuaikan pemasangan model atap dengan kondisi cuaca dikarenakan konstruksi atau bangunan atap rumah sendiri biasanya dipengaruhi oleh ketebalan atap, instalasi atap dan juga cuaca.

Nah, demikianlah kelebihan dan kekurangan atap miring pada rumah minimalis. Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda!

Related Posts

Posting Komentar