7 Inspirasi Desain Rumah Hemat Energi dan Ramah Lingkungan

Posting Komentar

 Desain  Rumah Hemat Energi dan Ramah Lingkungan

Griyahome.com – Bagaimana cara desain rumah hemat energy dan ramah lingkungan ? Pada saat membangun suatu rumah mungkin kita hanya memperhatikan desain dari sebuah rumah tanpa memperhatikan apakah rumah yang nanti dibuat hemat energi dan ramah lingkungan. Padahal jika kita membangun dengan konsep rumah hemat energi maka banyak hal positif yang akan dirasakan sang pemilik dalam jangka panjang. Ingin tahu apa saja yang perlu diperhatikan saat membuat desain rumah hemat energi ? simak terus artikel ini.

Listrik merupakan sumber energi yang tidak terpisahkan dari kehidupan sehari-hari, hampir semua peralatan yang ada menggunakan listrik sebagai sumber energinya. Nah sudah waktunya energi yang satu ini mulai dihemat karena saat ini masih banyak pembangkit tenaga listrik yang menggunakan sumber energi yang tidak dapat diperbaharui seperti batu bara, minyak dan gas. Sedangkan sumber energi tersebut sudah mulai menipis persediaannya. Dilain pihak penggunaan sumber energi tersebut juga memperburuk kondisi lingkungan karena polusi yang ditimbulkannya.

Desain rumah bisa mempengaruhi jumlah energi listrik yang digunakan. Desain rumah yang berpetak-petak, minim jendela, plafon atau atap rendah dan tidak memiliki ruang terbuka menyebabkan sirkulasi udara terhambat, sehingga udara menjadi pengap. Selain itu cahaya dari luar hanya sedikit yang dapat masuk ke dalam rumah sehingga ruangan terasa gelap. Desain rumah seperti itu boros energi karena harus memasang AC untuk membantu sirkulasi udara dan juga harus menyalakan lampu di siang hari. Pemborosan energi itu bisa dicegah dengan mendesain rumah hemat energi yang lebih green atau ramah lingkungan tanpa mengurangi keindahannya.

Desain Rumah Hemat Energi

Desain Rumah Hemat Energi

Beberapa hal yang dapat dilakukan untuk menciptakan rumah atau bangunan hemat energi :

1. Desain pintu rumah dan jendela yang besar sehingga cahaya yang masuk cukup untuk menerangi ruangan di siang hari. Dapat digunakan pintu geser berkaca lebar yang ditempatkan di sisi samping dan belakang sehingga membantu sirkulasi udara sehingga tidak diperlukan AC di dalam rumah.

2. Desain rumah terbuka dengan kolam ikan di depannya sehingga ketika siang hari udara dingin leluasa masuk ke dalam rumah. Dengan demikian dapat mengurangi penggunaan AC.  AC merupakan salah satu alat elektronik dalam rumah yang cukup banyak menggunakan energi listrik.

3. Jika harus menggunakan AC, batasi aliran udara dari dalam ke luar dan sebaliknya. Minimalkan cahaya yang masuk ke dalam ruangan dan sesuaikan kapasitas AC dengan luas ruangan. Gunakan AC hemat energi.

4. Tinggalkan penggunaan lampu pijar yang tampak indah karena boros energi. Pilihlah desain modern yang menggunakan lampu hemat energi, yang lebih hemat 80% daripada lampu pijar. Saat ini banyak pilihan lampu hemat energy (LED) yang tersedia dipasaran bahkan kita juga bisa menggunakan lampu taman yang menggunakan tenaga matahari sebagai alternative pemanfaatan energy surya.

5. Untuk penataan interior rumah, termasuk dinding, pilihlah warna yang cerah dan terang seperti warna pastel atau putih. Karena warna terang memantulkan cahaya dibanding warna gelap, sehingga lampu dengan watt yang kecil cukup untuk menerangi ruangan.

6. Pemasangan genting kaca pada plafon yang mengekspos ring bulk kuda-kuda, seperti di ruang keluarga, kamar mandi, dapur dan ruang kerja, akan mengurangi konsumsi listrik. Sebab di siang hari tak perlu lagi menyalakan lampu.

7. Tata ulang penerangan di setiap ruangan. Ruangan yang lampunya terlalu terang padahal tempat tersebut tidak digunakan untuk membaca atau bekerja, maka lampunya dapat diganti dengan lampu watt lebih kecil atau jumlah lampu dikurangi. Bijaksanalah dalam menggunakan energi listrik, hemat energi listrik.

Saat Anda akan mendesain rumah, baik itu desain rumah minimalis atau desain rumah modern atau desain rumah bergaya klasik, selalu pertimbangkan hal-hal diatas sebagai cara untuk hemat energi.

Hemat listrik berarti hemat biaya, hemat BBM dan meminimalkan potensi pemadaman bergilir, selain itu dengan hemat listrik berarti kita turut menghemat pemakaian sumber energi tak terbaharukan, mengurangi polusi dan turut menyelamatkan lingkungan.

Semoga artikel Inspirasi Desain Rumah Hemat Energi dan Ramah Lingkungan dapat menginspirasi anda pada saat akan membangun rumah sebagai salah satu upaya menyelamatkan bumi dari pemanasan global.

 

Related Posts

Posting Komentar