12 Desain Interior Rumah Populer Bisa Menjadi Pilihan Anda

Posting Komentar

 desain interior rumah

Griyahome.com  -  Bosan dengan desain interior rumah yang monoton? Kini saatnya Anda memberikan warna baru pada desain rumah agar tampak lebih fresh. Jangan bingung ketika hendak mendekorasi ulang rumah. Karena, ada banyak desain interior rumah yang keren dan unik yang bisa Anda pilih. Seperti ke-12 desain interior rumah populer berikut ini misalnya.

12 Desain Interior Rumah Populer Dan Kekinian

1.           Minimalis

Konsep desain rumah minimalis merupakan salah satu konsep yang paling banyak dianut oleh masyarakat Indonesia. Konsep ini mengedepankan kesederhanaan, tanpa banyak motif maupun latar belakang yang berat. Tingkat akurasi pada desain interior minimalis juga kadang terkesan ekstrim dengan warna gelap, cerah atau mencolok.

Konsep ini juga identik dengan bentuk-bentuk geometris, perabotan yang simple dan terkesan modern. Warna-warna yang digunakan pun cenderung netral sehingga memberi kesan menenangkan. Meski menggunakan perabotan sederhana, namun semua elemen dekoratif tetap berfungsi maksimal.

desain minimalis

Desain Minimalis

2.           Industrial

Penggunaan campuran material mentah dengan dinding unfinished menjadi ciri khas konsep desain rumah industrial. Rumah yang mengusung konsep ini juga sering memiliki langit-langit yang tinggi. Dinding bata ekspos, pelat baja beton, plat stainless steel, cermin serta susunan kabel yang tampak jelas sering menghiasi rumah berdesain industrial.

Penampilan yang terkesan mentah sering membuat rumah berdesain industrial tampak seakan-akan seperti rumah yang belum selesai dibangun. Tapi, disitulah letak keunikannya. Penampilan dinding bata ekspos maupun dinding semen berwarna abu-abu membuat ruangan terasa berkarakter dan sejuk meski tanpa penyejuk udara.

desain rumah industrial

Desain Rumah Indutrial

3.           Rustik

Gaya rustic begitu lekat dengan segala sesuatu yang alami, dan gaya hidup yang “membumi”. Konsep desain rumah rustik sangat mengedepankan unsur alami dengan struktur berdetail kasar. Struktur furnituree maupun bangunan berupa batang pohon, kayu, cabang maupun lainnya mendominasi konsep desain ini. Perabotan maupun elemen dekoratif alami, buatan tangan maupun daur ulang banyak dipakai di rumah bergaya rustik.

Gaya desain rumah rustik banyak dipengaruhi oleh gaya rumah Skandinavia, Inggris dan Perancis. Tak mengherankan jika Anda bisa menemukan rumah bertema rustik di kawasan pedesaan Eropa. Selain elemen kayu, elemen batuan serta warna-warna pastel juga sering diaplikasikan pada rumah bergaya rustik.

desain rumah rustik

Desain Rumah Rustik

4.           Skandinavia

Sederhana, hangat, praktis dan berwarna cerah adalah kesan pertama yang tampak dari desain interior skandinavia. Konsep interior skandinavia atau nordic ini sering menggunakan material-material dari kayu, kaca atau kulit dengan warna netral yang terinspirasi dari alam kawasan nordic.

Konsep desain skandinavia juga terkesan bersih dan rapi. Gaya desain ini lebih mengedepankan fungsi sehingga jauh dari elemen dekoratif yang tak perlu. Tak sedikit pula pengaplikasian gaya desain ini menggunakan material eco-friendly atau menggunakan material lama (re-use).

desain rumah skandinavia
Desain Rumah Skandinavia

5.           Kontemporer

Nuansa hangat dan dingin terasa dalam waktu bersamaan, itulah kesan pertama yang muncul pada desain rumah kontemporer. Desain interior rumah ini merupakan perpaduan antara konsep masa kini dan masa depan. Dominasi warna netral seperti abu-abu, putih, hitam atau krem lembut begitu kuat pada desain kontemporer.

Rumah yang mengadopsi desain kontemporer biasanya bersih dan jarang menggunakan pernak pernik berwarna-warni. Sehingga tak jarang desain ini juga terkesan kaku dan monoton. Tapi, jangan salah, desain ini justru sangat cocok diaplikasikan pada apartemen modern maupun rumah minimalis yang dihuni oleh kaum ekspatriat yang dinamis.

desain rumah kontemporer
Desain Rumah Kontemporer

6.           Coastal Style

Bagi penyuka pantai bisa mencoba gaya coastal style yang kaya akan unsur pantai seperti ombak, pasir, perahu dan cahaya matahari. Gaya interior ini seakan-akan mengingatkan Anda sedang liburan di pantai. Dominasi warna biru dan putih banyak ditemui dalam aplikasi desain gaya coastal style atau nautical bisa diterapkan mulai dari penggunaan lantai kayu, furnituree kuno, rotan, elemen kayu pada pintu, jendela dan furnituree serta warna biru dan keturunannya di dinding. Anda bisa memasukkan elemen dekoratif seperti hiasan berbentuk perahu, jala ikan, pelampung, miniatur mercusuar, ikan dan lainnya.

desain rumah coastal style
Desain Rumah Coastal Style

7.           Bohemian (Boho-Chic)

Gaya bohemian atau boho-chic identik dengan individualitas, tampilan modern, kebebasan dan koleksi warna-warni sebagai wujud dari kebiasaan penghuninya. Tak jarang Anda menemukan furniture antik dan unik yang jarang ditemui di tempat lain ketika memasuki ruangan bergaya bohemian.

Konsep bohemian bertolak belakang dengan konsep minimalis yang teratur. Konsep bohemian justru terkesan tak beraturan. Warna-warna terang yang playful dengan elemen dekoratif bertekstur berbeda sering diaplikasikan pada konsep bohemian. Kombinasi unik seperti peletakkan bantal sofa yang sembarang dengan kain bermotif di sofa bisa menjadi salah satu cara menerapkan konsep bohemian.

desain rumah bohemian
Desain Rumah Bohemian

8.           Shabby Chic

Interior shabby chic yang bermula di Inggris kini tengah populer di Indonesia. Meski kata “shabby” berarti lusuh. Tapi, gaya interior ini jauh dari kesan lusuh bahkan cenderung feminim dan anggun. Mayoritas penggemar gaya ini adalah kaum hawa dan didominasi warna lembut seperti mint, biru muda, beige, putih dan merah muda.

desain rumah shabby chic
Desain Rumah Shabby Chic

9.           Vintage

Kesan kuno tampak dominan pada desain rumah vintage. Konsep desain ini banyak memakai koleksi antik dan peralatan klasik yang telah berusia puluhan tahun. Furniture dengan warna natural juga sering ditemui pada gaya interior vintage. Perabotan dengan motif bunga juga sering dipakai pada desain rumah ini.

desain rumah vintage
Desain Rumah Vintage

10.      Ekletik

Konsep desain interior ekletik merupakan perpaduan dari beberapa jenis gaya desain menjadi satu. Konsep ini menjadi wujud kebebasan berekspresi dan tak ada aturan yang mengikat di dalamnya. Anda bisa bebas berekspresi melakukan mix and match di dalamnya sehingga jauh dari kesan monoton dan membosankan.

Karena konsep ini menggabungkan beragam gaya, maka proses pemilihan dan penataan furniture menjadi krusial. Hal ini dimaksudkan agar ruangan tetap rapi dan tampak menyatu meski berbeda ukuran, warna maupun pola.

desain rumah ekletik
Desain Rumah Ekletik

11.      Hightech Style

Konsep desain hightech style merupakan gaya modern dan inovatif bahkan cenderung memberikan nuansa konsep rumah masa depan. Konsep desain ini lebih menekankan pada bagian struktur furniture dan teknis penciptaan ruang yang fleksibel. Mayoritas warna yang diterapkan pada konsep hightech style adalah hitam, abu-abu, silver dan putih.

Jenis furniture yang digunakan dalam konsep ini biasanya mencerminkan konsep modern dengan perpaduan permainan cahaya dan logam berkilau. Tak mengherankan jika Anda akan menemukan furniture yang dipadukan dengan teknologi canggih seperti tempat tidur dengan sistem audio, lemari sistem sensor atau sistem pencahayaan built-in.

desain rumah high tech
Desain Rumah High Tech

12.      Retro

Terakhir, ada desain interior retro yang terinspirasi oleh desain rumah di tahun 50-an, 60-an atau 70-an. Gaya retro biasanya ditandai dengan warna cerah dan dinamis seperti biru, merah atau orange. Gaya desain ini juga sering mengaplikasikan unsur motif geometris, garis, pop art, kotak-kotak maupun struktur lucu.

Ruangan bergaya retro biasanya juga mengedepankan banyak bukaan sehingga terkesan fleksibel. Penggunaan material sintetis, plastik, akrilik, fiberglass dan vinil juga banyak diterapkan pada ruangan berkonsep retro.

desain rumah retro
Desain Rumah Retro

Itulah 12 desain interior rumah populer yang bisa menjadi pilihan inspirasi Anda sebagai konsep dalam melakukan renovasi atau membangun rumah idaman bagi keluarga. Anda tidak perlu bingung lagi dalam memlih desain rumah yang tepat. Semoga bermanfaat!

Related Posts

Posting Komentar