8 Cara Mengurangi Polusi Udara Di Dalam Rumah

Posting Komentar

Cara Mengurangi Polusi Udara

Griyahome.com - Bagaimana cara mengurangi polusi udara didalam rumah? Udara yang bersih tentunya akan membuat seluruh penghuni rumah akan semakin sehat. Tanpa kita sadari ada banyak sumber yang bisa menjadi penyebab terjadinya polusi udara dan penyebab itu bukan hanya datang dari luar rumah tetapi juga terdapat didalam rumah dan jika dibiarkan berlarut maka akan menimbulkan dampak kesehatan yang kurang baik. Untuk itu perlu upaya agar udara didalam rumah menjadi sehat dan menyegarkan.

Sebelum kita lanjut tentang bagaimana cara mengurangi polusi udara ada baiknya kita mengetahui terlebih dahulu apa yang dimaksud dengan polusi agar nantinya kita dapat menanganinya dengan baik.

Polusi dan Penyebab Pencemaran Udara

Polusi adalah perubahan lingkungan yang terjadi akibat aktivitas manusia yang dapat mengganggu keseimbangan alam sehingga tidak berfungsi sebagaimana mestinya dan bisa mengakibatkan masalah kesehatan dan mencemari lingkungan.  Polusi sering juga disebut juga pencemaran dan polusi ini diklasifikasikan dalam berbagai jenis polusi seperti polusi air, polusi udara, polusi tanah, polusi suara. Setiap jenis polusi tersebut memiliki sumber dan penyebab yang berbeda.

Saat ini kita berfokus pada polusi udara yang ada didalam rumah yang bisa berasal dari berbagai sumber seperti asap rokok. Asap kendaraan, asbes, formaldehid dan beberapa zat yang bisa mengakibatkan masalah kesehatan jika terhirup dalam jumlah berlebihan kedalam tubuh. Zat-zat beracun ini umumnya berasal dari bahan-bahan bangunan dan furniture yang berada dalam rumah diantaranya cat tembok, cairan pembersih lantai, pelitru kursi kayu, pembasmi serangga, bahan pemutih pakaian dan berbagai alat rumah tangga yang sering kita gunakan. Zat-zat tersebut tidak bisa terlihat oleh mata dan masuk melalui saluran pernafasan dan akibatnya akan terasa saat kita mulai merasakan gangguan kesehatan seperti sakit kepala, infeksi saluran pernafasan,gatal-gatal pada kulit dan gangguan kesehatan lainnya.

Polusi udara diatas baru berasal dari bahan bangunan dan furniture belum ditambah debu yang berasal dari barang-barang yang lama tidak dibersihkan dan jika anda memiliki alergi atau penyakit asma hal ini tentu saja akan membuat kondisi anda bisa makin buruk, jadi alangkah baiknya jika anda segera melakukan pembenahan terhadap seluruh isi rumah. Jika anda tidak mampu melakukannya dalam sehari karena tuntutan pekerjaan, anda bisa mencicil pekerjaan tersebut setiap hari, luangkan waktu 15 - 45 menit perhari secara bertahap dan anda akan merasakan perubahan setelah melakukannya beberapa waktu.

Berikut ini 7 (tujuh) cara yang bisa anda lakukan untuk mengurangi polusi udara didalam rumah :

1.     Bersihkan Karpet Secara Berkala

Karpet merupakan salah satu penghias rumah yang bisa membuat rumah makin menarik. Namun sayangnya karpet sering diabaikan untuk jangka waktu yang lama. Debu dan kotoran yang melekat pada karpet sering tertinggal dalam waktu yang lama sebelum dilakukan pembersihan. Menggunakan karpet berbulu tidak disarankan bagi anda yang memiliki alergi pada debu untuk mengurangi resiko penyakit. Jika anda ingin tetap menggunakan karpet sebagai penghias rumah gunakan karpet berbahan kanvas dan polypropylene yang lebih aman digunakan. Gunakan jasa pembersih karpet professional secara berkala untuk membersihkan secara menyeluruh dan jika anda memiliki penghisap debu lakukan lebih sering untuk menyedot kotoran dan debu yang melekat pada karpet.

2.      Hadirkan Tanaman Indoor

Ada banyak jenis tanaman indoor yang bisa anda manfaatkan untuk mengurangi polusi yang ada didalam udara. Telah banyak penelitian yang menunjukkan tanaman hias tertentu memiliki kemampuan menyerap polutan yang ada diudara dan hasilnya cukup menakjubkan,jadi mengapa anda tidak memanfaatkannya?. Beberapa tanaman indoor yang bisa anda gunakan dalam mengurangi polusi udara didalam rumah diantaranya Sansevieria atau sering kita sebut dengan lidah mertua, aglaonema, beringin, walisongo, krisan dan berbagai jenis tanaman lain yang anda senangi. Kemampuan beberapa tanaman diatas bahkan bisa mencapai 90% dalam menyerap racun yang ada diudara seperti formaldehid.

3.      Perbaiki Sirkulasi Udara

Sirkulasi udara yang kurang baik akan membuat rumah terasa sumpek dan panas. Sirkulasi yang tidak lancar juga membuat pertukaran hawa dari dan luar rumah tidak berjalan dengan baik dan jika dibiarkan berlarut maka dapat menimbulkan masalah kesehatan. Solusinya adalam memperbanyak bukaan yang ada dirumah seperti menambah jendela, menggunakan lubang angin atau menggunakan exhaust fan untuk mengeluarkan udara dari dalam rumah. Kita bahkan bisa membuat rumah sejuk alami tanpa AC dengan sedikit trik.

4.   Kurangi Penggunaan Produk Aerosol

Produk aerosol (produk semprot yang mengeluarkan partikel halus yang menyebar di udara) merupakan salah satu penyebab munculnya polusi udara di di dalam ruangan. Produk ini biasanya kita temukan pada produk rumah tangga seperti pengharum ruangan. produk pembersih rumah tangga, hair spray. deodorant, minyak wangi dan lainnya. Gunakan seperlunya.

4.      Gunakan Piranti Pengusir Asap

Dapur merupakan salah satu bagian rumah yang sering digunakan untuk memasak dan tentu saja hawa dan asap itu bisa mengakibatkan ruangan terasa pengap dan panas jika tidak ditangani dengan baik. Jika rumah yang anda bangun telah jadi dan sulit untuk diutak-atik maka solusi yang bisa anda gunakan yaitu memasang cookerhood untuk menghisap asap yang keluar saat proses memasak dan membuangnya keluar rumah melalui saluran pipa yang dirancang khusus. Piranti ini memiliki harga yang cukup terjangkau dengan harga 1-2 jutaan anda sudah bisa memiliki alat ini.

6.   Rajin Membersihkan Dinding dan Lantai

 Bersihkan lantai dengan menggunakan kain pel minimal 2 (dua) kali sehari. Jangan lupakan dinding yang bisa menjadi tempat menempel debu dan kotoran.. oleh karena itu saat membersihkan rumah jangan lupa untuk menyapu dinding ruangan juga agar rumah anda terbebas dari kotoran.

7.      Perhatikan Kebersihan Furniture Anda

Furniture seperti kursi, lemari dan meja dirumah anda bisa menjadi tempat melengketnya debu dan kotoran apalagi jika anda memelihara hewan peliharaan seperti anjing dan kucing  yang bebas berkeliaran dan sering bersantai disofa anda dengan tidur-tiduran. Bulu pada hewan peliharaan anda akan mudah melekat pada furniture. Membersihkan secara teratur furniture dirumah dapat meminimalisir polusi berupa debu dan bulu.

8.      Gunakan pembersih / Pemurni Udara Udara

Pembersih udara atau dikenal dengan nama air purifier dapat menjadi solusi jika anda memiliki budget yang cukup. Alat ini memiliki penyaring udara yang dapat menangkap partikel-partikel berbahaya yang ada di udara seperti kutu,tungau,debu,asap rokok, dll yang tersaring dalam filter HEPA  (high -efficiency particulate air) yang berukuran mikro. Anda bisa menyesuaikan alat ini sesuai dengan budget dan luas ruangan yang akan digunakan, umumnya alat ini ditempatkan diruang tidur atau ruang kerja. Ada banyak pilihan pemurni udara yang ditawarkan oleh perusahaan yang berbeda.

Semoga 8 Cara Mengurangi Polusi Udara Di Dalam Rumah dapat bermanfaat dan memberikan solusi buat memperbaiki kualitas udara didalam rumah agar lebih segar dan menyehatkan. Selamat mencoba!

Related Posts

Posting Komentar