Cara Menghemat Listrik Agar Tagihan Tidak Membengkak

Posting Komentar

 Cara Menghemat Listrik Agar Tagihan Tidak Membengkak

Griyahome.com - Pembayaran listrik anda meningkat? Bagaimana cara menghemat listrik agar tagihan listrik tidak membengkak? Sudah tidak bisa di pungkiri lagi, ketergantungan masyarakat terhadap listrik memang cukup tinggi. Sebenarnya, tak hanya listrik saja, bahkan masyarakat kini juga sangat bergantung pada energy energi hasil bumi lain yang tidak dapat diperbaharui. Apalagi saat ini masyarakat sudah mengenal gadget sebagai teknologi modern yang selalu membutuhkan listrik, sehingga tingginya kebutuhan listrik ini membuat kita harus selalu menghemat listrik.

Tentu saja kita harus sadar akan ketergantungan ini, dan tidak menutup kemungkinan suatu saat energi ini juga akan habis dan tidak bisa di produksi lagi. Meskipun sudah ditemukan berbagai energi alternatif lain yang bisa menggantikan listrik, namun jumlah energi alternatif ini di rasa masih kurang bahkan sangat sedikit sekali perusahaan yang memproduksinya kepada masyarakat umum.

Tips hemat listrik

Mengingat bahwa ketersediaan energi listrik ini sangat terbatas, sementara kita selalu menggunakannya tanpa ada batasan, maka untuk mengatasinya adalah dengan pola hidup hemat. Terutama untuk energi listrik yang kerap kali kita memiliki kebiasaan yang kurang baik dalam penggunaannya, bahkan efeknya akan terasa setelah akhir bulan dengan membengkaknya tagihan listrik. Oleh karena itu, untuk menghindari hal tersebut, ada beberapa cara menghemat listrik berikut ini yang bisa Anda terapkan dalam kehidupan sehari-hari

Cabut Kabel atau Peralatan Dari Saklar Saat Tidak Digunakan

Salah satu cara menghemat listrik adalah dengan memastikan  mencabut peralatan yang terpasang pada saklar saat sedang tidak di gunakan. Anda bisa memulainya dengan mencabut pengisi daya gadget, tv, setrika dan barang elektronik lainnya. Saat Anda merasa tidak perlu menggunakan listrik, ada baiknya menghindari kebiasaan meninggalkan barang elektronik dengan kabel yang masih tertancap pada saklar. Listrik tetap akan mengalir dalam kabel yang masih tertancap tersebut. Ini akan membuat listrik Anda terbuang sia sia dan Anda pun juga harus membayar tagihan listrik yang terbuang sia sia tersebut. Untuk itu, lebih baik cabut kabel peralatan elektronik yang tidak Anda gunakan sebagai cara menghemat energi di rumah.

Gunakan Listrik Dengan Sistem Pulsa

Saat ini sudah banyak penggunaan listrik dengan sistem pulsa. Hal ini bisa membantu Anda dalam menghemat pengeluaran tagihan listrik. Listrik dengan sistem pulsa ini sudah di sesuaikan dengan kebutuhan listrik Anda dalam satu bulan. Anda juga akan terbantu dalam mengontrol pemakaian listrik secara berlebihan sehingga membuat Anda bisa lebih bijak lagi dalam menggunakan listrik. Ketika pulsa listrik Anda habis, secara otomatis semua aliran listrik di rumah Anda juga akan terputus. Untuk mengaktifkan kembali, Anda perlu membeli pulsa listrik lagi.

Menghemat Pemakaian Lampu

Pemakaian lampu juga harus Anda perhatikan, siasati kebutuhan penerangan rumah dengan menggunakan lampu seperlunya saja. Manfaatkan penerangan cahaya matahari pada siang hari. Gunakan juga lampu hemat energi yang hanya menggunakan jumlah kebutuhan listrik yang sedikit. Terapkan aturan penggunaan lampu dengan mematikan setidaknya dua lampu pada jam 5 sore hingga pukul 8 malam. Dari siasat pengendalian listrik tersebut akan membantu Anda dalam mengurangi ketergantungan Anda terhadap listrik dan tentu saja bisa menekan biaya tagihan listrik bulanan

Menggunakan AC Seperlunya

Salah satu peralatan elektronik yang membutuhkan listrik lebih banyak adalah mesin pendingin. Jika di rumah Anda menggunakan AC, lebih baik pakai AC yang hemat energi dengan kemampuan menaikkan suhu atau menurunkan suhu secara otomatis ketika ruangan sedang tidak di gunakan. Sesuaikan suhu AC dengan luas ruangan serta jumlah orang dalam ruangan.

Selain AC, pendingin makanan atau kulkas juga harus Anda perhatikan. Hindari mengisi kulkas terlalu penuh, sebab kulkas akan selalu menyesuaikan suhu dengan banyaknya barang yang ada alam kulkas tersebut. Hindari juga sering membuka pintu kulkas untuk jangka waktu lama karena mesin kulkas juga akan menyesuaikan suhu di dalam dan di luar kulkas yang pada akhirnya akan menggunakan listrik yang lebih besar.

Matikan Alat Elektronik Ketika Tidur

Di saat Anda sedang tidur, sebaiknya selalu matikan berbagai peralatan elektronik yang tidak Anda gunakan. Misalnya tv, lampu, gadeget yang sedang dalam pengisian baterai dan lain sebagainya. TV yang masih menyala saat tidak ada yang menontonnya jelas membuat tagihan listrik Anda membengkak. Begitu juga dengan penggunaan lampu, sebaiknya lampu di matikan ketika Anda sedang tidur. Selain menghemat listrik, juga bisa merilekskan tubuh Anda sehingga Anda pun bisa beristirahat dengan nyaman.

Semoga artikel Cara Menghemat Listrik Agar Tagihan Tidak Membengkak dapat bermanfaat dan menambah pengetahuan tentang cara menghemat listrik dalam kehidupan sehari-hari.

 

 

Related Posts

Posting Komentar