Panduan Proses Klaim Asuransi Kebakaran Rumah

Posting Komentar

 Asuransi Kebakaran Rumah

Griyahome.com - Bagaimana proses klaim asuransi kebakaran rumah? Proses tersebut harus sesuai dengan perjanjian di awal kontrak. Apabila pihak yang tak tertanggung ikut terkena musibah, perusahaan asuransi tak akan mengganti kerugian terhadap sesuatu yang tak tertanggung seperti perjanjian awal yang telah disepakati kedua belah pihak. Mungkin banyak yang belum mengetahui apa saja yang diperlukan jika ingin melakukan klaim jika seandainya seseorang terkena musibah kebakaran rumah. Artikel dibawah akan membantu mempersiapkan langkah-langkah yang anda perlukan dalam melakukan klaim asuransi kebakaran rumah.

Manfaat Asuransi kebakaran

Mengapa anda perlu memiliki asuransi kebakaran? Asuransi kebakaran rumah sangat penting dimiliki demi menjaga keamanan dan kenyamanan penghuni rumah tersebut dimana asuransi kebakaran bisa melindungi aset aset berharga Anda. Jika sewaktu waktu terjadi musibah, asuransi ini sangat bermanfaat untuk melindungi harta benda Anda yang berada di dalamnya.

Kebakaran rumah biasanya terjadi disaat kita sedang tidak berada dirumah ataupun terjadi saat kita sedang terlelap dan akibat terburuk dari kejadian ini adalah rumah yang terbakar bisa rata dengan tanah beserta dengan harta benda yang berada didalamnya dan hanya menyisakan puing-puing abu.

Semua orang tentunya tidak ingin terjadi musibah didalam hidupnya tetapi kenyataan kadang berkata lain, untuk mengantisipasi hal hal yang tidak terduga kita mesti mempersiapkan segala sesuatu dengan baik dan salah satunya adalah dengan memberikan perlindungan rumah dengan asuransi.

Asuransi kebakaran rumah meliputi berbagai hal yang bisa terjadi atas rumah anda seperti petir, ledakan yang diakibatkan tabung gas (kecuali nuklir), kebakaran yang berasal dari internal maupun eksternal rumah, bahkan seandainya pesawat terbang jatuh keatas rumah anda maka pihak asuransi akan mengganti sesuai kontrak yang berlaku.

Jika anda memiliki budget lebih anda bahkan bisa memperluas perlindungan yang diberikan pihak asuransi seperti kerusuhan, aksi terorisme, bencana alam, kejahatan, banjir, dll. Untuk lebih jelasnya anda bisa menghubungi perusahaan asuransi yang akan dengan senang hati memberikan penjelasan lengkap kepada calon nasabahnya. Ada banyak perusahaan asuransi kebakaran terbaik yang bisa anda pilih sesuai dengan kebutuhan anda.

Langkah-langkah Melakukan Klaim Asuransi Kebakaran Rumah

Perusahaan asuransi akan mengganti kerusakan yang ditimbulkan akibat musibah kebakaran rumah dengan syarat berkas anda memenuhi persyaratan. Berikut panduan proses klaim asuransi yang bisa Anda pelajari :

Lapor 3 x 24 jam setelah kejadian

Anda harus segera melaporkan kejadian yang terjadi pada rumah Anda kepada petugas asuransi dalam waktu 3 x 24 jam setelah kejadian. Laporan pendahuluan ini bisa disampaikan secara lisan atau surat, faksimili, dan lain lain. Petugas asuransi secara proaktif akan membantu menyelesaikan proses klaim yang Anda ajukan.

Laporan kerugian

Langkah selanjutnya Anda harus membuat laporan atau keterangan tertulis yang memuat hal hal yang Anda ketahui mengenai kerugian atau kerusakan yang diakibatkan oleh peristiwa tersebut. Yang harus dicantumkan dalam laporan adalah:

Tempat, tanggal, dan waktu terjadinya kebakaran atau kerusakan

Sebab sebab kebakaran atau kerusakan

Besarnya kerugian menurut taksiran Anda yang dilengkapi dengan segala sesuatu yang terbakar, musnah, hilang, rusak dan terselamatkan

Nomor telepon yang dapat dihubungi untuk klaim (nomor telepon, fax, alamat email dll).

Informasi lainnya yang menurut Anda perlu disampaikan kepada pihak asuransi

Dokumen pendukung klaim

Sebagai data data pendukung, Anda harus menyerahkan dokumen pendukung klaim kepada petugas asuransi. Dokumen ini berguna untuk mempermudah klaim asuransi rumah Anda cepat keluar dan diurus. Ada dua kejadian yang kemungkinan dapat terjadi pada rumah Anda yakni pencurian dan kerusakan. Keduanya membutuhkan dokumen yang berbeda.

A. Pencurian : Surat klaim resmi ke perusahaan asuransi, Perincian barang yang hilang termasuk detail spesifikasi (mohon disiapkan bukti pembelian untuk verifikasi nilai barang yang hilang). Kronologi kejadian yang menerangkan kejadian, termasuk informasi saat terakhir melihat / menggunakan barang tersebut dalam kondisi baik serta siapa yang pertama kali menyadari kehilangan barang tersebut. Surat keterangan hilang dari kepolisian. Penawaran harga untuk perbaikan atau penggantian barang yang hilang.

B. Kerusakan : Surat klaim resmi ke perusahaan asuransi. Perincian barang yang rusak termasuk detail spesifikasi (mohon disiapkan bukti pembelian untuk verifikasi nilai barang yang hilang). Kronologi kejadian yang menerangkan kejadian, termasuk informasi saat terakhir melihat/menggunakan barang tersebut dalam kondisi baik dan siapa yang pertama kali menyadari kerusakan barang tersebut. Laporan teknis dari orang yang ditunjuk untuk memperbaiki yang menyebutkan penyebab kejadian dan seberapa jauh kerusakannya, apakah masih bisa diperbaiki atau tidak. Penawaran harga untuk perbaikan atau penggantian barang yang hilang.

Penelitian Polis Asuransi

Untuk selanjutnya pihak asuransi akan meneliti polis yang diajukan oleh nasabah. Penelitian ini meliputi apakah kebakaran atau kerusakan terjadi dalam masa waktu pertanggungan dan juga apakah premi telah dilunasi atau dibayar oleh nasabah.

Penelitian Klaim Asuransi

Apabila validitas polis telah terkonfirmasi, selanjutnya petugas asuransi akan melakukan pemeriksaan atau penelitian di lapangan untuk mengetahui : penyebab terjadinya kebakaran atau kerusakan, tempat terjadinya kebakaran atau kerusakan, jumlah kerugian yang dialami (taksiran), jumlah harga sisa dari bangunan atau barang atau mesin yang tidak terbakar atau rusak (taksiran). Selain itu, jika saat kejadian Anda kebetulan berada di tempat saat terjadinya peristiwa, maka Anda wajib melakukan hal-hal berikut:

Menyelamatkan dan menjaga harta benda yang ditanggungkan dan atau kepentingan yang ditanggungkan, serta mengizinkan orang lain menyelamatkan dan menjaga harta benda dan atau kepentingan tersebut.

Memberikan bantuan sepenuhnya kepada pihak asuransi atau wakilnya atau pihak lain yang ditunjuknya untuk melakukan penelitian atas kerugian dan kerusakan yang terjadi.

Menjaga keselamatan harta benda dan atau kepentingan yang ditanggungkan yang masih bernilai.

Penunjukan Loss Adjuster

Selanjutnya dari hasil survei di atas, akan di ketahui apakah kasus tersebut sederhana atau rumit. Apabila sederhana, kasus tersebut bisa di tangani sendiri oleh perusahaan asuransi, akan tetapi apabila kasus tersebut rumit, dan jumlah kerugiannya cukup besar hingga memakan waktu cukup lama, maka Penilaian Klaim (claim assessment) diserahkan kepada Penilai Kerugian (Loss Adjuster) yang ditunjuk oleh Kami dengan pemberitahuan kepada Anda. Meskipun proses klaim asuransi rumah di tangani sendiri maupun Loss Adjuster, Anda tetap harus menyediakan dokumen dokumen penting untuk mendukung bukti pengajuan klaim.

Semoga artikel Panduan Proses Klaim Asuransi Kebakaran Rumah dapat bermanfaat dan memberikan informasi yang butuhkan. Meskipun anda memiliki asuransi yang bisa memproteksi rumah anda tetapi sebaiknya tetap berhati hati dan mencegah bahaya kebakaran tidak terjadi.

Related Posts

Posting Komentar